Pengaruh kualitas layanan, word of mouth, dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit swasta tipe b di Jakarta Selatan
Main Article Content
Abstract
In the past decade, the service sector, especially healthcare providers such as hospitals, has become the backbone of the Indonesian economy. However, as with other service sectors, there are customers who are dissatisfied with the services they receive from hospitals. These conditions indicate that hospitals in Indonesia must strive to improve patient satisfaction so that patients believe that hospitals can provide quality services. Therefore, this study aims to identify factors that can affect patient satisfaction. The population used in this study were outpatients of a type B private hospital in South Jakarta. Data collection was carried out using a questionnaire until 62 respondents were collected who fit the criteria. The data analysis method used is Structural Equation Model (SEM) using SmartPLS 4 software. The results of this study concluded that the service quality variable has a positive and significant effect on patient satisfaction, while the word of mouth and waiting time variables are not significant.
Dalam satu dekade terakhir, sektor jasa terutama penyedia layanan kesehatan, seperti rumah sakit telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, sama halnya dengan sektor layanan yang lain, terdapat pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan yang diperoleh dari rumah sakit. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa rumah sakit di Indonesia harus berupaya untuk meningkatkan kepuasan pasien supaya pasien meyakini bahwa rumah sakit dapat menyediakan layanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, penelitian ini ingin mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi kepuasan pasien. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan rumah sakit swasta tipe B di Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner hingga terkumpul 62 responden yang sesuai dengan kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel word of mouth dan waktu tunggu tidak signifikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adrian, I. & Keni, K. (2023). Pengaruh Food Quality dan Perceived Price Fairness terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediator. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2), 329-342. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23355
Aliman, S. L. & Keni. (2023). Peran Mediasi Brand Satisfaction terhadap Faktor-Faktor yang dapat Memprediksi Purchase Decision. Business Management Journal, 19(1), 55-72. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v19i1.4063
Alrasheedi, K. F., Al-Mohaithef, M., Edrees, H. H., Chandramohan, S. (2019). The Association between Wait Times and Patient Satisfaction: Findings from Primary Health Centers in the Kingdom of Saudi Arabia. Health Serv Res Manag Epidemiol, 6, 1-7. https://doi.org/10.1177/2333392819861246
Antara. (2023). Pasien RSUD Teungku Peukan Abdya Keluhkan Pelayanan Kurang Profesional. https://aceh.antaranews.com/berita/348498/pasien-rsud-teungku-peukan-abdya-keluhkan-pelayanan-kurang-profesional?page=all, diakses pada tanggal 29 April 2024.
Bramasta, A. A. & Keni, K. (2024). Studi Mengenai Kepuasan Pasien Rawat Inap di Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 443-454. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i2.29692
Bougie, R., & Sekaran, U. (2020). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (8th ed.). John Wiley & Sons.
CNBC Indonesia. (2024). Jokowi: 1 Juta Warga Indonesia Masih Berobat ke Luar Negeri. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240424101827-33-532905/jokowi-1-juta-warga-indonesia-masih-berobat-ke-luar-negeri, diakses pada tanggal 30 April 2024.
Elisabeth, D. R., Nasir, A., & Suyono, J. (2019). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Koperasi Karyawan PT. Lotus Indah Textile Industry. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, 2(2), 172-178. https://doi.org/10.29138/ijebd.v2i2.766
Eliza, Y., Lina, E., Irnovriadi, & Jasmalinda. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada RSUD Padang Pariaman. Target: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 163-174. https://doi.org/10.30812/target.v4i2.2519
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43, 115-135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Hidayat, E. H., Pelealu, A., Polumulo, S. N. (2023). The Relationship of Waiting Time to Outpatient Satisfaction in the Work Area Puskesmas Popayato. Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6(6), 653-657. https://doi.org/10.32832/pro.v6i6.484
Hovland, C., Janis, I., & Kelley, H. (1953). Communication and Persuasion. New Haven: Yale University Press.
Kapojos, A. L. N., Saerang, D. P. E., & Gunawan, E. M. (2023). The Effect of E-Service Quality and Waiting Time towards Customer Satisfaction at Pizza Hut Restaurant in Manado Town Square. Jurnal EMBA, 11(4), 439-449. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51230
Kawi, J. S. & Keni, K. (2024). Peran Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 407-418. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i2.29670
Kompas. (2023). Bergantung pada Sektor Jasa, Ekonomi RI Tumbuh Kurang Produktif. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/11/14/terlalu-bergantung-ke-sektor-jasa-ekonomi-ri-tumbuh-kurang-produktif, diakses pada tanggal 27 April 2024.
Laksana, I. P. G. J. & Ekawati, N. W. (2020). Word of Mouth and Customer Satisfaction in Mediating the Relationship between Service Quality and Revisit Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(9), 19-28.
Mahfudhoh & Muslimin, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 39-46. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.310
Martono & Keni. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Store Atmosphere, dan Price Fairness terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Keramik dan Bangunan Tanjungpinang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(5), 1072-1084. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i5.26507
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.
Republika. (2024). Viral, Curhatan Pasien yang Alami Pelayanan Kurang Puas di RS Otista Bandung. https://rejabar.republika.co.id/berita/s7ror5512/viral-curhatan-pasien-yang-alami-pelayanan-kurang-puas-di-rs-otista-bandung, diakses pada tanggal 28 April 2024.
Ruliarto, H. (2023). Does Product Quality, Word of Mouth Influence Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction? Jurnal Ekonomi, 12(3), 600-606.
Sari, D. M., Daihani, D. U., & Astuti, P. (2022). Determinan Kepuasan Pasien dengan Metode SEM-PLS: Pengaruh Waktu Tunggu dan Nilai Pelanggan melalui Pelayanan Prima dan Kewajaran Harga pada Rumah Sakit Swasta “X” di Kota Pekanbaru. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 91-99. https://doi.org/10.25105/jti.v12i1.14030
Saman, Y. T., Keni, K., & Muthuveloo, R. (2023). Store Atmosphere and Quality of Personal to Predicate Repatronage Intentions at Local Convenience Stores: The Role of Customer Satisfaction as A Mediation Variable. International Journal of Application on Economics and Business, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.24912/ijaeb.11.10-17
Subhan & Iswati, H. (2022). Pengaruh Kualiats Pelayanan, Harga, Word of Mouth terhadap Loyalitas dan Kepuasan Pasien sebagai Intervening di Klinik Medika Plaza. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 1316-1328. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6438
Syahsudarmi, S. (2022). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study. International Journal of Indonesian Business Review, 1(1), 29-37. https://doi.org/10.54099/ijibr.v1i1.253
Tjahjaningsih, E., Rivai, A. R., Widyasari, S., & Cahyani, A. T. (2023). The Role of Satisfaction and Word of Mouth in Influencing Loyalty: A Study on Karya Kriya Batik in Semarang, Indonesia. Hong Kong Journal of Social Sciences, 62, 76-88. https://doi.org/10.55463/hkjss.issn.1021-3619.62.8
Veronica, H. & Keni. (2022). Pengaruh Kepuasan, Word-of-Mouth, dan Perceived Usefulness terhadap Intensi Membeli Kembali Produk Kecantikan Merek Lokal di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(6), 594-599. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i6.20661
Wijaya, H. & Keni. (2021). Pengaruh Service Quality, Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Kendaraan di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 518-523. http://dx.doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13303
Wilson, N., Keni, & Tan, P. H. P. 2019. The Effect of Website Design Quality and Service Quality on Repurchase Intention in the E-Commerce Industry: A Cross-Continental Analysis. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 187-222. http://doi.org/10.22146/GAMAIJB.33665
Zebrga, F. W. & Zaveri, B. (2020). Effect of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Hotels in Ethiopia. International Journal of Management, 11(3), 668-677. https://doi.org/10.34218/IJM.11.3.2020.068
Zhang, H., Ma, W., Zhou, S., Zhu, J., Wang, L., & Gong, K. (2023). Effect of Waiting Time on Patient Satisfaction in Outpatient. Medicine, 102(40), e35184. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000035184