Pengaruh Waktu Tunggu, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Maskapai Penerbangan Air Asia di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta

Main Article Content

R. Adam Kesuma Phaksi

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of waiting time, price, and service quality on customer satisfaction on Air Asia airlines at terminal 2D Soekarno Hatta Airport. Respondents in this study are people who have used the services of the Air Asia airline at terminal 2D Soekarno Hatta airport. Respondents in this study were 100 people, and the sampling technique used was purposive sampling. The data analysis technique uses Multiple Linear Regression using application SPSS version 25 software. The results indicate that waiting time, prices and service quality has an effect on customer satisfaction on Air Asia airlines at terminal 2D Soekarno Hatta airport.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh waktu tunggu secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, (2) pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, (3) pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D Bandara Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang telah menggunakan jasa penerbangan maskapai Air Asia di terminal 2D bandara Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sample. Penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dalam analisis data dan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh secara parsial waktu tunggu terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D bandara Soekarno Hatta, (2) Adanya pengaruh secara parsial harga terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D bandara Soekarno Hatta, (3) Adanya pengaruh secara parsial kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada maskapai penerbangan Air Asia di terminal 2D bandara Soekarno Hatta.

Article Details

How to Cite
Phaksi, R. A. K. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Maskapai Penerbangan Air Asia di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 40–44. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i1.16352
Section
Articles
Author Biography

R. Adam Kesuma Phaksi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen pemasaran (1st ed.). BPFE-Yogyakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Lovelock, C., & Gummesson, E. (2004). Whither services marketing?: In search of a new paradigm and fresh perspectives. Journal of Service Research, 7(1), 20–41. https://doi.org/10.1177/1094670504266131

Mulyadi. (2001). Sistem akuntansi (3rd ed.). Salemba Empat.

Nasution. (2005). Total quality nanagement. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Metode penelitian bisnis (2nd ed.). Alfabeta CV.

Swastha, B. (2003). Saluran pemasaran. BPFE-Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi pemasaran (2nd ed.). Andi.