Analisa pengukuran kinerja perusahaan XYZ dengan balanced scorecard

Main Article Content

Christopher Steven
Mohammad Agung Saryatmo

Abstract

PT. XYZ is a trading company in Indonesia which operates in the distribution of plastic pellets, with the products distributed namely PP (Polypropylene) & PE (Polyethylene). In order to achieve the Company's Vision & Mission, a performance measurement is needed so that the company's desired strategic targets can be achieved. The objective of this study are (1) Design the company performance of PT. XYZ based on Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Perspective, Learning and Growth Perspective; (2) Create a Balanced Scorecard Strategy Map for the PT. XYZ Company. The performance measurement used is the Balanced scorecard, while the data processing uses the Analytical Hierarchy Process (AHP). This research was conducted using questionnaires, internal company data and interviews with management. The result of the questionnaire were processed using SPSS. The results of this research show that the AHP scores obtained are as follows, Financial Perspective 9.58%, Customer Perspective 27.63%, Internal Business Process Perspective 18.89%, and Learning and Growth Perspective with a score of 43.9%. The overall results of the Balanced scorecard score obtained by PT. XYZ has a very good score, 92.76.


PT. XYZ adalah sebuah perusahaan dagang di Indonesia yang bergerak di bidang distribusi biji plastik, dengan produk yang didistribusikan yaitu PP (Polypropylene) & PE (Polyethylene). Agar tercapainya Visi & Misi Perusahaan ini dibutuhkan suatu pengukuran kinerja agar sasaran strategis yang diinginkan perusahaan dapat tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Membuat perancangan kinerja perusahaan PT. XYZ berdasarkan Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan; (2) Membuat Peta Strategi Balanced Scorecard pada perusahaan PT. XYZ. Pengukuran Kinerja yang digunakan adalah dengan menggunakan Balanced scorecard, sedangkan untuk analisa data menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, data internal perusahaan serta wawancara dengan manajemen. Hasil kuesioner diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor AHP yang diperoleh sebagai berikut, Perspektif keuangan 9,58%, Perspektif Pelanggan 27,63%, Perspektif Proses Bisnis Internal 18,89%, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan dengan skor 43,9%. Untuk perolehan hasil keseluruhan skor Balanced scorecard yang diperoleh oleh PT. XYZ memiliki skor yang amat baik yaitu di angka 92,76.

Article Details

How to Cite
Steven, C., & Saryatmo, M. A. (2024). Analisa pengukuran kinerja perusahaan XYZ dengan balanced scorecard. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(6), 1408–1416. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i6.33633
Section
Articles
Author Biographies

Christopher Steven, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Mohammad Agung Saryatmo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Amstrong, Michael dan Angelo Baron. (1998). Performance Management. London: Institute of Personal and Development.

Ambar T. Sulistiyani dan Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chandra, D. (2023). Analisis kinerja dan menyusun strategi dengan menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 65-79.

Fuad, Mas’ud. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: CV. Rajawali.

Gaspersz, Vincent. (2011). Total Quality Management: Untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Bogor.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26, Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Sayuti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendekatan Non Sekuler. Muhammadiyah Universitas Press and Magister Manager UMS, Surakarta.

Helfert, Erich A. (2004). Fokus Ekonomi. Dalam Srimindarti

Ittner, C.D., Larcker, D.F., (1998b). Are nonfinancial measures leading indicators of financial performance? An analysis of customer satisfaction. Journal of Accounting Research 36: 1–35.

Kaplan, Robert S and Norton, David P. (1996). Balanced Scorecard. Jakarta: Erlangga.

Keban. (2014). Manjemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

L. Mathis, Robert, & H. Jackson, John. (2011). Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy J. (1990). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. (edisi ke-2). Jakarta: Salemba Empat

Niven N. Paul. (2014). Balanced Scorecard Evolution, New Jersey. John Wiley and Sons, Inc.

Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Rizki, S. F. F., & Mas’ud. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Profesi Dengan Budaya Kolektivisme Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perawat RSUD Kota Semarang).

Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Saaty, T. L., (1993). Decision Making for Leader : The Analytical Hierarchy Processfor Decisions in Complex World. University of Pittsburgh, Pittburgh

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Setiawan, L. C., Saryatmo, M. A., & Kristina, J. H. (2023). Analysis of Performance Measurement Using the Balanced Scorecard and Objective Matrix Method at PT XYZ.

Simamora. H. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ketiga, STIE YKPN, Yogyakarta.

Simanjuntak. (2015). Manajemen Sumber Daya Insani. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV: Bandung. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Soedjono. (2013). Pengukuran Kinerja Karyawan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tunggal, Amin Widjaja. (2000). Pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard. Jakarta:Harvarindo.

Waldman, Paul. (2014). The press Effect. Oxford University Press.

Wayne Cascio dan John Boudreau (2008). Investing in People: Financial Impact of Human Resource Initiatives. USA: Pearson Education, Inc

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.