Analisis Pengukuran Kinerja PT Agung Podomoro Land Tbk dengan Metode Balanced Scorecard (BSC)

Main Article Content

Indra Gunawan

Abstract

Balanced scorecard is a strategic management performance metric used to identify and improve various internal business functions and their resulting external outcomes. Balanced Scorecard based on four perspectives, which is employee learning and growth, business process, customer and financial perspective. However, this research will limit the elaboration based on employee learning and growth perspective only as the basic to successful achievement of the company. These aspects are assisted by employee satisfaction variable, coaching or training conducted or received by the employee, productivity and percentage of employee turnover within one company.

Formulation of hypothesis for the research is that employee learning and growing perspective affect human resource performance in PT Agung Podomoro Land Tbk. Number of samples used were 35 people with 33 questions. Data sample were obtained using online google form questionnaire method using likert indicator and data validity or reliability was performed using SPSS v.25 method. Research variable shows that employee working satisfaction variable (X1) is the most dominant variable. This hypothesis is tested and proven by using test T in linear regression analysis technique. The result shows Tcount 2,616 > Ttable 2,042 with level of trust ? 0,05.

 

Balanced scorecard adalah metrik kinerja manajemen strategis yang digunakan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan berbagai fungsi bisnis internal serta hasil eksternal yang di hasilkannya. Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang mendasari yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, perspektif bisnis proses, perspektif pelanggan dan perspektif finansial. Penelitian ini di fokuskan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, sebagai akar dari proses menuju kesuksesan bagi perusahaan. Dibantu dengan varibel kepuasan karyawan dalam bekerja, pelatihan ataupun training yang dilakukan oleh karyawan, serta turnover karyawan dalam perusahaan dan produktivitas karyawan.

Hipotesis penelitian ini di rumuskan bahwa perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia pada PT Agung Podomoro Land Tbk. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dengan 33 pertanyaan. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner online Google Form dengan satuan skala Likert. Uji validitas dan uji reliabilitas di lakukan dengan menggunakan SPSS versi 25. Variabel penelitian menunjukkan kepuasan karyawan dalam bekerja (X1) merupakan variabel yang paling dominan terhadap kinerja sumber daya manusia. Hipotesa ini dites dan dibuktikan melalui uji T dalam teknik analisa regresi liner. Hasilnya menunjukan bahwa Thitung sebesar 2,616 > Ttabel 2,042 dengan tingkat kepercayaan ? 0,05.

Article Details

How to Cite
Gunawan, I. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja PT Agung Podomoro Land Tbk dengan Metode Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 342–347. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12788
Section
Articles
Author Biography

Indra Gunawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Alwi, S. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Keunggulan.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (Editor AB. Susanto). (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nurlaila. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ternate: LepKhair.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.