Pengaruh kurikulum, kompetensi dosen, dan fasilitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Student academic achievement is an important way to measure the quality of education in college. High academic achievement shows that students successfully the expected academic goals. This study aims to see how the academic achievement of students at XYZ Academy is influenced by the curriculum, faculty competence, and learning facilities. For this study, students were given a questionnaire and then the data was analyzed using double linear regression to find out the relationship between the variables studied. As for the population in this research, it’s a student at one of the vocational colleges in Tangerang Selatan and the sampling technique used or user is using saturated samplings. The results of the research show that the competence of lecturers and facilitations of learning have a positive and significant impact on the academic performance of students.
Prestasi akademik mahasiswa merupakan cara penting untuk mengukur kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Prestasi akademik yang tinggi menunjukkan bahwa siswa berhasil mencapai tujuan akademik yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi akademik mahasiswa di Akademi XYZ dipengaruhi oleh kurikulum, kompetensi dosen, dan fasilitas belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa disalah satu perguruan tinggi vokasi di Tangerang Selatan dan teknik pengambilan sampel yang dipakai atau digunakan adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Untuk penelitian ini, mahasiswa diberikan kuesioner lalu data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen dan fasilitas belajar berdampak positif dan signifikan pada prestasi akademik mahasiswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/56152/34488
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 2(2), 231–240. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Firmansyah, M., Masrun, & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi perbedaan metode kualitatif dan kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.3
Hair, Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE.
Hariroh, F. M. R., & Soleha, E. (2022). Analisis mediasi kepuasan mahasiswa pada pengaruh kompetensi dosen terhadap hasil belajar. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 201–214. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.295
Haron, M. Z., Zalli, M. M. M., Othman, M. K., & Awang, M. I. (2021). Examining the teachers’ pedagogical knowledge and learning facilities towards teaching quality. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20780
Khan, R. A., Spruijt, A., Mahboob, U., & van Merrienboer, J. J. G. (2019). Determining “curriculum viability” through standards and inhibitors of curriculum quality: a scoping review. BMC Medical Education, 19(1), 336. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1759-8
Mustaqim, I. (2020). Pengaruh kompetensi dosen, kurikulum dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67
Opatha, H. H. D. N. P. (2020). Influence of lecturers’ competence on students’ satisfaction of lecturing: Evidence for mediating role of lecturing behaviour. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1167–1179. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080406
Ridha, M. (2020). Teori motivasi McClelland dan implikasinya dalam pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh self regulated learning dan self efficacy terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 71–80. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1359
Wahyudi, P. H. P., & Sari, M. M. R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional, fasilitas belajar dan kompetensi dosen terhadap persepsi prestasi akademik mahasiswa akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 1083–1093. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i03.p13