Analisis optimalisasi penjualan dengan pendekatan SWOT pada UMKM Rumah Kue Arafah Kotamobagu
Main Article Content
Abstract
The development of MSME in Indonesia still has various problems, one of which is weak competitiveness. In facing competition, economic actors need the right strategy and are able to take proactive and creative actions to increase competitiveness. So, the strategy to stay ahead of other competitors requires a product excellence strategy in competing, especially with SWOT analysis. This study aims to determine and obtain information about competitive advantage in the SWOT analysis approach in MSME Arafat Cake Shop, Kotamobagu. This study uses a qualitative approach, namely the type of research conducted that focuses on natural research objects in accordance with real circumstances, this can be identified through internal factors and external factors, IFAS and EFAS, and the SWOT matrix. The results of this study indicate that the internal factors or IFAS obtained an overall score of 3.20 while the external factors or EFAS obtained an overall score of 2.89. This can be seen to optimize strengths and opportunities and minimize existing weaknesses and threats.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang keunggulan bersaing pada pendekatan analisis SWOT di UMKM Toko Kue Arafah, Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian yang di lakukan fokus pada obyek penelitian yang alami sesuai dengan keadaan yang nyata, hal ini dapat di identifikasi melalui faktor internal dan faktor eksternal, IFAS DAN EFAS, serta matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal atau IFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,20 sedangkan faktor eksternal atau EFAS memperoleh nilai keseluruhan 2,89. Hal ini dapat di lihat dapat mengoptimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada. Sehingga hasil penelitian agar mengoptimalkan penjualan adalah memperluas pangsa pasar, mempertahankan harga jual produk, memaksimalkan produksi kue, memanfaatkan teknologi, melakukan pelatihan terhadap karyawan, Memperbaiki fasilitas yang ada seperti peralatan dan area tempat parkir, mempertahankan cita rasa perubahan selera konsumen diatasi dengan melakukan inovasi barang, menjaga cadangan modal jika biaya bahan baku meningkat sewaktu-waktu, meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar, serta meningkatkan teknik desain produk.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aniswatun Masruroh, Putri, S. M., Ichwayudi, B., & Solikin, A. (2023). Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.595
Christina, N. P. L. A., & Mahyuni, L. P. (2022). Shifting Strategi Pemasaran Produk Songket Umkm Bali Akibat Pandemi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 250–259. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.15810
Djabbar, I., & Baso, S. (2019). Pengembangan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Di Kabupaten Kolaka Utara. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 116. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2974
Felix, F. (2021). Orientasi Kewirausahaan dan Kemampuan Inovatif terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 267. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11861
Kurniawan, J. H., & Nuringsih, K. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Umkm Makanan Khas Jambi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13357
Mulyadi, O., Yeni, F., Oktavia, E., & Afuan, M. (2021). Optimalisasi Target Penjualan UKM Kebab Fetih Turki Cabang Rimbo Bujang dengan SWOT Analysis Method. Jurnal Ekobistek, 10(2), 124–131. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.113
Mutiarasari, A., Moha, K., Mokoagow, L., & Olii, R. (2023). Website : https://jurnal.aksarakawanua.com. 2(1), 1–8.
Nuringsih, K., & Edalmen, E. (2021). Local Food Entrepreneurship: Sebagai Model Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 457. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.12143
Pebriyanti, F. E., & Widodasih, R. R. W. K. (2023). Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Pendekatan SWOT Pada UMKM Azkia Collection , Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. 6(2), 704–710.
Perdana, R. (2021). Analisa SWOT dan Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT Panen Mas Indonesia dan Dampaknya terhadap Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 291. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11865
Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id). In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 7, Issue 1, pp. 224–234). https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20703
Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 124. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104
Sunarjanto, N. A. (2018). Kajian Model Klasifikasi Kegagalan Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 120. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i1.1832
Sunarsasi, & Hartono, N. R. H. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Translitera, 9(1), 22–31.