Faktor prediktor manajemen keuangan pribadi
Main Article Content
Abstract
Students represent the future generation and are a key factor in the success of a nation. They also serve as benchmarks for the progress of education and the economy of a country in the future. Therefore, students must prepare themselves with the knowledge that can help them contribute to the advancement of their nation. One important financial knowledge for students is the ability to manage their finances, as it can prove their financial readiness as hope for the next generation. Hence, students must identify the factors that can influence their financial management. This research intends to recognize the indicators that can shape students’ financial management. To collect data, the researcher distributed questionnaires to students at Maranatha Christian University, with 218 respondents completing the survey. The collected data was then analyzed using the Partial Least Squares-Structural Equation Model (PLS-SEM) conducted with SmartPLS 4. The analyzed data revealed that financial literacy and financial self-efficacy are factors that positively influence personal financial management, a hedonistic lifestyle is a negative factor that has a detrimental effect, while an attitude of love of money does not affect personal financial management. This study implies that students should have control over their finances, deeply study financial knowledge, possess self-confidence in achieving financial goals, and be aware of the importance of money for their long-term objectives.
Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa dan menjadi faktor keberhasilan suatu negara. Mahasiswa juga menjadi tolak ukur kemajuan pendidikan dan ekonomi negara di masa depan. Maka, mahasiswa harus mempersiapkan diri mereka dengan ilmu yang dapat membantu mereka dalam memajukan negara. Salah satu ilmu yang penting bagi mahasiswa yaitu ilmu dalam mengelola keuangan pribadi mereka, karena ilmu tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat membuktikan kesiapan finansial mahasiswa sebagai harapan bagi generasi mendatang. Jadi, penting bagi mahasiswa untuk mendalami faktor-faktor yang dapat berdampak pada manajemen keuangan pribadinya. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah mendapatkan informasi mengenai apa saja faktor yang dapat menjadi pengaruh pada manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Universitas Kristen Maranatha dan mendapatkan 218 responden yang berhasil mengisi data sampai akhir. Dengan terkumpulnya data yang dibutuhkan, peneliti kemudian menganalisisnya dengan Partial Least Squares–Structural Equation Model (PLS–SEM) yang diolah menggunakan SmartPLS 4. Hasil dari pengolahan data tersebut ditemukan bahwa faktor literasi keuangan dan financial self-efficacy menjadi faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh pada manajemen keuangan pribadi secara positif, dan gaya hidup hedonisme merupakan faktor negatif yang dapat memengaruhi secara buruk, sedangkan sikap love of money tidak berpengaruh terhadap manajemen keuangan pribadi. Implikasi hasil studi ini yaitu mahasiswa harus memiliki kontrol terhadap uang, belajar ilmu-ilmu finansial secara mendalam, memiliki keyakinan diri yang tinggi dalam mencapai tujuan-tujuan finansial, dan harus sadar akan pentingnya uang untuk tujuan jangka panjangnya.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, K. A., & Rahayu, R. A. (2022). Love of money, financial literacy, locus of control dan gender terhadap pengelolaan keuangan pribadi pelaku UMKM. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 433–442. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i3.1417
Anggraeni, B., & Harnanik, H. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52. https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5093
Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/DeBode/article/view/34
Chotimah, C., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orang tua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, dan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12732
Dewi, M. Z., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh status sosial ekonomi, pendidikan pengelolaan keuangan keluarga dan literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi Siswa Akuntansi SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3544–3552. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.965
Dewi, N. L. P. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2021). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonisme, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan Mahasiswa UNMAS. EMAS, 2(3), 74–86. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1820
Dinda S, S., & Ruhman, F. (2023, February 28). OJK aims to increase financial literacy index to 70 percent. ANTARA News. https://en.antaranews.com/news/274122/ojk-aims-to-increase-financial-literacy-index-to-70-percent
Farrell, L., Fry, T. R. L., & Risse, L. (2016). The significance of financial self-efficacy in explaining women’s personal finance behaviour. Journal of Economic Psychology, 54, 85–99. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.07.001
Fathurrahman, I., Icih, & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, sikap love of money, aan pengetahuan laporan keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM di wilayah Kabupaten Subang. Journal of Accounting for Sustainable Society, 2(1), 41–66. https://doi.org/10.35310/jass.v2i01.615
Fitrianingrum, L., Lusyana, D., & Lellyana, D. (2020). Analisis pengaruh penataan organisasi LIPI terhadap kebahagiaan ASN pendukung IPTEK di lingkungan LIPI. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 17(2), 291–305. https://doi.org/10.31113/jia.v17i2.611
Ghosh, S., & Vinod, D. (2017). What constrains financial inclusion for women? Evidence from Indian micro data. World Development, 92, 60–81. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2016.11.011
Gitman, L. J., & Zutter, C. J. (2015). Principles of managerial finance (14th ed.). Pearson Education.
Indarto, D. N. S., & Dananti, K. (2021). Pengaruh perilaku konsumtif, jenis kelamin, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan pribadi karyawan divisi garment PT Dan Liris Sukoharjo. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 558–562. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.10327
Khoirunnisa, I. R., & Rochmawati. (2021). Pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan pendidikan keuangan keluarga terhadap manajemen keuangan pribadi dengan locus of control sebagai variabel intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 210–219. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p210-219
Kosyu, A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying (Survei pada pelanggan outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 1–7. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/597
Laily, N. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku mahasiswa dalam mengelola keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4), 1–17. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042
Lestari, S. Y. (2020). Pengaruh pendidikan pengelolaan keuangan di keluarga, status sosial ekonomi, locus of control terhadap literasi keuangan (Pelajar SMA Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 69–78. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/420
Lown, J. M. (2011). Development and validation of a financial self-efficacy scale. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(2), 54–63. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ952966.pdf
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85
Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi keuangan, pendapatan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan di masa pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245–1248. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1647
Natalia, D. E., Murni, S., & Untu, V. N. (2019). Analisis tingkat literasi dan pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(2), 2131–2140. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.24018
Nobriyani, A. P., & Haryono, N. A. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi financial management behavior pada keluarga TKI di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(3), 841–856. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/29330/26858
Nurvitria, A. L. (2015). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa Jurusan PPB 2013 FIP UNY [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/26853/
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Siaran pers: Survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & Sunarti. (2018). Pengaruh kecerdasan spritual dan gaya hidup hedonisme terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(2), 147–162. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Pramedi, A. D., & Haryono, N. A. (2021). Pengaruh financial literacy, financial knowledge, financial attitude, income dan financial self efficacy terhadap financial management behavior entrepreneur lulusan perguruan tinggi di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 572–586. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p572-586
Prasetyo, M. R. P., & Lestari, U. P. (2022). Pengaruh literasi keuangan, love of money dan minat investasi di pasar modal terhadap manajemen keuangan pribadi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta). Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 1–11. https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5556
Rachman, C., & Rochmawati. (2021). Dampak financial literacy, financial attitude, financial self efficacy, social economic status, locus of control pada perilaku manajemen keuangan. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 17(3), 417–429. https://doi.org/10.30872/jinv.v17i3.9496
Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh literasi keuangan, financial self efficacy dan fintech payment terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690
Ramadhan, F., Ali, F., & F Sanjaya, V. (2021). Peran kecerdasan spiritual dan gaya hidup hedonisme dalam manajemen keuangan pribadi mahasiswa di Kota Bandar Lampung. UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.26460/mmud.v5i2.11640
Rizkiawati, N. L., & Haryono, N. A. (2018). Pengaruh demografi, financial knowledge, financial attitude, locus of control dan financial self-efficacy terhadap financial management behavior masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), 93–103. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/23846
Rudy, Sunardi, N., & Kartono. (2020). Pengetahuan keuangan dan love of money pengaruhnya terhadap pengelolaan keuangan pribadi dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 4(1), 43–56. https://doi.org/10.32493/skt.v4i1.6335
Rumianti, C., & Launtu, A. (2022). Dampak gaya hidup hedonisme terhadap pengelolaan keuangan pribadi pada mahasiswa di Kota Makassar. Economics and Digital Business Review, 3(2), 21–40. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.168
Sampoerno, A. E., & Haryono, N. A. (2021). Pengaruh financial literacy, income, hedonism lifestyle, self-control, dan risk tolerance terhadap financial management behavior pada generasi milenial Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1002–1014. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1002-1014
Simange, F. A., Saerang, I. S., & Maramis, J. B. (2022). Pengaruh pengetahuan keuangan terhadap pengelolaan karyawan single di Kota Manado dengan love of money sebagai variabel intervening. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 471–480. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37983
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Syuliswati, A. (2020). Pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, gaya hidup, pembelajaran serta pengaruhnya terhadap literasi keuangan. Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 27(1), 53–64. https://doi.org/10.35606/jabm.v27i1.553
Tang, T. L., Luna‐Arocas, R., Sutarso, T., & Tang, D. S. (2004). Does the love of money moderate and mediate the income‐pay satisfaction relationship? Journal of Managerial Psychology, 19(2), 111–135. https://doi.org/10.1108/02683940410526091
Tang, T. L. P. (2007). Income and quality of life: Does the love of money make a difference? Journal of Business Ethics, 72(4), 375–393. https://doi.org/10.1007/s10551-006-9176-4
Tang, T. L. P., & Chiu, R. K. (2003). Income, money ethic, pay satisfaction, commitment, and unethical behavior: Is the love of money the root of evil for Hong Kong employees? Journal of Business Ethics, 46(1), 13–30. https://doi.org/10.1023/A:1024731611490
Trimartati, N. (2014). Studi kasus tentang gaya hidup hedonisme mahasiswa bimbingan dan konseling Angkatan 2011 Universitas Ahmad Dahlan. PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i1.4462
Utami, L. P., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan karyawan (Studi di PT. Mulia Boga Raya Tbk). PARAMETER, 7(1), 98–108. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.191
Wahyuni, S. F., Radiman, R., & Kinanti, D. (2023). Pengaruh literasi keuangan, lifestyle hedonis dan sikap keuangan pribadi terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 7(1), 656–671. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1304
Widiawati, M. (2020). Pengaruh literasi keuangan, locus of control, financial self-efficacy, dan love of money terhadap manajemen keuangan pribadi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 97–108. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma
Wulandari, & Hakim, L. (2015). Pengaruh love of money, pendidikan keuangan di keluarga, hasil belajar manajemen keuangan, dan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17112