Perkembangan penjualan mobil sebelum dan sesudah kebijakan insentif pajak penjualan atas barang mewah pada masa Covid-19
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to examine the development of car sales in Indonesia before the outbreak of the Covid-19 pandemic and after the government issued tax incentives during the Covid-19 pandemic. The method of analysis was by using the tabulation method of car sales data within the 2018 to 2021 period, published by the official Gaikindo website. The results confirmed that car sales in Indonesia when the Covid-19 pandemic occurred in 2020 declined drastically. But due to the PPnBM incentive policy provided by the government, Indonesia’s car sales managed to grow by 66% in 2021. This indicates that tax incentive affects the growth of car sales during the Covid-19 pandemic in Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perkembangan penjualan mobil di Indonesia sebelum merebaknya pandemi Covid-19 dan sesudah insentif PPnBM yang diberikan pemerintah. Metode analisis yang digunakan adalah metode tabulasi data dari publikasi penjualan mobil yang berasal dari situs resmi Gaikindo pada rentang waktu 2018 sampai dengan 2021 yang didapatkan dari situs resmi Gaikindo. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan penjualan mobil yang drastis di Indonesia pada tahun 2020 pada saat pandemi Covid-19. Tetapi melalui kebijakan insentif PPnBM yang diberikan pemerintah, terjadi peningkatan penjualan mobil sebesar 66% di Indonesia pada tahun 2021. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan penjualan mobil dipengaruhi oleh insentif PPnBM.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anas, M., Khan, M. N., Rahman, O., & Uddin, S. M. F. (2022). Why consumers behaved impulsively during COVID-19 pandemic? South Asian Journal of Marketing, 3(1), 7–20. https://doi.org/10.1108/sajm-03-2021-0040
Anastasiadou, E., Chrissos Anestis, M., Karantza, I., & Vlachakis, S. (2020). The coronavirus’ effects on consumer behavior and supermarket activities: Insights from Greece and Sweden. International Journal of Sociology and Social Policy, 40(9–10), 893–907. https://doi.org/10.1108/IJSSP-07-2020-0275
Benvenutti, L. M. M., Ribeiro, A. B., Forcellini, F., & Maldonado, M. U. (2016). The effectiveness of tax incentive policies in the diffusion of electric and hybrid cars in Brazil. XIV Congresso Latinoamericano de Dinamica de Sistemas, 1–11.
Gaikindo. (2021). Wholesales 2021. https://www.gaikindo.or.id/indonesian-automobile-industry-data/
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Jha, P., & Singh, F. B. (2017). A study on implementation of GST and its repercussion on Indian automobile sector. Management Insight - The Journal of Incisive Analysers, 13(01). https://doi.org/10.21844/mijia.v13i01.8371
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Industri otomotif berkontribusi 10,16 persen kepada perekonomian nasional. Kemenperin.go.id. https://kemenperin.go.id/artikel/19008/Industri-Otomotif-Berkontribusi-10,16-Persen-Kepada-Perekonomian-Nasional
Kurniawan, D. (2021, September 17). Daftar lengkap mobil yang dapat diskon PPnBM 100 persen hingga akhir tahun. tempo.co. https://otomotif.tempo.co/read/1507197/daftar-lengkap-mobil-yang-dapat-diskon-ppnbm-100-persen-hingga-akhir-tahun
Lathif, N., & Handoyo DP, S. (2021). Regulation of sales tax relaxation on luxury goods (PPNBM) based on regulation of the minister of finance number. 20/PMK.010/2021. The Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (IEOM), 4047–4056. http://ieomsociety.org/proceedings/2021indonesia/667.pdf
Mardiasmo. (2019). Perpajakan: Edisi 2019 (D. Arum (ed.); 20th ed.). Andi.
Menteri Keuangan Republik Indonesia. (2021a). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 120/PMK.010/2021 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri Keuangan nomor 31/PMK.010/2021 (pp. 1–8). Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://jdih.kemenkeu.go.id/download/eff71de6-d750-4a08-a35f-99a6be488cb8/120~PMK.010~2021Per.pdf
Menteri Keuangan Republik Indonesia. (2021b). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 20/PMK.010/2021 tentang pajak penjualan atas barang mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolodng mewah berupa kendaraan bermotor tertentu yang ditanggung pemerintah tahun anggaran 2021 (pp. 1–9). Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://fiskal.kemenkeu.go.id/files/peraturan/file/PMK-No-20-Tahun-2021.pdf
Menteri Keuangan Republik Indonesia. (2021c). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 31/PMK.010/2021 tentang pajak penjualan atas barang mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor tertentu yang ditanggung pemerintah tahun anggaran 2021 (pp. 1–15). Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://jdih.kemenkeu.go.id/download/ee7de86b-7485-43fd-b948-599f50ad9217/31~PMK.010~2021Per.pdf
Noparumpa, T., & Saengchote, K. (2017). The impact of tax rebate on used car market: Evidence from Thailand. International Review of Finance, 17(1), 147–154. https://doi.org/10.1111/irfi.12094
Presiden Republik Indonesia. (1983). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 1983 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan (p. 51). https://jdih.kemenkeu.go.id/download/f4b385bf-53bc-4d7b-bae0-9cbd1c88da84/6TAHUN1983UU.pdf
Safri, H. (2018). Pengantar ilmu ekonomi. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Waluyo. (2017). Perpajakan Indonesia (12th ed.). Salemba Empat.
Zulkarnaen, W., Erfiansyah, E., Syahril, Amin, N. N., & Leonandri, D. G. (2020). Comparative study of tax policy related to Covid-19 in ASEAN countries. Test Engineering and Management Journal, 83, 6519–6528. https://www.researchgate.net/publication/341495765