Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Konsumen pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Putri Janiviani
Eddy Supriyatna

Abstract

As a result of the pandemic, many restrictions and rules have been enforced which cause people with hedonistic lifestyles to vent such restrictions by increasing their activities on the internet, such as online shopping. Accordingly, there are differences in consumer behavior from conventional to online. There is an increase in online shopping but not with Indonesia's economic status which is decreasing. Therefore, this research is conducted to find out what happens to hedonists, differences in consumer behavior, the description of hedonic people’s lives during the pandemic, how hedonic consumers express their lifestyle amid restrictions, and how lifestyle influences consumer behavior during the pandemic. This research uses a qualitative research method involving three subjects and using the Mardley Model analysis technique. The result shows there are differences in consumer behavior, the way consumers express their lifestyle is by shopping and a hedonistic lifestyle plays a role in changing consumer behavior, one of which is the short process in consumer behavior.


Akibat pandemi, banyak aturan keterbatasan yang diberlakukan sehingga membuat masyarakat yang memiliki gaya hidup hedonisme melampiaskan keterbatasan dengan cara meningkatkan aktivitas di internet, salah satunya dengan berbelanja daring. Oleh karena itu, terjadi perbedaan perilaku konsumen dari konvensional menjadi daring. Adanya peningkatan belanja daring namun tidak dengan status ekonomi Indonesia yang malah menurun. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan kaum hedonis, perbedaan perilaku konsumennya, bagaimana gambaran kehidupan orang hedonis di masa pandemi, bagaimana para konsumen hedonis mengekspresikan gaya hidup mereka di tengah keterbatasan, serta bagaimana gaya hidup memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumen saat pandemi berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan tiga subyek dan menggunakan teknik analisis model Mardley. Hasilnya terdapat perbedaan perilaku konsumen, cara konsumen mengekspresikan gaya hidupnya adalah dengan berbelanja, serta gaya hidup hedonisme berperan dalam perubahan perilaku konsumen salah satunya pendeknya proses dalam perilaku konsumen.

Article Details

How to Cite
Janiviani, P., & Supriyatna, E. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Konsumen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(6), 645–650. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i6.20692
Section
Articles
Author Biographies

Putri Janiviani, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Eddy Supriyatna, Universitas Tarumanagara

Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Eger, L., Komárková, L., Egerová, D., & Mičík, M. (2021). The effect of COVID-19 on consumer shopping behaviour: Generational cohort perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102542. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102542

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen (Sikap dan pemasaran). Deepublish.

Jusuf, D. I. (2018). Perilaku konsumen di masa bisnis online. Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th, Global ed.). Pearson Education.

Mandey, S. L. (2009). Pengaruh faktor gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Analisis, 6(1), 92–100.

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di Kota Malang. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 582–596. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/582-596 zzMisbahun Tri Muji.pdf

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Szmigin, I., & Piacentini, M. (2018). Consumer behavior (2nd ed.). Oxford University Press.

Taquet, M., Quoidbach, J., De Montjoye, Y. A., Desseilles, M., & Gross, J. J. (2016). Hedonism and the choice of everyday activities. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 113(35), 9769–9773. https://doi.org/10.1073/pnas.1519998113

Vivian, S. (2020). Pengaruh brand image dan gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z pada produk Starbuck. Jurnal Transaksi, 12(1), 51–66. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/1992/1025

Weijers, D. M. (2012). Hedonism and happiness in theory and practice [Thesis, Victoria University of Wellington]. https://doi.org/10.26686/wgtn.16999876