Workshop Augmented Reality Dengan Vuforia Untuk Sma Sinar Dharma

Main Article Content

Darius Andana Haris
Jason Wirawan
Steven Sanjaya

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi faktor penting yang bermanfaat dalam berbagai aspek. Segala hal yang dilakukan secara online juga mendorong kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk produk dari teknologi informasi dan komunikasi adalah video game. Dengan perkembangan dan popularitas video game yang pesat, ini mendukung banyak jurusan permainan di perguruan tinggi. Pada tingkat sekolah menengah atas, pembelajaran video game dapat dilakukan melalui kegiatan workshop. Dengan kegiatan workshop ini, siswa sekolah menengah atas dapat mengembangkan potensi mereka lebih awal dan membuat pembelajaran yang mereka dapatkan sebagai persiapan untuk memasuki dunia perguruan tinggi nantinya terutama dalam konten Augmented Reality. Kegiatan workshop ini juga menjadi salah satu cara bagi siswa untuk mendukung peningkatan prestasi non-akademik.

Article Details

Section
Articles

References

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 93. Retrieved from https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.9

Eraspace. (2021, October 8). 5 Alasan Mengapa Kuliah di Jurusan Teknologi Game Semakin Banyak Diminati. Diakses dari https://eraspace.com/artikel/post/5-alasan-mengapa-kuliah-di-jurusan-teknologi-game-semakin-banyak-diminati

Widowati, Ayu Dewi. (2019). “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik MTs Negeri 1 Yogyakarta dengan Pengolahan Aneka Jajanan pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tata Boga.” The 2nd Annual Conference on Madrasah Teachers 403-406.

Haris, Darius Andana, Carlene Lim, Jason Wirawan, dan Melvin Pramudita. (2022). Workshop Dan Kompetisi Augmented Reality Dengan Vuforia Untuk SMA/SMK Di Jakarta Dan Sekitarnya. SERINA V. Jakarta.

Nugroho, Atmoko, dan Basworo Ardi Pramono. (2017). Aplikasi mobile Augmented Reality berbasis Vuforia dan Unity pada pengenalan objek 3D dengan studi kasus gedung m Universitas Semarang. Jurnal Transformatika 14 (2), 86-91. Retrieved from https://www.appfutura.com/blog/whats-augmented-reality-and-how-does-it-work/.

Vuforia. (2016, March 16). Features. Diakses dari http://www.vuforia.com/Features.

Liu11, Xinqi, Young Ho Sohn, dan Dong Won Park. (2016). Application development with augmented reality technique using Unity 3D and Vuforia. International Journal of Applied Engineering Research 13 (21), 15068-15071. Retrieved from https://www.sitepoint.com/how-to-build-an-ar-android-app-with-vuforia-and-unity/.