PEMBUATAN GAME PLATFORMERS "ROBOT HERO" MULTI-PLATFORM

Herdiman Herdiman, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris

Abstract


Game "Robot Hero" adalah sebuah game berjenis platformers. Game ini dirancang dengan menggunakan Unity2D dan ditargetkan untuk platform mobile dan komputer. Game ini memiliki desain 2d game. Perancangan game ini menggunakan Unity sebagai engine dalam pembuatan game, Microsoft Visual Studio 2017 untuk pembuatan scripts, dan Adobe Photoshop untuk pembuatan desain sprite dalam game. Pemain harus menyelesaikan game secara berurutan. Pemain harus menyelesaikan world 1 sebelum bermain world 2 dan begitu juga untuk bermain world 3 harus menyelesaikan world 2 terlebih dahulu. Setiap world memiliki gameplay yang sama. Pemain hanya perlu menghindari rintangan, mengalahkan lawan, dan boss untuk menyelesaikan tiap world. Pemain dapat mengumpulkan koin untuk melakukan upgrade pada karakter utama yaitu Pigborg. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing, alpha testing oleh dosen pembimbing, dan beta testing dengan melalui survei pada 30 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Robot Hero merupakan game yang dapat dimainkan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan Robot Hero ditargetkan pada multi-platform sehingga pemain dapat memilih untuk memainkan versi yang mana secara bebas.

Keywords


Game Robot Hero; Multi-Platform; Platformers; Sprite; Scripts; Unity2D

Full Text:

PDF

References


Michael Klappenbach, Lifewire, What is platform game? https://www.lifewire.com/what-is-a-platform-game-812371 pada tanggal 24 Februari 2019.

Muliadi, Pembuatan Game Platformer “Beyond” Menggunakan Unity Dengan Xbox 360 Controller, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas Tarumangara Vol 4 no 2, 2016

Venturebeat, what happen to high concept games https://venturebeat.com/2010/05/28/what-happened-to-

high-concept-games/ diakses 20 Februari 2019

Bob Bates, Game Design Second Edition, (Stamford: Cengage Learning PTR, 2004), h. 32-34

Brilliant org, Finite State Machines, https://brilliant.org/wiki/finite-state-machines/ diakses tanggal 26 maret 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.