Pengaruh Pola Aliran Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Divisi IT di Blibli.com)

Main Article Content

Giovani Chieristian
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

Blibli.com adalah salah satu e-commerce di Indonesia. Blibli sendiri adalah produk pertama dari PT. Global Digial Niaga yang merupakan anak perusahaan dari Djarum. Konsep yang dipakai Blibli adalah belanja online sepertihalnya belanja dalam mall, sehingga masyarakat tidak perlu lagi untuk pergi ke mall jika ingin berbelanja. Blibli.com berbentuk aplikasi yang terdapat di ponsel (mobile apps). Peneliti melakukan penelitian tentang komunikasi organisasi yang terjadi di divisi IT Blibli.com, karena divisi IT berperan penting dalam aktivitas aplikasi Blibli.com. Peneliti juga ingin mengetahui apakah komunikasi yang terjalin dalam divisi IT di Blibli mampu mempengaruhi motivasi kerja para karyawan atau tidak. Peneliti memilih divisi IT sebagai objek penelitian karena peneliti ingin mengetahui lebih spesifik dan dikarenakan Blibli.com berbasis applikasi sehingga peneliti memilih divisi IT untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Berdasarkan uji regresi liner sederhana, menunjukkan bahwa komunikasi organisasi yang terjadi memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan di Blibli.com.

Article Details

How to Cite
Chieristian, G., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh Pola Aliran Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Divisi IT di Blibli.com). Koneksi, 2(2), 365–371. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3908
Section
Articles
Author Biographies

Giovani Chieristian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdayakarya.

Intan, Wiranti. (2014). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di Software Laboratory Center Universitas Bina Nusantara. Jakarta: Universitas Bina Nusantara

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Pace, R. W., & Don F. Faules. (2011). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saraswati, Anindita. (2015). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Situs Commerce Blibli.com. Bandung: Universitas Telkom.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, E. H. (2009). Keanekaragaman Masyarakat dan Komunikasi Organisasi (Tinjauan Terhadap Dinamika Organisasi Pemerintahan di Daerah). Jakarta. Universitas Tarumanagara.

West, R., & Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi (Buku 1, Edisi ketiga). Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja (Edisi Ketiga). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>