Interaksi Simbolik dalam Kegiatan After Sales di Dealer Nissan (Studi Kasus PT. Wahana Wirawan)
Main Article Content
Abstract
Interaksi Simbolik adalah interaksi dengan orang lain dimana komunikasi dan partisipasi memegang peranan sangat penting. Teori interaksi simbolik berfokus kepada pentingnya konsep diri dan persepsi yang dimiliki individu berdasarkan interaksi dengan individu lainnya. Interaksi simbolik berperan penting dalam kegiatan After Sales. After sales adalah salah satu kegiatan untuk memuaskan pelanggan pada suatu produk. Tujuan Kegiatan After Sales pada PT. Nissan Motor Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menambahkan profit perusahaan. After Sales berperan sangat penting di dalam dunia Otomotif, karena After Sales ini dapat menjaga hubungan baik dalam jangka panjang antara Perusahaan dengan Pelanggan. After Sales ini berupa pelayanan Service, Garansi, dan lain-lain. PT. Nissan Motor Indonesia adalah salah satu perusahaan otomotif yang memiliki After Sales sangat baik. Dalam melakukan kegiatan After Sales Teori Interaksi simbolik mind, self, dan society berperan penting. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan tim dari PT. Wahana Wirawan, Observasi partisipan, Dokumentasi, dan Rekaman Arsip. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam melakukan kegiatan After Sales, PT. Nissan Motor Indonesia memiliki 8 tahapan yang terdiri dari Proactive Contact Program (PCP), Appointment, Penerimaan, Job Progress Control, Pekerjaan servis, Kontrol kualitas, Penyerahan kendaraan, dan Follow Up. Pada tahapan tersebut terdapat teori Interaksi Simbolik dari Mind, Self, dan Society. Kegiatan atau proses After Sales ini untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan.
Article Details
References
Budhy Suryanto. (2019, November 28). Wawancara pribadi.
J.D. Power. CSI (Customer Satisfaction Index). September 23, 2019.https://japan.jdpower.com/press-releases/jd-power-2019-indonesia-customer-service-index-mass-market-study-bahasa.
Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nissan. (n.d). Tentang Nissan. September 23, 2019. https://www.nissan.co.id/artikel.html
Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Venus & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjadjaran. Bandung: Universitas Padjajaran.
Rakhmat, Jalaluddin, 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Richard West, Lynn H.Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 1) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika
Shinta Fransiska. (2019, November 28). Wawancara Pribadi.
Totok. (2019, November 28). Wawancara Pribadi
Yin, Robert K. (2013). “Studi Kasus”(Desain dan Metode), Jakarta : PT Raja Grafindo.