Interaksi Simbolik dalam Word of Mouth Untuk Mengenalkan Iphone di Kalangan Persahabatan (Studi Etnografi Teori Peran Pengambilan Keputusan dalam Lingkungan Persahabatan)

Daniel Christofer, Muhammad Adi Pribadi
| Abstract views: 125 | views: 97

Abstract

The purpose of introducing the Iphone to friends in an environment of friendship is to influence an environment so that there is a common use of the product. The Iphone itself is one of the best mobile phones in its class compared to other competitors. Iphone users who are satisfied will be a promotional medium with word of mouth theory and will try to influence the environment so that they are like themselves. Consumers who have positive feedback according to role theory will act as initiators and influencers who will try to incorporate thoughts as Iphone users into their environment. The initiator himself tries to do one of the symbolic interaction theories, namely the pygmalion effect where a thinker turns into a reality. This research was conducted with the aim to find out how much the role of social interaction that occurs in an environment can influence the purchase decision of a product or service. This research is different from previous studies because on this occasion symbolic interactions were examined through word of mouth.

Tujuan mengenalkan Iphone kepada para sahabat dalam lingkungan persahabatan adalah untuk memengaruhi sebuah lingkungan agar terjadi kesamaan penggunaan produk. Iphone sendiri merupakan salah satu handphone terbaik di kelasnya dibanding kompetitor lainnya. Para pengguna Iphone yang merasa puas akan menjadi media promosi dengan teori word of mouth, dan akan mencoba untuk memengaruhi lingkunga nya agar seperti dirinya. Konsumen yang memiliki feedback positif menurut teori peran akan bertindak sebagai initiator dan juga influencer yang akan mencoba memasukkan pemikiran sebagai pengguna Iphone ke dalam lingkungannya. Initiator sendiri mencoba melakukan salah satu teori interaksi simbolik yaitu pygmalion effect dimana sebuah pemikirin berubah menjadi sebuah kenyataan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peran interaksi sosial yang terjadi di sebuah lingkungan dalam memengaruhi keputusan pembelian sebuah produk maupun jasa. Penelitian kali ini berbeda dari penelitian terdahulu karena pada kesempatan kali ini interaksi simbolik yang dikaji melalui word of mouth.

Keywords

iphone; pygmalion effect; symbolic interaction; word of mouth

Full Text:

PDF

References

Percy, Larry., Elliot, Richard Rosenbaum. 2012. Strategic Advertising Management. United Kingdom: Oxford University Press.

Siena, Catherina & Pribadi, Muhammad Adi. (2019). Interaksi Simboik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta).

Tee, Erdiansyah, dan Aulia. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Prologia, Vol 4 (1).

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.