Kreatif Hashtag (Analisis Deskriptif Makna Penggunaan Hashtag Pada Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu Di Youtube)

Main Article Content

Christian Christian
Genep Sukendro

Abstract

Penelitian ini adalah menemukan makna penggunaan hashtag yang ada pada iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu di youtube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, penulusuran data online. Data penelitian yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi, gagasan, dan pesan secara verbal maupun nonverbal dari seseorang ke orang lain. Komunikasi Massa adalah bentuk komunikasi yang memanfaatkan saluran media baik cetak, elektronik, maupun media cyber (online). Komunikasi pun dilakukan terhadap promosi suatu produk menggunakan iklan. Iklan yang terus berkembang dengan ide-ide kreatif yang semakin menarik salah satunya penggunaan hashtag di Iklan Tokopedia. Hasil dari penelitian ini penggunaan hashtag memiliki  makna yang di dapat yaitu  penggunaan hashtag dalam sebuah iklan menurut penulis karena hashtag yang bergeraknya di sosial media dan hashtag juga bisa dibuat oleh siapapun yang menjadi sebuah topik yang hangat untuk diperbincangkan maka dari itu dengan adanya tagar di awalan sebuah iklan tersebut hal ini membuat iklan itu lebih mudah untuk dijangkau oleh targetnya. Penggunaan hashtag juga memberikan kemudahan untuk penjual mencari tahu seberapa banyak iklan itu di lihat, dan pemasaran menggunakan hashtag bisa lebih berkembang dari pemasaran yang biasa dilakukan.

Article Details

How to Cite
Christian, C., & Sukendro, G. (2019). Kreatif Hashtag (Analisis Deskriptif Makna Penggunaan Hashtag Pada Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu Di Youtube). Prologia, 3(1), 54–59. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6206
Section
Articles

References

Gambaran Umum Flock Company. (n.d.). Juni 12, 2018.

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/21485/BAB%20II.pdf?sequence=2&isAllowed=y

McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, Deddy (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohammad, Ph.D. (2011) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sejarah Hashtag. (2013). Juni 12, 2018. https://marketing.co.id/sejarah-hashtag/

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Manajemen, Kiat, dan Strategi Periklanan. Bandung: Nuansa

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitarif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri