Kreatif Hashtag (Analisis Deskriptif Makna Penggunaan Hashtag Pada Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu Di Youtube)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah menemukan makna penggunaan hashtag yang ada pada iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu di youtube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, penulusuran data online. Data penelitian yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi, gagasan, dan pesan secara verbal maupun nonverbal dari seseorang ke orang lain. Komunikasi Massa adalah bentuk komunikasi yang memanfaatkan saluran media baik cetak, elektronik, maupun media cyber (online). Komunikasi pun dilakukan terhadap promosi suatu produk menggunakan iklan. Iklan yang terus berkembang dengan ide-ide kreatif yang semakin menarik salah satunya penggunaan hashtag di Iklan Tokopedia. Hasil dari penelitian ini penggunaan hashtag memiliki makna yang di dapat yaitu penggunaan hashtag dalam sebuah iklan menurut penulis karena hashtag yang bergeraknya di sosial media dan hashtag juga bisa dibuat oleh siapapun yang menjadi sebuah topik yang hangat untuk diperbincangkan maka dari itu dengan adanya tagar di awalan sebuah iklan tersebut hal ini membuat iklan itu lebih mudah untuk dijangkau oleh targetnya. Penggunaan hashtag juga memberikan kemudahan untuk penjual mencari tahu seberapa banyak iklan itu di lihat, dan pemasaran menggunakan hashtag bisa lebih berkembang dari pemasaran yang biasa dilakukan.
Article Details
References
Gambaran Umum Flock Company. (n.d.). Juni 12, 2018.
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/21485/BAB%20II.pdf?sequence=2&isAllowed=y
McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika
Mulyana, Deddy (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, Mohammad, Ph.D. (2011) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sejarah Hashtag. (2013). Juni 12, 2018. https://marketing.co.id/sejarah-hashtag/
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Manajemen, Kiat, dan Strategi Periklanan. Bandung: Nuansa
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitarif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri