Analisis Strategi Adaptasi Bisnis Agensi Friends:Hub dalam Menghadapi Era Pasca-Pandemi COVID-19
Main Article Content
Abstract
The COVID-19 pandemic has had a major impact on the creative industry, including the event organizing sector. Many companies operating in the creative industry experience a downturn in the economy, preventing event organizers from being able to hold events offline. This research focuses on analyzing the adaptation strategies implemented by Friends:Hub post-pandemic, using qualitative methods through interviews, observation, documentation. As a result, Friends:Hub focuses on organizing online events, digital innovation, and adapting business models through partnerships and collaboration. Friends:Hub uses marketing communications strategies to utilize digital media to respond to post-pandemic market changes. This research contributes to the development of marketing mix communication strategies in the creative industries in the postpandemic era
Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada industri kreatif, termasuk sektor penyelenggaraan acara. Banyak perusahaan,yang bergerak di bidang creative industry mengalami penurunan perekonomian, menghambat pelaku penyelenggara acara sehingga tidak bisa melakukan event secara offline. Penelitian ini berfokus pada menganalisis strategi adaptasi yang diterapkan Friends:Hub pasca-pandemi, menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasilnya, Friends:Hub fokus pada penyelenggaraan acara daring, inovasi digital, dan penyesuaian model bisnis melalui kemitraan dan kolaborasi. Friends:Hub menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam memanfaatkan media digital merespons perubahan pasar pasca-pandemi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi komunikasi bauran pemsaran di industri kreatif era pasca-pandemi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373
Ardianto, T. N., & Widiarti, P. W. (2023). Strategi Komunikasi Event Organizer Cv Cn Corporation Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Tengah Pandemi Covid - 19 Cv Cn Corporation Event Organizer Communication Strategy in Maintaining Existence in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/lektur.v5i2.19154
Asyari, M. Z. R., & Huda, A. M. (2023). Strategi Event Management Pt. Dbl Indonesia Pasca Pandemi. The Commercium, 7(1), 199–208. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55452
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 142–157.
Octora, H., & Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Digital Pada Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Untar. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 261–270. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/3098
Rahmasari, S. (2023). Strategi Adaptasi Bisnis di Era Digital: Menavigasi Perubahandan Meningkatkan Keberhasilan Organisasi. Karimah Tauhid, 2(3), 622–636.
Sakinah, S., & Aslami, N. (2021). Peranan Strategi Pemasaran Produk Fulnadi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Asuransi Takaful Keluarga Palembang. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783
Suryani, I., Sagiyanto, A., & Leliana, I. (2022). Strategi Komunikasi dalam Industri Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Public Relations (J-PR), 3(1), 93–98. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1177