Pengaruh Konten "A Day in My Life" di Akun TikTok @hannysoegianto terhadap Perilaku Produktif Followers

Main Article Content

Ribka Pristia Mileniar
Daru Purnomo
Rendy Hermanto Abraham

Abstract

Tiktok has a significant impact on society, people are active in creating content or videos on their Tiktok, one of the contents is a day in my life. Hanny Soegianto himself is one of the content creators who displays a day in my life content on his Tiktok account called @hannysoegianto. The content of a day in my life itself displays the daily activities carried out by an individual and provides an overview of their life. The purpose of this study is to see the effect of this content on the Tiktok @hannysoegianto account on the productive behavior of followers. This study uses a quantitative approach with an explanatory type of research, which uses non-probability sampling techniques and data collection through distributing questionnaires to 100 respondents. This study sees that the theory of media exposure also applies to Tiktok. The impact of this theory can be seen from the results of data processing from the questionnaire which shows a correlation coefficient of 0.636 which shows that the content of a day in my life has a relationship with the nature of productive behavior, namely creativity and time management. While the results of the coefficient of determination show the value of R is 0.404 or 40.4%. It can be concluded that the magnitude of the influence of the content of a day in my life and productive behavior is 40.4% while 59.6% is influenced by variables not examined. This study shows that the "a day in my life" content posted by the Tiktok @hannysoegianto account can influence the productive behavior of followers. This study shows that there is an increase in followers' understanding of social media, especially Tiktok through the content of a day in my life so that it can influence the thoughts and actions of its users.


Tiktok memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat, masyarakat pun aktif dalam membuat konten atau video di Tiktok mereka, salah satu kontennya adalah a day in my life. Hanny Soegianto sendiri merupakan salah satu konten kreator yang menampilkan konten a day in my life di akun Tiktoknya yang bernama @hannysoegianto. Konten a day in my life sendiri menampilkan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang individu dan memberikan gambaran tentang kehidupan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari konten tersebut di akun Tiktok @hannysoegianto terhadap perilaku produktif followers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, yang menggunakan teknik non probability sampling dan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner sebanyak 100 responden. Penelitian ini melihat bahwa teori terpaan media berlaku juga diaplikasi Tiktok. Dampak dari teori tersebut dapat dilihat dari hasil olah data dari kuesioner yang menunjukan adanya koefisien korelasi sebesar 0,636 yang menunjukan bawah konten a day in my life memiliki hubungan terhadap sifat dari perilaku produktif yaitu kreativitas dan manajemen waktu. Sedangkan hasil nilai koefisien determinasi menunjukkan nilai R adalah 0,404 atau 40,4%. Dapat disimpulkan besarnya pengaruh konten a day in my life dan perilaku produktif adalah 40,4% sedangkan 59,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak di teliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa konten “a day in my life” yang diposting akun Tiktok @hannysoegianto dapat memengaruhi perilaku produktif followers. Dengan adanya penelitian ini  menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman followers mengenai media sosial terutama Tiktok melalui konten a day in my life sehingga dapat memengaruhi pemikiran dan tindakan para penggunanya.

Article Details

How to Cite
Mileniar, R. P., Purnomo, D., & Abraham, R. H. (2024). Pengaruh Konten "A Day in My Life" di Akun TikTok @hannysoegianto terhadap Perilaku Produktif Followers. Prologia, 8(1), 240–250. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.28707
Section
Articles

References

Aulia, A., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Fesyen Tiktok di Akun @nazwaadinda_02 terhadap Perilaku Konsumtif Pengikutnya. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15499

Aulia, V., Tayo, Y., & Nayiroh, L. (2022). Pengaruh Konten Video Tiktok @aulion Terhadap Perilaku Kreatif Mahasiswa. Media Bina Ilmiah, Jil. 16 Nomor 11.

Ayuni, K. N. Q., Jayanti, K., & Farida, N. (2023). Pengaruh Konten Vlog Reizuka Ari “A Day In My Life” Di Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Followersnya. Jurnal IImu Komunikasi, Volume 13. https://jurnal.akmrtv.ac.id/index.php/jk/article/view/321/175

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-Journal “Acta Diurna” , Volume VI. No 2. https://media.neliti.com/media/publications/93363-ID-pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terha.pdf

Firdi, M., & Cindoswari, A. R. (2023). Pengaruh Perancangan Konten Tiktok Vina Muliana (@vnmuliana) Terhadap Kebutuhan Informasi Pada Kalangan Followers. Jurnal Scientia, Jil. 5 No.3.

Kusumaningtyas, R. E., & Rumyeni, R. (2022). Pengaruh Content Creator Tiktok @vnmuliana Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Dunia Kerja di Kalangan Followers. KOLONI, 1 (3), 900–907.

Laili, A. (2022). Pengaruh Akun Tiktok @Swaragembira Terhadap Sikap Followers Dalam Penggunaan Kain Adat Tradisional (Studi Analisis Followers Akun Tiktok @Swaragembira).

Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Darmawan, D., & Halizah, S. N. (2021). HUBUNGAN PERILAKU PRODUKTIF DAN MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA . Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan.

Marsica, M. D. (2023). Pengaruh Konten Vlog “A Day In My Life” Reizuka Ari di Media Sosial Tiktok terhadap Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus.

Pangaribuan, T. R. A. (2015). TERPAAN MEDIA PADA MASYARAKAT WILAYAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA DI PROVINSI RIAU . Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 16. https://doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1350

Prastia, R. H., W, S. U. M., & Wardoyo, C. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PRODUKTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8537

Rahmawati, E. (2023). Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas IX di SMPN 9 Tangerang Selatan).

Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. K. (2024). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta, Didominasi Gen Z. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2024/02/01/09300027/pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-didominasi-gen-z.

Sitorus, F. G. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIK-TOK TERHADAP PERILAKU ANAK (Studi pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja di Kota Medan).

Wijaya, G. M., & Erdiansyah, R. (2023). Tipe Konten dan Korelasinya Pada Engagement Instagram. Prologia , 7 (2), 312–321. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21384