Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fourtwnty Dalam Industri Musik Indonesia

Main Article Content

Bagas Tanoto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana cara band indie Fourtwnty dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi komunikasi pemasaran apakah yang digunakan oleh Fourtwnty dalam melakukan kegiatan pemasaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian yang memperlihatkan suatu keadaan sekitar,kejadian, gejala dan fakta-fakta secara akurat dan sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dengan menggandeng beberapa media online dan media konvensional serta pemasaran dengan direct marketing menjadi cara Fourtwnty dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Cara tersebut digunakan karena memang band indie memerlukan bantuan dan dukungan dari fans, media promosi dan orang sekitar. Dengan itu adalah cara-cara yang digunakan oleh Fourtwnty dalam melakukan dan menetapkan strategi komunikasi pemasaran band indie di industri musik Indonesia.

Article Details

How to Cite
Tanoto, B., & Sukendro, G. G. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fourtwnty Dalam Industri Musik Indonesia. Prologia, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2388
Section
Articles
Author Biographies

Bagas Tanoto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Donni, Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusniaji, Suherman (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Jurnal Komunikasi 8(1), 83-98.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sandjaja, B dan Albertus Heriyanto. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukendro, Greg Genep. (2016). Komunikasi Industri dan Komunitas. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Sunarto Prayitno dan Rudy Harjanto. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Bisnis, Pemasaran dan Komunikasi Pemasaran. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.