Strategi Membangun Citra di Universitas Swasta Melalui Media Relations (Studi Pada Humas Universitas Tarumanagara)
Main Article Content
Abstract
A university’s image can be formed not only by the internals. University as an institution needs media in order to carry out massive and extensive coverage and publications, thus internals and media could collaborate to create publications able to form image of the university. Good image is an important thing for an institution. In this case, Universitas Tarumanagara (Untar) is one of the universities that implement media relations strategy. Untar Public Relations Office always involve media in its public relations acitivities. This research uses qualitative with case study method. Data was collected through observation, interview, and documentations of informants and activities in Untar Public Relations Office. This research shows that Untar planning, drafting, exececution and evaluation with relations management, strategic development, also networking expansion thats keeps relations with the media are mutualistic. Media have the ease of access to information, while Untar able to obtain fast and positive publications such as achievements, accomplishments, and others, improving Untar’s image in the public.
Pembentukan citra sebuah universitas tidak dapat dilakukan oleh pihak internal saja. Universitas sebagai sebuah institusi memerlukan media guna melakukan pemberitaan dan publikasi secara besar dan luas, sehingga internal dan media bisa bekerja sama membangun publikasi yang membangun citra universitas tersebut. Dalam hal ini, Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi salah satu universitas yang menjalankan strategi media relations. Humas Untar dalam menjalankan kegiatan kehumasan tidak pernah lepas dari adanya keterlibatan media. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi kepada narasumber dan kegiatan yang berlangsung di kantor Humas Untar. Hasil penelitian yang dilakukan memperlihatkan Untar menjalankan perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan evaluasi dengan pengelolaan relasi, mengembangkan strategi juga mengembangkan jaringan serta hubungan yang di kelola ini merupakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, media dipermudah dalam mendapatkan informasi sedangkan Untar mendapatkan publikasi yang cepat dan bernilai positif seperti capaian, prestasi dan lainnya sehingga citra Untar semakin terbangun di publik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. (Patta & Rapanna, Eds.). CV Syakir Media Press. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Ananda, L. R., & Kristiana, I. F. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Jurnal Empati, 6(1), 257-263. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15090
Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Andi. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1265
Kharima, L., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Strategi Humas Dalam Meningkatkan Image Positif Pelayanan Administrasi di Kantor Kepala Desa Watudandang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 1-8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8092/3915
Kolianan, J. B., Liliweri, A., & Tamunu, L. (2016). Strategi Media Relations Humas dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTT. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 51-60. https://doi.org/10.26858/jiap.v6i1.2072
Marlia, & Nurjanah. (2015). Strategi Media Relations Humas dalam Membangun Good Governance Universitas Riau. Jom FISIP, 2(2), 1–14. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/7365
Rahayu, P., & Trisnawati, N. (2022). Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya Dalam Meningkatkan Citra dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 124-139. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p124-139
Setyanto, Y., & Anggarina, P. T. (2015). Humas pada Perguruan Tinggi (Hubungan dengan Media pada Institusi Pendidikan. (Paper konferensi ASPIKOM, Universitas Tarumanagara). https://www.researchgate.net/publication/303454770_Humas_pada_Perguruan_Tinggi_Hubungan_dengan_Media_pada_Institusi_Pendidikan
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, Armelsa, D., & Duneti. (2022). Strategi Hubungan Masyarakat Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) dalam Membentuk Citra Positif. Jurnal Public Relations (J-PR), 3(1), 44-49. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1009
Trisnawati, A., & Syarah, M. M. (2017). Strategi Humas Politeknik Negeri Jakarta Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Komunikasi, 8(3), 90-96. https://doi.org/10.31294/jkom.v8i1.2334
Yolanda, A., Nurismilida, & Khairuna, L. (2017). Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Kanwil Medan I. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 14-20. https://doi.org/10.31289/jkbm.v4i1.535