Analisis Marketing Public Relations (MPR) Blibli.Com Melalui Media Sosial Dalam Membangun Customer Relations

Cynthia Cynthia, Farid Rusdi
| Abstract views: 712

Abstract

Kondisi dimana terjadinya penolakan pasar terhadap produk yang dijual perusahaan ini menjadikan tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk mampu membina konsumen agar tetap loyal menggunakan produk perusahaan. Artinya, perusahaan perlu menjaga hubungan dengan konsumen dan menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap brand perusahaan. Peran Public Relations (PR) mulai dari fungsi mendasar promosi produk dan kemampuannya memberikan kontribusi pada keseluruhan perencanaan pemasaran organisasi, dikenal dengan istilah Marketing Public Relations (MPR). Penyebaran informasi yang cepat dan luas dimanfaatkan MPR untuk membangun customer relations. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah peranan Marketing Public Relations (MPR) melalui media sosial dalam membangun customer relations yang memiliki dua kegiatan yaitu consumer information dan complaint handling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial dimanfaatkan MPR Blibli.com untuk mempublikasikan informasi baik promosi maupun produk yang dijual serta menangani keluhan dan tanggapan pelanggan untuk membangun customer relations.

Keywords

Marketing Public Relations (MPR), Media Sosial, Customer Relations, e-commerce

References

Kemendag. Buku Media Sosial Kementerian Perdagangan. (http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/01/15/buku-media-sosial-kementerian-perdagangan-id0-1421300830.pdf) diakses pada tanggal 11 Oktober 2017

Kusniadji, Suherman. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara. Vol.8,No. 1:83-98)

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Tjiptono Fandy & Gregorius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.