Analisis Sostac Komunikasi Pemasaran Booster Dalam Permainan Daring Counter Strike Global Offensive

Christina Wijaya, Farid Rusdi
| Abstract views: 338

Abstract

Booster adalah orang yang menawarkan layanan jasa boosting dalam game online. Salah satunya pada permainan daring (game online) Counter Strike Global Offensive. Peran  booster dianggap penting bagi pemain lainnya, sehingga booster mendapatkan imbalan berupa uang yang cukup menguntungkan dari layanan jasa boosting. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh booster, menarik untuk diteliti di tengah maraknya permainan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara booster melakukan komunikasi pemasaran dengan media sosial Facebook. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, studi pustaka, dan observasi. Objek penelitian ini komunikasi pemasaran game online Counter Strike Global Offensive, dan booster game online Counter Strike Global Offensive sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis SOSTAC dalam menganalisis hasil temuan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa cara booster melakukan komunikasi pemasaran adalah dengan membuat kiriman post di grup CSGO Indonesia Community dengan menggunakan hastag #BOOSTING dan sistem up post.

Keywords

Komunikasi Pemasaran, Booster, Permainan Daring, CSGO.

References

_________. (2017, Juni 29). CSGO Jasa Boosting Apa Gunanya. Retrieved Agustus 23, 2017, from Revivaltv.id. (https://.revivaltv.id/counter-strike/csgo-jasa-boosting-apa-gunanya/)

Fajri, Choirul. Juli (2012). Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia. Jurnal Komunikasi ASPIKOM. Volume 1, Nomor 5, Sleman Yogyakarta. 443-454

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P, Keller. K. L, Ang. S. H dan Tan. C. T (2009). Marketing Management An Asian Perspective. Prentice Hall

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Penerbit Erlangga

Loisa Riris & Yugih Setyanto. (2014). Penyikapan diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara. 2, 32.

Morrisan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana

Prisgunanto, Ilham, M.Si. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik Dilengkapi Analisis SOSTAC dan STOP-SIT. Jakarta: Ghalia Indones

Whatis.techtarget.com. Definition Facebook Group. Retrieved November 07, 2017. from Margaret Rouse. (http://whatis.techtarget.com/definition/Facebook-group).

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.