Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi
Main Article Content
Abstract
Studi ini mengeksplorasi hubungan antara dukungan sosial dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menjalani proses penulisan skripsi. Mahasiswa pada tahap ini sering mengalami stres dan tantangan, baik dari dalam maupun luar diri mereka. Dukungan sosial, yang dapat berasal dari berbagai sumber seperti teman sebaya, keluarga, atau dosen pembimbing, dianggap sebagai faktor kunci dalam membantu mereka mengatasi hambatan akademis dan meningkatkan kondisi psikologis mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat mengurangi tingkat stres, memberikan bantuan emosional, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana dukungan sosial memengaruhi mahasiswa dalam konteks penulisan skripsi, untuk mendukung mereka mencapai prestasi akademis yang optimal dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Ali, M., & Asrori, M. (2015). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aldila, M., & Mudjiran, M. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Kesepian pada Lansia di Kelurahan Campago Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi, 1-12.
Alwisol. (2019). Psikologi Kepribadian. Jakarta: UMM Press.
Alza, N. (2021). The Relationship Between Social Support and Psychological Well-Being of College Students during COVID-19 Pandemic. International Journal of Research in Counseling and Education. Vol 5(1).
Arifin, M., dan Sandy, G. (2022). The Relationship Between Social Support and Mental Health Degrees in Emerging Adulthood of Students. Golden Ratio of Social Science and Education. Vol 2(1).
Batram, D., & Boniwel, L. 2007. The science of happiness: Achieving sustained psychological well being. Positive psychology in practice, 472-482.
Baron, R.A & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Boudreault-Bouchard A-M, Dion J, Hains J, Vandermeerschen J, Laberge L, Perron M. (2013). Impact of parental emotional support and coercive control on adolescents’ self-esteem and psychological distress: results of a four-year longitudinal study. Journal Adolesc. 2013;36(4):695–704.
Dwi S, B. V. A. (2016). Perbedaan Dukungan Sosial Teman Sebaya Antar Tahap Pencapaian Status Identitas Diri Pada Remaja Akhir. Skripsi. http://repository.usd.ac.id/6152/
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia . Jakarta: Harper Collins.
Erpiana, A., & Fourianalistyawati, E. (2018). Peran Trait Mindfulness terhadap Psychological Well-Being pada Dewasa Awal. Psympathic, 67-82.
Emadpoor L, Lavasani MG, Shahcheraghi SM. (2016). Relationship between perceived social support and psychological well-being among students based on mediating role of academic motivation. International Journal Mental Health Addict. Vol 14:284–90
Faqih, M. F. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stres Akademik Mahasiswa Malang yang Bekerja. Skripsi
Feriananto, I. A., Aquarisnawati, P., Psikologi, F., & Hang, U. (2021). DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN RELIGIUSITAS: STUDI PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA TARUNA TINGKAT II AAL. JURNAL PSIKOLOGI POSEIDON, 4(1), 30–43. H?Ps://Journal-Psikologi.Hangtuah.Ac.Id%0ADUKUNGAN
Hamonangan, H., Simarmata, N. I. P., & Butarbutar, F. (2022). DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING. URNAL PSIKOLOGI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN, 8(1), 1–10.
Huppert, F.A. 2009. Psychological well being: Evidance Regarding Its Causes and Consequences. Applied Psychology: Health Well-Being. 2, 137-164
Millatina, Azka, et all. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Wanita Menopause (di RS Harapan Bandung). Jurnal Prosiding Psikologi Situs Akademika 2460-6448. Bandung: UNISBA.
Minna, N.A. 2011. Konsep Psychological Well-Being Pada Jama‟ah Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Malang
Mufidha, A. (2019). Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Remaja. Acta psychologia. Vol 1(2).
Poudel, A., dan Gurungm B. (2020). Perceived social support and psychological wellbeing among Nepalese adolescents: the mediating role of self-esteem. BMC Psychology. Vol 8, 43.
Rizki, F. A., Sutatminingsih, R., & Siregar, R. H. (2022). Pengaruh Gratitude Dan Dukungan Sosial Terhadap Psychological Well-Being Wanita Dewasa Awal Bekerja Yang Belum Menikah Fitrika. Jurnal Psikologi Konseling Vol., 20(1), 1315–1326.
Ryff, Carol D. 1989. Happiness Is Everything, or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 57, No.6, 1069-1081.
Ryff, C.D & Keyes, C.L.M. 1995. The Structure of Psychology Well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology,69(4), 719-727
Sardi, L. N., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren. Acta Psychologia Available, 2(1), 41–48. Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Acta-Psychologia
Simarmata, N. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Psychological Well-Being Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen. Vol 8(1).
Suldo SM, Shaffer EJ. (2008). Looking beyond psychopathology: the dual-factor model of mental health in youth. School Psychol Rev. Vol 37(1):52–68.
Tam CL, Lee TH, Har WM, Pook WL. (2011). Perceived social support and selfesteem towards gender roles: contributing factors in adolescents. Asian Soc. Sci. Vol 7(8):49–58.
Wells, I.E. (2010). Psychological Well-being. N

