Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai

Melia Melia, H.H. Daniel Tamburian
| Abstract views: 60 | views: 74

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara iklim komunikasi terhadap kinerja pegawai Ernst & Young Indonesia divisi Assurance sub-divisi Retail dan Consumer Product. Populasi pada penelitian ini berjumlah 463 orang, dengan menggunakan bantuan rumus Slovin, jumlah sampel didapatkan sebanyak 82 orang. Penelitian ini akan menggunakan survei dengan teknik random sampling dan dihitung dengan skala Likert. Data dalam penelitian ini bersumber dari kuisioner dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, uji normalitas, dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji T, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Ernst & Young Indonesia divisi Assurance sub-divisi Retail and Consumer Product, (2) Terdapat pengaruh yang terjadi antara kedua variabel dengan angka uji t = 6,646. Pengaruh yang terjadi juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan jumlah tingkat signifikasi = 0,000 < 0,05, (3) Hasil angka korelasi Pearson 0,596 yang menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki hubungan yang sedang dengan kinerja pegawai khusunya di Ernst & Young Indonesia divisi Assurance sub-divisi Retail and Consumer Product, (4) Iklim komunikasi organisasi 35,6% mempengaruhi kinerja pegawai.

Keywords

iklim komunikasi; komunikasi organisasi; kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References

Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Duha, Timotius. (2016). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Fauzi, A., & Sarwoprasodjo, S. (2015). Influencing of Organizational Climate Communication to Job Performance in Situ Udik Rural Government. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(3).

Irawan, D., & Venus, A. (2016). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Keluarga Berencana Jakarta Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 122-132.

Pace, Wayne., Don F. Faules. (2015). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendapatan “The Big Four” Masih Tertinggi. (2015, April 27). Retrivied September 10, 2018 from pppk kemenkeu online: http://www.pppk.kemenkeu.go.id/News/Details/18

Ruben, Brent D., Stewart, Lea P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.