Studi intensi berkunjung kembali pada pelanggan bengkel sepeda motor dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi
Main Article Content
Abstract
This study aims to examine the study of corporate image, perceived value, and customer experience on revisit intention with customer satisfaction as a mediating variable. This study uses a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. The respondents who were sampled in this study were 151 customers of motorcycle workshop. Data analysis used in this study used the Partial Least-Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method with SmartPLS Version 4. The results of this study indicate that corporate image, perceived value, and customer experience do not have a significant influence on revisit intention. Corporate image, perceived value, and customer experience have a positive and significant influence on customer satisfaction. Customer satisfaction has a positive and significant influence on revisit intention. Customer satisfaction can mediate the influence between corporate image, perceived value, and customer experience on revisit intention.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji studi citra perusahaan, nilai yang dirasakan, dan pengalaman pelanggan terhadap intensi berkunjung kembali dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan Teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 151 pelanggan pada Bengkel Sepeda Motor. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan citra perusahaan, nilai yang dirasakan, dan pengalaman pelanggan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi berkunjung kembali. citra perusahaan, nilai yang dirasakan, dan pengalaman pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berkunjung kembali. kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh citra perusahaan, nilai yang dirasakan, dan pengalaman pelanggan terhadap intensi berkunjung kembali.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, M., Sadat, A. M., & Monoarfa, T. A. (2023). The effect of perceived value and destination image on revisit intention through tourist satisfaction as a mediating variable (case study on nglanggeran tourism village). International Journal of Current Economics & Business Ventures, 1(3), 341–353. https://scholarsnetwork.org/journal/index.php/ijeb
Asyam Irsyadi, N., & Andriani, N. (2024). The influence of tourist experience on interest in visiting again through mediation of customer satisfaction on the beach nine district gili genting sumenep district. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 308–319. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Basori, N. L., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh customer experience dan customer valueterhadap revisit intention di Objek Wisata Taman Lio Baheula Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 248–255. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6944567
Cahya, D. D., & Tunjungsari, H. K. (2024). Pengaruh komunikasi media sosial terhadap niat perilaku pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan dan dimoderasi gender dalam industri hospoitality. Jurnal Manajemen bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 124–137.
Citra, E. widya, Razak, A., & Amelia, R. (2021). Pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan kembali melalui kepuasan pasien di rawat inap rsud salewangan maros tahun 2021. Prosiding Seminar Nasional Ketiga Sinergitas Multidisplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4, 379–396.
Diana, J. F., & Sudirman, A. D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan laboratorium labbiogen di surabaya. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 641–647. https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3693
Gustia, D., & Hayuningtias, K. A. (2024). Pengaruh nilai yang dirasakan dan sensitivitas harga terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada niat beli ulang. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 7(1), 210–225. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1422
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (eighth edition). Cengage Learning.
Hamid, M. R. A., Sami, W., & Sidek, M. H. M. (2017). discriminant validity assessment: use of fornell & larcker criterion versus HTMT criterion. Dalam 1st International Conference on Applied & Industrial Mathematics and Statistics, 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/890/1/012163
Hasani, M. A. A. (2023). Perceived value, service quality, and heritage tourism effect to revisit intention of guest. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen (JMPPK), 02(3), 651–659.
Hutasoit, A. H., Ginting, S. O., & Eric. (2020). Kualitas layanan , promosi , citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah pt bank btpn tbk cabang medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 03(04), 474–481.
Imani, M. F., & Sholiha, R. A. (2023). Pengaruh strategi promosi produk, kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus: nasabah bank jateng kantor cabang kajen). Journal of Sharia Finance and Banking, 3(1), 22–44.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Juliana, J., Putri, F. F., & Wulandari, N. S. (2021). Muslim tourist perceived value on revisit intention to Bandung city with customer satisfaction as intervening variables. 13(1), 161–176. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2020-0245
Julianis, A., & Wulandari, D. P. (2023). Pengaruh perceived value terhadap minat gen z berkunjung kembali ke museum kereta api kota sawahlunto, the influence of perceived value on gen z’s interest in returning to the Museum Kereta Api Kota Sawahlunto. VISIONIDA Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 165–173. https://ojs.unida.ac.id/Jvs
Khong, R., & Tandiwan, J. (2024). Pengaruh citra merek, variasi menu, dan pemasaran sosial media terhadap minat berkunjung kembali pada Restoran Dimsum Mamatjoe Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 45–58. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3510
Khoo, K. L. (2022). A study of service quality, corporate image, customer satisfaction, revisit intention and word-of-mouth: evidence from the KTV industry. PSU Research Review, 6(2), 105–119. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2019-0029
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management (sixteenth). Pearson Education Limited.
Kyana, N. L. G. S. M., Suandari, N. P. K., Hermarani, P. A., Ekawati, N. W., & Giantari, I. (2024). Peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh pengalaman berwisata dan citra destinasi terhadap niat berkunjung kembali (studi pada desa wisata kertalangu). Jurnal Kepariwisataan, 23(1), 1–11. https://doi.org/10.52352/jpar.v23i1.1125
Laurina, T. Q., & Tirtadidjaja, A. (2024). Analisis pengaruh customer experience terhadap revisit intention di Restaurant Joongla, Bandung. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(3), 1359–1364.
Lestari, A. A. (2022). Pengaruh daya tarik wisata, aksesibilitas, dan kepuasan wisatawan terhadap minat berkunjung kembali (study kasus pada objek wisata budaya taman tujuh desa hiang sakti). Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 153–166.
Li, Y., & Shang, H. (2020). Service quality, perceived value, and citizens’ continuous-use intention regarding e-government: Empirical evidence from China. Information and Management, 57(3). https://doi.org/10.1016/j.im.2019.103197
Manoppo, S., & Santosa, S. B. (2023). Pengaruh destination image, destination service quality, percieved value terhadap revisit intention dengan tourist satisfaction sebagai variabel intervening (studi pada wisata taman nasional bunaken). Diponegoro Journal of Management, 12(3), 10. https://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Mauliza, P., Prabowo, A., & Aspan, H. (2023). Analisis social media promotion, perceived value, dan customer satisfaction terhadap revisit intention wisatawan pada Sawah Lukis Binjai. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(1), 28–46. https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4788
Bayu Prakoso, D., Pujiastuti, E. E., & Sadeli. (2020). pengaruh pengalaman wisatawan terhadap kepuasan dan kepercayaan serta niat berkunjung kembali. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 185–201. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i2.465
Perindustrian, K. (2022). Upaya industri otomotif bangkit dari pandemi (Edisi II).
Putra, T. W., & Keni. (2020). Brand experience, perceived value, brand trust untuk memprediksi brand loyalty: brand love sebagai variabel mediasi. jurnal muara ilmu ekonomi dan bisnis, 4(1), 184–193.
Putri, A. D. S., & Farida, N. (2023). Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan pengunjung (studi obyek wisata goa kreo kota semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, X(I), 781–793. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29796
Putri, A. N., & Maulana, A. (2023). Pengaruh pengalaman pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta jaminan kesehatan nasional. Economics and Digital Business Review, 4(2), 347–355. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.753
Ratu, D. A. Y., Editama, F., Samino, S., & Ekasari, F. (2024). Analisis minat kunjungan ulang melalui kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada pasien rawat jalan di rsud jend. ahmad yani metro. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 4(4), 1247–1266. https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i4.13995
Rohmania, D. N. (2022). Pengaruh citra destinasi, motivasi wisatawan dan e-wom negatif terhadap niat berkunjung ulang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(5).
Ronaldo Sae, M., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh kualitas informasi, nilai yang dirasakan pelanggan, dan kualitas pengalaman terhadap kepuasan pelanggan pada shopeefood. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2369–2382. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2310
Ningsih, A., & Sari, R. N. (2024). Customer value dan customer experience terhadap customer satisfaction. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 2171–2178. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2610
Olii, F., Taan, H., & Juanna, A. (2024). Pengaruh destination image dan perceived value terhadap minat kunjungan ulang wisatawan pada Desa Wisata Taman Religi Bubohu Bongo. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6(8), 5164–5180. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i8.2187
Prasetyo, A. H., & Lukiastuti, F. (2022). analisis pengaruh brand image dan service quality terhadap revisit intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening (studi kasus pada AHASS Comal Abadi Motor). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 151–164. https://doi.org/10.35829/magisma.v10i2.225
Safitri, A., Zahror, F., Naufaliadi, R., Nugroho, R. T., Sofyan, M., Rahmawati, N. F., & Maulina, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan customer experience terhadap kepuasan pelanggan sofyan frozen. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 470–478.
Santoso, B., & Widodo, A. (2020). Strategi Revisit Intention pada Layanan Purna Jual Otomotif. Jurnal Pemasaran dan Inovasi.
Setyaningsih, N. W., Suardana, I. W., & Dewi, L. (2020). Pengaruh customer experience terhadap revisit intention pada paket wisata sepeda di Desa Penglipuran. Jurnal IPTA, 8(1), 119–130. https://doi.org/10.24843/ipta.2020.v08.i01.p15
Setiawan, D., & Prasetyo, A. (2023). Tren konsumsi transportasi pribadi pasca pandemi di indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Tjiptono. (2019). Strategi pemasaran prinsip & penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.
Wusko, A. U., & Auliyah, K. (2024). Pengaruh destination image dan customer experience terhadap satisfaction dan revisit intention pada taman safari indonesia ii Jatim (Survei Pada Pengunjung Taman Safari Indonesia II Jatim). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(1), 208–220. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab