Faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli tiket pada perusahaan jasa kapal feri di Kepulauan Riau
Main Article Content
Abstract
This research aims to examine whether service quality, comfort, safety, and travel time can predict the purchasing decisions of ferry tickets from a customer engagement perspective for a shipping company in the Riau Islands. The study adopts a descriptive research design with a cross-sectional approach. Data collection involves distributing online questionnaires to 106 respondents. The data is analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with the assistance of SmartPLS software. The results indicate that comfort and safety significantly and positively influence purchasing decisions. However, service quality and travel time do not predict purchasing decisions positively. Based on these findings, the researcher recommends that the management of the ferry company in the Riau Islands improves service quality and develops an effective travel time strategy to enhance customer satisfaction and foster a desire to re-experience the ferry transportation services in the Riau Islands.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kualitas pelayanan, kenyamanan, keamanan, dan waktu perjalanan dapat memprediksi keputusan pembelian tiket kapal feri perusahaan kapal di Kepulauan Riau, baik secara langsung maupun tidak langsung dari sudut pandang keterlibatan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan jumlah sampel sebanyak 106 responden. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kenyamanan dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas pelayanan dan waktu perjalanan tidak dapat memprediksi keputusan pembelian secara positif. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti berharap kepada manajemen perusahaan kapal di Kepulauan Riau dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan strategi waktu perjalanan yang tepat sehingga tercipta kepuasan dan keinginan untuk menikmati kembali layanan transportasi penyeberangan perusahaan kapal di Kepulauan Riau.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ali, S. S., & Bharadwaj, R. K. (2010). Factor analysis approach of decision making in Indian e-banking: A value adding consumer’s perspective. International Journal of Business Innovation and Research, 4(4), 298–320. https://doi.org/10.1504/IJBIR.2010.033349
Aliman, S. L., & Keni. (2023). Peran mediasi brand satisfication terhadap faktor-faktor yang dapat memprediksi purchase decision. Business Management Journal, 19(1), 55–72. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i1.4063
Andri, Z., Marpaung, H. S., & Sebayang, M. (2017). Analisis waktu tempuh kendaraan bermotor dengan metode kendaraan bergerak (Studi kasus Jalan Pekanbaru - Bangkinang). Jon FTEKNIK, 4(2), 1–8. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/16718
Anggardini, F., & Ratnasari, S. D. (2022). The effect of service quality and trust on online purchasing decisions at Shopee. International Journal of Social Science and Human Research, 5(9), 4021–4028. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i9-07
Aswad, S., Realize, & Wangdra, R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna air bersih masyarakat Kampung Air Batam Center. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 77–85. https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.681
Cahya, A. D., Andrian, R., Ramadhani, R. C., & Dwijayanti, E. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus Roti Bakar 97). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5(1), 175–183. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3444
Djan, I., & Adawiyyah, S. R. (2020). The effect of convenience and trust to purchase decision and its impact to customer satisfaction. International Journal of Business and Economics Research, 9(4), 263–269. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20200904.23
Duarte, P., Costa e Silva, S., & Ferreira, M. B. (2018). How convenient is it? Delivering online shopping convenience to enhance customer satisfaction and encourage e-WOM. Journal of Retailing and Consumer Services, 44, 161–169. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.06.007
Friman, M., Lättman, K., & Olsson, L. E. (2020). Public transport quality, safety, and perceived accessibility. Sustainability (Switzerland), 12(9), 3563. https://doi.org/10.3390/SU12093563
Hafidloh, & Marlena, N. (2021). Pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian jasa tranportasi Gojek dimasa pandemi Covid-19 dengan kepercayaan sebagai intervening. Akuntabel, 18(2), 219–228. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i2.9672
Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2010). Multivariate data analysis: A global perspective (7th ed.). Pearson Education.
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Kahar, A., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). The influence of perceived of usefulness, perceived ease of use, and perceived security on repurchase intention at Tokopedia.com. Proceedings of the 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018), 429–438. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.20
Kim, S., Yu, H., & Yeo, H. (2021). A study on travel time estimation of diverging traffic stream on highways based on timestamp data. Journal of Advanced Transportation, 2021, 8846634. https://doi.org/10.1155/2021/8846634
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.
Lantang, L., & Keni. (2022). Pengaruh service quality dan customer experience terhadap loyalitas nasabah bank di Jakarta: Trust sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(3), 231–236. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i3.18645
Nystrom, H. (2001). Ruang lingkup manajemen pemasaran. Erlangga.
Rasidi, W. A. R., & Monika Tiarawati. (2021). The effect of convenience and trust on online purchasing decision (On Blibli platform). Journal of Business and Management Review, 2(8), 531–543. https://doi.org/10.47153/jbmr28.1862021
Roni, S. M., Merga, M. K., & Morris, J. E. (2020). Conducting quantitative research in education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-9132-3
Ruswinda, E., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2019). Pengaruh faktor harga, keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu terhadap pembelian tiket kereta api ekonomi AC Penataran Jurusan Surabaya-Malang-Blitar (Studi kasus pada penumpang kereta api ekonomi Penataran di Stasiun Kota Baru Malang). e-Jurnal Riset Manajemen, 8(7), 37–46. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2273
Septian A, B. (2013). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian tiket kereta api Logawa kelas ekonomi AC pada Stasiun Jember [Skripsi, Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6675
Septiani, A. T., & Suhermin. (2022). Pengaruh harga, keamanan, dan kemudahan terhadap keputusan pembelian tiket kereta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(11), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5013
Sugiyanto, Arnaya, I. W., Ryanto, S. S., & Surya, A. A. B. O. K. (2021). Analisa faktor pemilihan moda transportasi menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.52920/jttl.v2i1.18
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Sutanto, F., & Keni. (2021). Pengaruh service quality, service convenience, dan perceived price and fairness terhadap loyalitas nasabah bank dengan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 129–134. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i2.11180
Tutoq, Y., & Syaifullah. (2021). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen kapal Pelni di Kota Batam. Scientia Journal, 3(3), 1–9. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/2965
Wijaya, H., & Keni. (2021). Pengaruh service quality, word of mouth, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian polis asuransi kendaraan di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 518–523. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13303
Witjaksono, N. S., Waloejo, B. S., & Dadang Meru Utomo. (2019). Estimasi waktu tempuh perjalanan antarkota (Studi kasus: Ruas Jalan Waru–Mojokerto). Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 8(3), 217–224. https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/348%0Ahttps://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/download/348/280
Zhang, X., Lauber, L., Liu, H., Shi, J., Xie, M., & Pan, Y. (2022). Travel time prediction of urban public transportation based on detection of single routes. PLoS ONE, 17(1), e0262535. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0262535