Fenomena brand Mixue yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penting di kota Malang
Main Article Content
Abstract
This research was conducted to find out the factors that influence consumer’s repurchase intention of Mixue products in Malang city. The factors that will be tested for their influence on repurchase intention include product quality, electronic word-of-mouth, and brand image. This study used a quantitative method by distributing questionnaires to 145 respondents with an age range of 17-40 years who live in Malang city and have at least purchased Mixue products in the past year. With 145 data were collected, then processed using the PLS-SEM method with the SmartPLS statistical data processing tool. From the research, it can be concluded that product quality, electronic word-of-mouth, and brand image have a significant effect on consumer repurchase intention for Mixue products in Malang city. Brand image can mediate product quality and electronic word-of-mouth on the intention to repurchase Mixue products in Malang city.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian ulang produk Mixue di kota Malang. Faktor-faktor yang akan diuji untuk mengetahui pengaruhnya terhadap niat pembelian ulang meliputi kualitas produk, electronic word-of-mouth, dan citra merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 145 responden berusia 17-40 tahun yang tinggal di kota Malang dan pernah membeli produk Mixue dalam setahun terakhir. Data yang diperoleh dari 145 responden diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan menggunakan software statistik SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, electronic word-of-mouth, dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen pada produk Mixue di kota Malang. Selain itu, citra merek juga berperan sebagai mediator antara kualitas produk dan electronic word-of-mouth terhadap niat pembelian ulang produk Mixue di kota Malang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardana, Y. A., & Rastini, N. M. (2018). Peran citra merek memediasi pengaruh e-wom terhadap minat beli smartphone samsung di kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5901–5929. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p04
Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Malang dalam angka 2022. https://malangkota.bps.go.id/publication/2022/02/25/f0956410736a31dde7f7af54/kota-malang-dalam-angka-2022.html
Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision Support Systems, 53(1), 218–225. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.01.015
Febiyanti, L., & Aqmala, D. (2022). Pengaruh e-WOM, brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pengguna Grab melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis, 1(1), 28–39. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JMDB/article/view/6165/0
Fitriana, M., Ernawati, F. Y., & Novandalina, A. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek produk pasta gigi Pepsodent (Studi kasus pada Toko Bahagia di Desa Pucungrejo). E-Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Akuntansi STIE Semarang (SENMAS), 1(1), 1–15. https://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/view/2
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM scale: Word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23. https://doi.org/10.1002/cjas.129
Iswara, G. A. N., & Santika, I. W. (2019). Peran citra merek dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap minat beli sepatu merek Bata. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5182–5201. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p18
Jogiyanto H.M., & Abdillah, W. (2009). Konsep dan aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian empiris (1st ed.). BPFE.
Kebkole, V. I. (2018). Pengaruh brand image, kemenarikan produk dan foreign branding terhadap keputusan pembelian berulang Breadtalk (Studi kasus pada Breadtalk Lippo Plaza Bogor 2). https://doi.org/10.31227/osf.io/2ywts
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Maf’idayu, N., & Vania, A. (2022). Service quality terhadap repurchase intention di mediasi oleh customer satisfaction. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v11i1.2502
Magang, R. N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian ulang handphone Vivo di Kabupaten Sleman [Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”]. http://eprints.upnyk.ac.id/24572/
Mahendra, H. A. I., & Putri, K. A. S. (2022). Peran endorser selebriti, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian produk pakaian Erigo (Studi pada mahasiswa di kota Malang). Journal of Business & Applied Management, 15(1), 019–034. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3318
Malhotra, N. K. (2006). Marketing research: An applied orientation (3rd ed.). Pearson Education.
Ngaisah, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang produk Natasha Skin Care (Studi kasus konsumen Natasha Skin Care Lippo Cikarang) [Skripsi, Universitas Pelita Bangsa]. https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/pb/AmbilLampiran?ref=24932&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
Reditya, T. H. (2022, December 31). Siapa pendiri Mixue dan mengapa bisa jadi fenomena? Kompas.Com. https://www.kompas.com/global/read/2022/12/31/171500870/siapa-pendiri-mixue-dan-mengapa-bisa-jadi-fenomena-
Rizky, M. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk susu Indomilk (Studi pada konsumen susu Indomilk di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). E-Jurnal Riset Manajemen, 8(11), 40–55.
Santika, K. J., & Mandala, K. (2019). Peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6139–6158. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14
Saputra, R., & Putri, K. A. S. (2022). Peran harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian berulang pada produk susu Bear Brand di kota Malang. E-Qien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 261–269. https://doi.org/10.34308/eqien.v9i2.407
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriyanto, A. S., & Maharani, V. (2013). Metodologi penelitian manajemen sumberdaya manusia: Teori, Kuesioner, dan analisis data. UIN-Maliki Press.
Tjiptono, F. (2005). Brand management & strategi. Andi.
Wibisana, F. Z. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan E-WOM terhadap niat beli ulang [Artikel Jurnal, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/92622/1/Naskah Publikasi.pdf