Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan memilih Program Pascasarjana Magister Manajemen pada salah satu perguruan tinggi swasta
Main Article Content
Abstract
The increasing public need for formal education, especially higher education, so that private universities are competing to offer educational services and improve their quality. This research uses PLS-SEM analysis, with the research subjects being Tarumanagara University postgraduate students. The number of samples used was 20 due to time constraints and at the time this research was conducted there was a COVID-19 pandemic. The aims of this study is to examine the effect of the marketing mix consisting of product, price, promotion, location, process, people and physical evidence on decision to choose either partially or simultaneously. The sampling technique that uses is the proportionate stratified random sampling method. The result showed that: product, promotion, location, process, people and physical evidence had No. effect on the decision to choose. The price has an effect on the decision to choose.
Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan formal khususnya Perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi swasta berlomba-lomba menawarkan jasa pendidikan dan meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan analisis PLS-SEM, dengan subjek penelitian mahasiswa pascasarjana Universitas Tarumanagara. Jumlah sampel yang digunakan adalah 20 karena keterbatasan waktu dan pada saat penelitian ini dilakukan terjadi pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang dan bukti fisik terhadap keputusan memilih baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: produk, promosi, lokasi, proses, orang dan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih. Harga berpengaruh terhadap keputusan memilih.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwar, S. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Adam & Muhammad. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Agus, H. (2021). Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga3
Alma & Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Dewi, T., Markus, B, & Reyner, F. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur, Universitas Nusa Cendana Kupang.
Garis-Garis Besar Haluan Negara. (1999). Penyelenggaraan Negara Dalam Garis-Garis Besar Sebagai Pernyataan Kehendak Rakyat, Jakarta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25: Edisi 9th, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler & Philip. (2003). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks Kelompok.
Kotler, Philip, & Kevin, K. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Levy & Weitz. (2009). Retailing management (7th ed.), New York: McGraw Hill.
Mahmudah, Lukman, M., & Siti, A. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
Ningratri & Yuni, A. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa (3P) Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIM Sukma Medan, Medan.
Paskalis, D. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di STIE Nias Selatan, STIE Nias Selatan.
Samat, Luis, M., Omar, H., & Tirta, J (2017). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang, Universitas Indo Global Mandiri Palembang.
Sarwono & Jonathan. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM), Yogyakarta: ANDI. 226 hal.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet.
Tilaar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta
Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Wijaya & David. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Salemba Empat.