PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN UNTUK TOKO TIO BAGS

Main Article Content

Kelvin Wijaya
Teny Handhayani
Irvan Lewenusa
Agus Budi Dharmawan
Desi Arisandi
Wasino
Jeanny Pragantha

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pemerintah Indonesia memperkuat sektor ini melalui program UMKM Go Digital dan UMKM Go Global, yang mendorong para wirausahawan untuk mengadopsi teknologi digital, khususnya platform e-commerce, untuk pemasaran, transaksi, dan manajemen bisnis. Namun, keterbatasan sumber daya manusia dan tingginya biaya pengembangan aplikasi telah menghambat adopsi digital oleh UKM. Untuk mengatasi tantangan ini, Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk mendukung UKM dengan mengembangkan aplikasi penjualan berbasis web untuk toko Tio Bags di Jakarta. Proyek ini menerapkan metode waterfall, yang meliputi fase analisis, desain, implementasi, pengujian, deployment, dan pemeliharaan, dengan menggunakan Visual Studio Code, XAMPP, dan MySQL sebagai alat utama. Sistem ini dirancang untuk tiga jenis pengguna yaitu administrator, pemilik toko, dan pelanggan dengan fungsi untuk mengelola pesanan, penjualan, dan data produk. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan secara efektif mengotomatisasi proses pencatatan transaksi dan manajemen data. Inisiatif PKM ini berhasil mencapai tujuannya dengan menyediakan solusi teknologi informasi praktis yang meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan kontribusi akademis untuk mendukung transformasi digital UKM di Indonesia.

Article Details

How to Cite
Wijaya, K., Handhayani, T., Lewenusa, I., Budi Dharmawan, A., Arisandi, D., Wasino, & Pragantha, J. (2025). PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN UNTUK TOKO TIO BAGS: . Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(3), 602–608. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i3.35670
Section
Articles
Author Biography

Teny Handhayani, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta - Indonesia

References

Abdillah, M. S., Wulan, N., Sitorus, D. A., Ramadhan, F., Pratama, W., Fauzi, I., & Harahap, R. (2025). Pengabdian Masyarakat Pembuatan Website Umkm Oleh-Oleh Tiga Putri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.70340/japamas.v4i1.190

Afuan, L., Hidayat, N., Wijayanto, B., & Kurniawan, Y. I. (2023). Website design analysis for the management and promotion of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) in the Covid-19 pandemic period. 140001. https://doi.org/10.1063/5.0110503

Ismail, K., Rohmah, M., & Ayu Pratama Putri, D. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14344

Krishna, V. V., & Gopinath, G. (2024). Software Development Life Cycle for Web Application by Using Traditional Methodology vs Agile Methodology. 2024 Ninth International Conference on Science Technology Engineering and Mathematics (ICONSTEM), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICONSTEM60960.2024.10568596

Lewenusa, I., Handhayani, T., & Chung, C. (2025). Peningkatan Aktivitas Pemasaran Umkm Pempek Davin Melalui Pengembangan Website. Jurnal Serina Abdimas, 3(2), 296–305. https://journal.untar.ac.id/index.php/JSA/article/view/34794

Mahendra, I. S., Wasino, & Handhayani, T. (2023). Perancangan dan Implementasi Sistem Pemesanan Online Jadwal Waktu untuk Layanan Barber. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(3).

Patria, N. (2025). Nezar Patria: UMKM Go Digital Tingkatkan Omzet dan Ekspor ke Pasar Global. https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/nezar-patria-umkm-go-digital-tingkatkan-omzet-dan-ekspor-ke-pasar-global

Putra, T. W., Handhayani, T., Wasino, W., & Pragantha, J. (2024). Pembuatan website autospares untuk penjualan online suku cadang kendaraan pada PT SPM di Jakarta. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajua, 8(3), 2159–2167.

Sulistiyanto, S., Rahmi, L., Kunio, N. I. H., Asoka, E., & Wati, A. S. (2024). Implementasi Web Development Life Cycle dalam Pembuatan Website Company Profile Ening Production. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 387–394. https://doi.org/10.54082/jupin.324

Syuhada, A. A., & Gambett, W. (2013). Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises based on Social Media. Procedia Technology, 11, 446–454. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.12.214

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.