APLIKASI TEKNOLOGI ULTRA HIGH PERFORMANCE CONCRETE (UHPC) DALAM PERKERASAN JALAN KAKU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI JALAN LINGKUNGAN PERUMAHAN

Main Article Content

Widodo Kushartomo

Abstract

In this Community Service (PkM) activity, Tarumanagara University PkM team carried out PkM activities for
Perumahan Banjar Wijaya RW 07 kelurahan Cipete, kecamatan Pinang, kota Tangerang. Housing residents have
problems in the form of dif iculties in repairing their neighborhood roads which are often damaged. The PkM team
of ers partners a solution to make rigid pavement using Ultra High Performance Concrete (UHPC) Technology to
repair damaged roads. Residents and the PkM team work together in repairing road damage with contributions
according to their abilities. The contribution of RW 07 residents in the implementation of PkM provided labor while
the repair work was in progress, while the Untar PkM team contributed in preparing the mixed UHPC plan. The
PKM implementation method was carried out in several stages including coordination with residents, site surveys,
coordination with the PkM team, preparation of a UHPC mix plan, determining the location of the road to be used
as a pilot, determining the day of casting, material preparation, casting, maintenance and handover. The repaired
road is a prototype or pilot with a size of 6.0 m x 6.0 m x 0.06 m. UHPC was made with a design quality of 50 MPa,
15 cm slump and treatment method by watering for 3 days in the morning and evening. The results of road casting
can be completed within 5 hours using a manual mixer and the road can be passed by 4-wheeled vehicles after 3
days.


 


ABSTRAK:


Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, tim PkM Universitas Tarumanagara melaksanakan
kegiatan PkM Perumahan Banjar Wijaya RW 07 kelurahan Cipete kecamatan Pinang kota Tangerang. Warga
perumahan mempunyai persoalan berupa kesulitan dalam memperbaiki jalan lingkungannya yang sering mengalami
kerusakan. Tim PkM menawarkan solusi kepada mitra untuk membuat perkerasan jalan kaku menggunakan
Teknologi Ultra High Performance Concrete (UHPC) guna memperbaiki jalan yang rusak. Warga dan tim PkM
bekerjasama dalam memperbaiki kerusakan jalan dengan kontribusi sesuai dengan kemampuannya. Kontribusi
warga RW 07 dalam pelaksanaan PkM menyediakan tenaga kerja selama pekerjaan perbaikan berlangsung,
sedangkan tim PkM Untar berkontribusi dalam mempersiapkan rencana campuran UHPC. Metode pelaksanaan
PKM dilakukan dalam beberapa tahapan meliputi koordinasi dengan warga, survey lokasi, koordinasi dengan tim
PkM, persiapan rencana campuran UHPC, penentuan lokasi jalan yang akan digunakan sebagai percontohan,
penentuan hari pelaksanaan pengecoran, persiapan material, pelaksanaan pengecoran, perawatan dan serah terima.
Jalan yang diperbaiki merupakan prototipe atau percontohan dengan ukuran 6,0 m x 6,0 m x 0,06 m. UHPC dibuat
dengan mutu rencana 50 MPa, slump 15 cm dan metode perawatan dengan penyiraman selama 3 hari pagi dan sore.
Hasil pengecoran jalan dapat diselesaikan dalam waktu 5 jam menggunakan molen manual dan jalan sudah dapat
dilewati kendaraan roda 4 setelah berumur 3 hari.


 

Article Details

How to Cite
Kushartomo, W. (2023). APLIKASI TEKNOLOGI ULTRA HIGH PERFORMANCE CONCRETE (UHPC) DALAM PERKERASAN JALAN KAKU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI JALAN LINGKUNGAN PERUMAHAN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2), 275–281. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.25775
Section
Articles
Author Biography

Widodo Kushartomo, Universitas Tarumanagara

 

  

References

Bali, I & Kushartomo W. (2017). Effect of Glas Fiber on Compressive, Flexural and Spliting Strength of Reactive Powder Concrete. MATEC Web Of Conference 138, 03010.

Bina Marga (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan No. 2/M/BM/2017. Kementerian PUPR Direktorat Jendral Bina Marga.

Haryatmo, H.C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. UGM Press, Yogyakarta.

Juwita, F. & Ariadi, D. (2018). Analisis Jenis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Study Kasus Jalan Ratu Dibalau Bandar Lampung). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi), 8(1), 66-78.

Kushartomo, W., Linggasari, D. & Sutandi, A. (2020). “Effek Ukuran Butiran Maksimum terhadap Nilai Modulus of Rupture Reactive Powder Concrete “, Media Komunikasi Teknik Sipil, 26 (1), 1-8.

Kushartomo, W., Wiyanto, H. & Christianto, D. (2021). “Effect of Cement–Water Ratio on the Mechanical Properties of Reactive Powder Concrete with Marble Powder as Constituent Material”, The Second International Conference of Construction, Infrastructure, and Materials (ICCIM 2021), Jakarta, 26 Juli 2021, 177-186.

Kushartomo, W., Wiyanto, H. & Christianto, D. (2021). “Increasing The Calcium Silicate Hydrate Amount In Reactive Powder Concrete Using Marble Powder”, Spektra, 6 (1), 25-35.

Linggasari, D., Sutandi, A. & Kushartomo, W. (2018). “Pengaruh Tepung Marmer terhadap Sifat Mekanik Reactive Powder Concrete “, Jurnal Muara, Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Kesehatan, 2 (2), 541-548.

Pramitasari, A.; Yulianto, B. & Surjandari, N.S. (2017). Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Kabupaten Boyolali). Jurnal Muara, Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Kesehatan, 1 (1), 244-250.

Shahin, M.Y. & Walther, J.A. 1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. US Army Corps of Engineer. New York. 282 pp.

Shinta, NLP. & Kushartomo, W. (2017), Pengaruh Nilai CBR Tanah Dasar dan Mutu Beton terhadap Tebal Pelat Perkerasan Metode Bina Marga. Jurnal Muara, Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Kesehatan, 1 (1), 244-250.

Sutandi, A. & Kushartomo, W. (2019). “Pengaruh Ukuran Butiran Maksimum Terhadap Kuat Tekan Reactive Powder Concrete “, Jurnal Muara, Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Kesehatan, 3 (1), 161-169.

Most read articles by the same author(s)