MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGEMBANGKAN HARAPAN DAN CITA-CITA PARA SISWA DI RUMAH LANGIT, JAKARTA

Main Article Content

penny handayani
Dela Erianti
Irene Betzy Sugito
Irene Novalia Lumbu

Abstract

Rumah Langit is a social community in East Jakarta that provides education for kids from Marginalized people. In
the application of teaching and learning activities, a phenomenon was found where there is a lack of opportunities
for students to explore themselves extensively, which results in them to not having the opportunity to fulfill their full
potential, hopes, and also dreams that causes them to not have a motivation for studying. Learning motivation is
an inner drive within students that pushes them to engage in learning activities and provides direction to their
learning so that the desired learning goals can be achieved. The lack of motivation causes them to only come to
Rumah Langit to meet and play with their friends. Students of Rumah Langit also often demonstrate undisciplined
behavior while in learning. This issue finally causes the learning activities on Rumah Langit to be unconducive
there for the goal of the study is not fulfilled. To address tis problem, a psychoeducational intervention program
was conducted for the students of Rumah Langit, aged 4-16 years old, in two sessions held on May 19th and 24th.
The intervention program aims to help the student understand and cultivate their hope, dream, and learning
motivation, as well as familiarize them with the practical application of these elements in their daily lives. To find
out the success of the intervention that we did, we conducted a monitoring and evaluation of the students of Rumah
Langit, the Teacher, and also the Management of Ruma Langit. Monitoring and evaluation are done by a pretest,
posttest, a form of evaluation, and also a questionnaire for teacher, management, and parents of students.
Keywords: dreams; hopes; learning discipline; learning motivation


ABSTRAK
Rumah Langit adalah sebuah komunitas sosial di Jakarta Timur yang menyediakan rumah belajar bagi anak-anak
dari kaum marjinal. Dalam penerapan kegiatan belajar mengajar, ditemukan sebuah fenomena kurangnya
kesempatan untuk mengeksplor diri secara luas yang menyebabkan para siswa belum menyadari potensi diri,
harapan, dan cita-cita mereka di masa depan sehingga mereka tidak memiliki motivasi belajar. Motivasi belajar
adalah dorongan dalam diri siswa yang menggerakannya untuk melakukan kegiatan belajar, serta memberikan arah
pada kegiatan belajarnya sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Kurangnya
motivasi belajar menyebabkan mereka datang ke Rumah Langit hanya untuk bertemu dan bermain bersama
teman-teman. Siswa Ruma Langit juga sering menunjukkan perilaku tidak disiplin dalam pembelajaran di kelas.
Permasalahan tersebut akhirnya membuat suasana pembelajaran seringkali berjalan dengan tidak kondusif
sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Untuk mengatasinya, dilakukan program intervensi berbentuk
psikoedukasi terhadap para siswa Rumah Langit yang memiliki rentang usia 4-16 tahun dalam dua kali pertemuan,
yaitu pada tanggal 19 dan 24 Mei. Program intervensi dilakukan agar para siswa memahami dan memiliki harapan,
cita-cita, dan motivasi belajar, serta mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui
keberhasilan dari program intervensi yang dilakukan, dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap para siswa,
pengajar, pengurus, dan orang tua siswa di Rumah Langit. Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam berbagai cara,
seperti pretest, posttest, lembar evaluasi siswa, serta form kuesioner evaluasi bagi pengajar, pengurus, dan orang
tua siswa.

Article Details

How to Cite
handayani, penny, Erianti, D., Sugito, I. B., & Lumbu, I. N. (2024). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGEMBANGKAN HARAPAN DAN CITA-CITA PARA SISWA DI RUMAH LANGIT, JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3), 685–694. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i3.27073
Section
Articles

References

Lopez, S. J. (2009). The encyclopedia of positive psychology. Blackwell Publishing.

Lubis, L. S., Warna, A. K. S., Wulan A., Karimah, U., & Ayuhan. (2022). Sosialisasi dan edukasi: Pentingnya cita-cita pada anak sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Putra, A. S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh intervensi psikoedukasi untuk meningkatkan achievement goal pada kelompok siswi underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 254-261.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran booklet pada materi sistem imun terhadap hasil belajar siswa kelas xi sman 8 pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.29406/524.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Gorontalo.

Raphael, B., & Wilson, J. P. (Eds.). (2000). Psychological debriefing: Theory, practice and evidence. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511570148

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran booklet dan video sebagai penguatan karakter hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238- 1243. 10.17977/jptpp.v2i9.9964.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.

Satriani, N. P., Pudjawan, K., & Suarjana, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Selingan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar Ipa. 2(3), 312–320

Supratiknya, A. (2011). Merancang program dan modul: Psikoedukasi. Universitas Sanata Dharma.

Wulandari, G. A. (2015). Komunitas sebagai peluang baru pemasaran sosial. Jurnal Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Jember, 5(1), 119-128. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/62934/9_wulan9.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Most read articles by the same author(s)