KEMAMPUAN DIGITAL GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA

Main Article Content

Sri Hapsari` Wijayanti
Ari Setiyaningrum
Denny Jean Cross Sihombing
Dimas Catur Winson
Lusya Anggraeny Manurung

Abstract

Many researchers report that learning videos in elementary schools effectively improve student motivation and learning outcomes. Similarly, previous results have shown that using Canva to create learning videos is easy and exciting for students and teachers. However, some teachers at SDN Pantai Bahagia 04 in Muaragembong sub-district, Bekasi district, West Java, are not proficient in using Canva. This community service aims to increase teachers' knowledge and skills in creating Canva-based learning videos with a touch of videography technology. This activity was held online and offline from July to October 2024. The participants of this activity are eight teachers. The stages of the activity include preparation, implementation, assistance, monitoring, and evaluation. Before and after the training, teachers were given questionnaires. After the training, teachers' knowledge increased by 48%. In addition to the increase in knowledge, teachers also improved their ability to use Canva. Teachers have shown their creativity in making learning videos. However, some parts still need to be revised, such as the choice of color combinations as background, font size, concise and concise titles, and use of video, animation, and audio to refresh the learning atmosphere. This activity continues to the next monitoring and evaluation stage to see the progress of using Canva and using video recordings of teachers' own work inserted in Canva presentation materials. 


ABSTRAK


Banyak peneliti dan pengabdi melaporkan bahwa video pembelajaran di sekolah dasar efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Begitu pula, hasil terdahulu memperlihatkan penggunaan aplikasi Canva dalam membuat video pembelajaran sangat mudah dan menarik bagi siswa dan guru. Meskipun demikian, masih ada guru-guru di SDN Pantai Bahagia 04 Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang belum mahir menggunakan Canva. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat video pembelajaran berbasis Canva dengan sentuhan teknologi videografi. Kegiatan ini diselenggarakan pada Juli sampai dengan Oktober 2024, baik secara daring maupun luring. Peserta kegiatan ini adalah delapan guru. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Sebelum dan setelah pelatihan, guru-guru dibagikan g-form. Setelah diberikan pelatihan, pengetahuan guru meningkat 48%. Selain peningkatan pengetahuan, guru juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menggunakan Canva. Guru telah menunjukkan kreativitas masing-masing dalam pembuatan video pembelajaran meskipun masih ada bagian yang perlu direvisi, seperti pilihan kombinasi warna sebagai latar belakang, besar huruf, judul yang ringkas dan padat, penggunaan video, animasi, dan audio untuk menyegarkan suasana belajar. Kegiatan ini masih berlanjut ke tahap monitoring dan evaluasi berikutnya untuk melihat kemajuan penggunaan Canva dan penggunaan rekaman video hasil karya guru sendiri yang disisipkan dalam materi presentasi Canva. 

Article Details

How to Cite
Wijayanti, S. H., Ari Setiyaningrum, Denny Jean Cross Sihombing, Dimas Catur Winson, & Lusya Anggraeny Manurung. (2025). KEMAMPUAN DIGITAL GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 666–674. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32564
Section
Articles

References

Arwanda, Z., Widianto, D. N., & Pradana, D. D. (2024). Effectiveness of using digital media based on canva application in primary school learning: A Systematic Literature Review. JUPERIM: Jurnal Perkembangan Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 12–22.

Aulia, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Pengaruh multimedia interaktif berbasis Canva terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.181

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan kemampuan literasi digital di lingkungan pendidikan berbasis aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Burrack, F., & Thompson, D. (2021). Canvas (LMS) as a means for effective student learning assessment across an institution of higher education. Journal of Assessment in Higher Education, 2(1), 1–19.

Hidayati, R., Thomas, V., Luciani, C., & Oscar, S. (2023). Utilization of the Canva Application for Elementary School Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.55849/jiiet.v2i1.219

Hudayanti, D. V. F. T. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai modul digital interaktif matematika untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh. HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA , 1(7), 853–859.

Indriani, C. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 330–339. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466

Nugraha, B., Subiyantoro, S., & Purwitasari, K. (2023). Meningkatkan pemahaman siswa pada materi penyajian data mata pelajaran matematika melalui penggunaan media interaktif Canva. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(4), 166–177. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.360

Nurhosen, Sayyinul Sayyinul, Rofik Iskandar, Malikal Balqis, & Miftahus Surur. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 81–96. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.324

Rais, R., & Zulfa, I. (2024). The Influence of the Canva Application in Improving Primary School Student Achievement in West Sumatra. Journal of Social Science Utilizing Technology, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.70177/jssut.v2i1.813

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Sirodj, R. A., Hirza, B., Hastiana, Y., Mukharomah, E., & Petrossky, R. (2021). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 72–80. https://doi.org/10.51214/japamul.v1i2.136

Wijayanti, S. H., Harrison, A., Pramono, H., & Panjaitan, Y. (2024). Pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva untuk menunjang pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Widya Laksana, 13(1), 135–149.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.