WEBINAR PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR DARI RUMAH DAN PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KOTA PADANG

Main Article Content

Tri Rahayuningsih
Rozi Sastra Purna
Diny Amenike
Septi Mayang Sari
Siska Oktari
Izzanil Hidayati
Yantri Maputra
Nila Anggreiny

Abstract

The prolonged quarantine during the Covid-19 pandemic has an impact on negative emotions, and psychological problems that arise when children have to learn from home such as boredom and decreased motivation to learn. Parents as learning companions for their children experienced fatigue. Therefore, Department of Psychology, Andalas University, holded community service activities in the form of online workshops using technological media (webinars) to increase mental health knowledge in the fields of education, community and family in facing the COVID-19 pandemic as a manifestation readiness to enter a new normal era. The purpose of this service program is for the people of Padang, especially when accompanying children while learning from home during the COVID-19 pandemic, namely helping teachers, students, parents and the public meet health protocols and stay happy, and prevent COVID-19 cases in both sector education and family. This activity consisted of learning from home mentoring and mindfulness training for teenagers. Children need socio-emotional competence to stay focused and creative when learning from home. The evaluation of these educational activities was identified through a survey after the webinar. The questionnaire link was provided on Zoom Application during the event. The result of this activity was knowledge about mental health for teachers, students and parents in dealing with children and adolescents during the COVID-19 pandemic

ABSTRAK:

Karantina berkepanjangan selama pandemi covid-19 berdampak pada emosi negatif, dan masalah psikologis yang muncul ketika anak harus belajar dari rumah seperti kebosanan, dan menurunnya motivasi belajar. Orang tua sebagai pendamping belajar anak pun mengalami kelelahan. Oleh karena itu, Program Studi Psikologi Universitas Andalas mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa workshop dalam bentuk daring menggunakan media teknologi (webinar) untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan mental di bidang pendidikan, sosial masyarakat, dan keluarga dalam menghadapi pandemi COVID-19 sebagai bentuk kesiapan memasuki era normal baru. Tujuan program pengabdian ini adalah untuk masyarakat kota Padang khususnya saat mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemi COVID- 19 yaitu membantu guru, siswa, wali murid, dan masyarakat umum memenuhi protokol kesehatan dan tetap merasa bahagia, serta mencegah kasus COVID- 19 di sektor pendidikan dan keluarga melalui pelatihan mindfullness. Kegiatan ini terdiri dari pelatihan pendampingan belajar dari rumah dan mindfulness untuk anak-remaja. Anak perlu kompetensi sosio-emosional agar tetap fokus dan kreatif selama belajar dari rumah. Evaluasi kegiatan edukasi ini diketahui melalui survei setelah acara webinar. Link kuisioner diberikan di media Zoom saat acara berlangsung. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan tentang kesehatan mental pada guru, siswa, dan orang tua dalam menghadapi anak-anak dan remaja selama masa pandemi COVID-19.

 

Article Details

How to Cite
Rahayuningsih, T., Purna, R. S., Amenike, D., Sari, S. M., Oktari, S., Hidayati, I., Maputra, Y., & Anggreiny, N. (2021). WEBINAR PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR DARI RUMAH DAN PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KOTA PADANG. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9636
Section
Articles
Author Biography

Tri Rahayuningsih, Jurusan Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas

Psikologi

References

Biegel, G M. (2009). The stress reduction workbook for teens: mindfulness skils to help you deal with stress. A Division of New Harbinger Publication

Burdick D. (2014). Mindfulnes skill for kids and teens. Pesi Publishing and Media

Fitriyani, Y., dkk. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring

selama pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian

dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan

Pembelajaran, 6(2), 165-175

Kemendikbud, 2020. Surat Keputusan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang

pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka

pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19).

Kinder, Wayne (2019). Calm : Mindfulness for Kids. DK Publishing

Mukti, D., Wimbarti, S., Psikologi, F., & Mada, U. G. (2020). Pengaruh Pelatihan Meditasi Mindfulness terhadap Atensi Selektif pada Siswa SMP The Effect of Mindfulness Meditation Training toward. 6(1), 30–46. https://doi.org/10.22146/gamajpp.53189

Nilcoson, D., Ayers, H. (2004). Adolescent Problems. David Fulton Publishers

Willard, C., & Saltzman, A (2015) Teaching mindfulness skills to kids and teens. Guilford Press