Peningkatan Masa Simpan Produk Sambal Si Uda Dengan Peralihan Metode Pengemasan Produk

Main Article Content

Elsa Imelda
Juni Simina

Abstract

Pengemasan produk yang steril dan dengan menggunakan jenis kemasan yang tepat sangatlah membantu produk untuk memiliki masa kadaluarsa yang lebih panjang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan distribusi produk ke pangsa pasar yang lebih luas. Sambal Si Uda merupakan salah satu produk andalan dari Rumah Produksi Si Uda. Bagi produk sambal, agar masa simpan dapat menjadi lebih panjang, maka jenis kemasan yang diperlukan adalah yang memberikan perlindungan terhadap lingkungan khususnya terhadap bakteri yang dapat menyebabkan sambal tidak layak dikonsumsi. Sambal awalnya dikemas dalam botol plastik dan tahan selama 3 bulan. Botol plastik memang lebih baik untuk menyimpan minuman atau cairan, tetapi tidak baik untuk produk mengandung lemak.  Masa penyimpanan 3 bulan tidak mampu membuat produk ini bersaing di daerah yang jauh karena terlalu singkat. Tim PKM memberikan pendampingan riset dan teknik agar produk sambal dapat tahan lama minimal 1 tahun. Setelah riset dijalankan, tim PKM membantu pemilik Rumah Produksi Si Uda dalam peralihan metode pengemasan produk. Produk yang awalnya dikemas dalam botol plastik, kini dikemas dalam botol kaca. Teknik penempatan sambal ke dalam botol juga perlu diperhatikan agar sambal tidak basi. Setelah peralihan ini selesai, kini Sambal Si Uda sedang dalam tahap kerjasama dengan perusahaan penyedia berbagai jenis produk bagi insan muslim yang akan umroh atau naik haji ke Arab Saudi


ABSTRACT


Sterile product packaging and using the right type of packaging really helps the product to have a longer shelf life. This aims to increase the range of product distribution to a wider market share. Sambal Si Uda is one of the mainstay products from the Si Uda Production House. For chili products, so that the shelf life can be longer, the type of packaging needed is one that provides protection to the environment, especially against bacteria that can make chili sauce unfit for consumption. The chilli originally packaged in plastic bottles and lasts for 3 months. Plastic bottles are better for storing drinks or liquids, but they are not good for products containing fat. The storage period of 3 months is not able to make this product competitive in remote areas because it is too short. The PKM team provides research and technical assistance so that chili products can last for at least 1 year. After the research was carried out, the PKM team assisted the owner of the Si Uda Production House in switching product packaging methods. Products that were originally packaged in plastic bottles are now packaged in glass bottles. The technique of placing the chili sauce into the bottle also needs to be considered so that the chili sauce doesn't go stale. After this transition is complete, now Sambal Si Uda is in the stage of collaborating with a company that provides various types of products for Muslims who are going to perform Umrah or pilgrimage to Saudi Arabia.

Article Details

How to Cite
Imelda, E., & Simina, J. (2023). Peningkatan Masa Simpan Produk Sambal Si Uda Dengan Peralihan Metode Pengemasan Produk. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 220–225. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.23770
Section
Articles
Author Biography

Elsa Imelda, Tarumanagara

Akuntansi

References

Nasution, Dito Aditia Darma; Iskandar Muda (2020) Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, E-Jurnal Akuntansi Vol 30 No 6

Putri, Selly Harnesa; Irfan Ardiansah; Devi Maulida Rahmah (2017). Penerapan Teknologi Pengemasan dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Mutu Produk Pada Industri Kecil Menengah Berbasis Olahan Pangan di Desa Cikuda Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Vol 2 No 2, Universitas Padjajaran

Simanjuntak, R.F., Abdiani, I.M. and Firdaus, M. (2019) Kelompok Usaha Sambal Banjar Rumput Laut Griya Persemaian Kota Tarakan, Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 3(2), pp. 01–10.

Sucipta, I Nyoman; Ketut Suriasih; Pande Ketut Diah Kencana (2017). Pengemasan Pangan: Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. Bali: Udayana University Press

Suwandono, Purbo; Dadang Hermawan; Hangga Wicaksono (2021) Peningkatan Produktivitas Usaha Sambal Kemasan Bagi Usaha Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks Soliditas Vol 4 No 2, Universitas Widyagama

Widiati, Ari (2019) Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Vol 8 No 2 (67-76), Universitas Tanjungpura

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/03/15/pertumbuhan-umkm-diperlukan-untuk-jaga-momentum-pemulihan-ekonomi