METODE ROLE PLAYING SEBAGAI ALTERNATIF TEKNIK PEDAGOGIK DALAM PELATIHAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Main Article Content

Elsa Imelda
Michele Tjen

Abstract

Educator are demanded to have creative ideates to developed dif erent kind of pedagogical method to help the
students understand the lesson in a fun, ef icient and ef ective way. Role Playing method is one of the method in
pedagogical method. It is a learning method that allow student to play a role with a problem event that they need to
solved, it is usually conveyed in based on the class lesson. This Role Playing method will be practiced in High
School Kristen Yusuf, Jakarta. High school students tend to find accounting hard to understand and feels that
learning accounting cycle of merchandising company is complicated with the traditional way of teaching. Hence,
this allow the Role Playing method to be used on the students. This activity will allow the students to know how
accounting practices done in a real life simulation. The case of discussion regarding the transaction will teach the
students how to journal it. The provision of learning this accounting journaling system, starting from how to record
a transaction , posting the accounting entries and making financial report. The students will have a better grasp of
accounting in merchandising company with the help of role playing technique. This will increase the students
motivation to learn more accounting and increasing the chances of students taking accounting as the major in the
university.


 


ABSTRAK:


ABSTRAK


Pendidik dituntut untuk selalu memiliki ide kreatif dalam mengembangkan berbagai metode pedagogik agar
membantu siswa memahami pelajaran dengan cara yang menyenangkan, efisien dan efektif. Metode Role Playing
merupakan salah satu cara dalam teknik pedagogik. Metode Role Playing ini memberikan pembelajaran yang
memungkinkan siswa berperan dengan suatu kejadian masalah yang harus dipecahkannya, biasanya disampaikan
berdasarkan pelajaran kurikulum yang ada dalam kelas. Metode Role Playing ini akan dipraktekkan kepada siswa/i
di SMA Yusuf Kristen, Jakarta. Siswa dan siswi cenderung menganggap akuntansi sulit untuk dipahami dan merasa
bahwa mempelajari siklus akuntansi perusahaan dagang rumit dengan cara pengajaran tradisional. Ini membuat
minat belajar akuntansi untuk berkurang. Oleh karena itu, Metode Role Playing ini dapat dicoba untuk diterapkan
pada siswa/i. Kegiatan ini akan memungkinkan siswa untuk mengetahui bagaimana praktik akuntansi dilakukan
dalam simulasi kehidupan nyata. Kasus diskusi mengenai transaksi tersebut akan mengajarkan siswa bagaimana cara
membuat jurnal. Bekal pembelajaran sistem akuntansi siklus ini, mulai dari cara mencatat transaksi, memposting
entri akuntansi dan membuat laporan keuangan. Siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang akuntansi
di perusahaan dagang dengan bantuan teknik bermain peran. Hal ini akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk
mempelajari akuntansi lebih lanjut dan meningkatkan peluang mahasiswa mengambil jurusan akuntansi di
universitas.

Article Details

How to Cite
Imelda, E., & Tjen, M. (2023). METODE ROLE PLAYING SEBAGAI ALTERNATIF TEKNIK PEDAGOGIK DALAM PELATIHAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2), 268–274. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.23771
Section
Articles
Author Biography

Elsa Imelda, Tarumanagara

Akuntansi

References

Djamarah. S. B, Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hashim. S, dkk. (2007). Pedagogi: strategi dan teknik mengajar dengan berkesan. PTS profesional. Malaysia.

Hiryanto (2017) Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Dinamika Pendidikan Vol XXII No 1 Mei 2017, hal 65

Ikatan Akuntan Indonesia (2012) Standar Akuntansi Keuangan per 1 Juni 2012, Dewan Standar Akuntansi Keuangan – IAI

Jackson, V.A. 2011. Teaching Communi-cation Skill Using Role-Play: An Experience-Based Guide For Educators. Journal of Palliative Medicine. 14 (6): 775-780.

Sardiman A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi dan Aspek Perkembangna Anak. Padang: Kencana

Sumarsan, Thomas. (2017). Akuntansi dasar dan aplikasi dalam bisnis versi IFRS, Jilid 1, Edisi kedua. Penerbit Indeks

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards (4th Edition). John Wiley & Sons, Inc.