Strategi Kampanye PR Muscle First dalam Mengembangkan Brand Awareness Melalui KOL
Main Article Content
Abstract
In the current digital era, Public Relations faces the demand to adapt its approach to engage with the public effectively. Utilizing Key Opinion Leaders (KOL) to reach audiences via social media isn't novel in this era. PT Unggulan Bugar Indonesia - Muscle First recognizes the significance of effective strategies to maintain a competitive edge in the market. This study aims to understand how the Public Relations campaign strategy through Muscle First's Key Opinion Leader (KOL) from 2021 to 2023 contributes to developing brand awareness. The research incorporates Public Communication theories like Marketing Public Relations and Public Relations Campaign Strategy. Employing a qualitative approach through a case study method, data collection involves in-depth interviews, observations, document review, and literature review. The research findings outline Muscle First's Public Relations campaign strategy, involving stages such as research, planning, execution, and evaluation following The Nine Steps of Strategic Public Relations. Muscle First utilizes KOLs as a medium to disseminate monthly campaign messages, forming the Muscle First Team. This team, comprised of ordinary individuals, influences the general audience and fosters closeness with consumers.
Memasuki era digital, peran Public Relations dituntut untuk beradaptasi dalam usahanya melakukan pendekatan dengan publik. Menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dalam menjangkau audiens bagi suatu brand di media sosial bukanlah hal yang baru di era digital ini. PT Unggulan Bugar Indonesia - Muscle First, menyadari pentingnya strategi yang efektif dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi kampanye Public Relations melalui Key Opinion Leader (KOL) Muscle First periode 2021 – 2023 dalam mengembangkan brand awareness. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Publik dengan konsep Marketing Public Relations dan Strategi Kampanye Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi kampanye Public Relations yang dilaksanakan oleh Muscle First dalam meningkatkan brand awareness meliputi beberapa tahapan yaitu riset, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi seperti yang dipaparkan pada The Nine Steps of Strategic Public Relations. Dalam risetnya, Muscle First menggunakan media online seperti Hootsuite dan Populix. Muscle First memanfaatkan KOL dengan menjadi medium penyebaran pesan kampanye yang dilaksanakan Muscle First tiap bulannya. KOL yang digunakan oleh Muscle First dalam kampanye yang dijalankannya dibentuk menjadi sebuah tim yaitu Muscle First Team. Tim tersebut terdiri dari orang biasa yang dapat memberikan influence kepada khalayak umum dan memberikan rasa kedekatan kepada konsumen.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations –Diantara Penjualan dan Pencitraan. Deepublish.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Cahyadi, I. R. (2022, October 9). Public Relations Dituntut Mengikuti Perkembangan Teknologi. Berita Satu.
Chafilaudina, S. P., & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40–51. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Kawa Daun Tanah Datar dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Audiens, 2(1). https://doi.org/10.18196/jas.v2i1.9836
Mahaputra, M. R., Saputra, F., & Ridho Mahaputra, M. (2021). RELATIONSHIP WORD OF MOUTH, ADVERTISING AND PRODUCT QUALITY TO BRAND AWARENESS. 2(6). https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i26
Mulia, P., Shabrina. Firstsishella, & Fauzi, R. (2021). Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 39–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.113
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Noor, Dr. H. R. Z. Z. S. T. , S. H. , M. H. , M. Kn. , M. M. (2015). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi) TAHUN 2015. Deepublish.
Nuriman, S. Pd. I. , M. Ed. , Ph. D. (2021). Memahami Metodologi Studi Kasus, Grounded Theory, dan Mixed-Method: Untuk Penelitian Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, dan Pendidikan: Vol. Cetakan 1. Prenada Media.
Suriyanto, A. Y. T. A. S. A. D. (2023). Buku Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Komunikasi. Deepublish.
Yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(1), 23. https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.29693