Perencanaan Komunikasi Pemasaran: Studi Kasus Tim Marketing Asuransi PT ASWATA
Main Article Content
Abstract
Komunikasi Pemasaran digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan perusahaan kepada masyarakat. Salah satunya adalah perusahaan jasa. Perusahaan jasa tidak menjual produk yang berbentuk fisik kepada masyarakat, melainkan pelayanan atau non-fisik. Penelitian ini membahas bagaimana perusahaan asuransi melakukan proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Penulis mengambil objek penelitian di PT ASWATA Cabang Karawaci Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan Komunikasi Pemasaran dan Brand image. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan metode ini, penulis mengumpulkan data melalui obeservasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan proses perencanaan komunikasi pemasaran di Aswata terdiri dari analisis situasi, strategi, implementasi, dan evaluasi.
Article Details
References
Gregory, Anne. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns A Strategic Approach.Kogan Page. 120 Pentonville Road. London. United Kingdom
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip., Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ke 13. Erlangga. Jakarta
West, Richard., Lynn, H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke 3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Salemba Humanika. Jakarta
www.wartaekonomi.co.id (diakses pada 26 maret 2018)
Yin, Robert. K. 2013. Studi Kasus: Desain & Metode. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta