Cara Ibu Tunggal Dalam Mengelola Waktu
Main Article Content
Abstract
Sebagai ibu-tunggal, membesarkan anak menjadi tantangan yang sangat berat. Selain membesarkan anak dan mengurus rumah tangga, ibu-tunggal juga perlu bekerja. Lebih dari itu, terkadang ibu-tunggal bahkan ada yang berkegiatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ibu-tunggal ingin sukses dalam berbagai aspek kehidupan, seperti sukses dalam pengasuhan, sukses dalam bekerja, dan sukses dalam pendidikan. Dalam hal menyeimbangkan berbagai aspek kehidupan, tampaknya bukan hal yang mudah bagi ibu-tunggal. Ibu tunggal perlu melakukan pengelolaan waktu (time management) dengan baik dalam menjalankan berbagai peran/aspek kehidupan. Time management adalah cara individu mengatur atau menjadwalkan setiap kegiatannya, sehingga semua kegiatan dapat diselesaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami, dan melihat praktik manajemen waktu yang dilakukan oleh ibu-tunggal. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah empat (4) orang ibu tunggal yang berusia 38 - 51 tahun. Dalam melakukan validasi terhadap informasi keempat partisipan, peneliti melakukan triangulasi pada significant other. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana keempat partisipan berhasil dalam menerapkan planning, organizing, leading, prioritizing, controlling, goal setting, communication, delegation, collaborating, dan managing stress yang merupakan faktor-faktor keberhasilan time management. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman oleh berbagai pihak (seperti: pemahaman anak kepada ibunya yang ber-status single mother, pemahaman atasan di tempat kerja kepada bawahan yang merupakan seorang ibu-tunggal, ataupun pemahaman dosen kepada mahasiswanya yang berstatus ibu-tunggal), yang memiliki hubungan/keterkaitan/tuntutan terhadap seorang ibu-tunggal. Berbagai pihak tersebut diharapkan dapat lebih memahami bahwa seorang ibu-tunggal demikian sulitnya dalam berusaha menjalani berbagai peran/kegiatan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Adisa, T. A., Mordi, T. & Sani, K. F. (August 31th - September 2nd, 2022). Single student-mothers work-life balance and the challenges of multiple roles. [Paper presentation]. British Academy of Management Conference, Alliance Manchester Business School, University of Manchester.
Angin, E. R. (2019). Peran ganda ibu single parent dalam keluarga perempuan penyapu jalan di Kota Bontang, Kalimantan Timur. [Skripsi, Universitas Mulawarman]. Retrieved May 1, 2023, from https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=8942
Aprilia, W. (2013). Resiliensi dan dukungan sosial pada orang tua tunggal (studi kasus pada ibu tunggal di Samarinda). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3), 2477–2674. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3326
Atkinson, P. E. (1994). Manajemen waktu yang efektif. Jakarta: Binarupa Aksara
Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, & Benarda. (2021). Time management untuk hidup lebih efisien dan efektif. KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(1), 60–63. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1165
Bani, S., Bali, E. N., & Koten, A. N. (2021). Peran ibu single parent dalam pengasuhan anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 68–77. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.889
Baxter, J. A. (2015). Child care and early childhood education in Australia Melbourne: Australian Institute of Family Studies. https://aifs.gov.au/publications/child-care-and-early- childhoodeducation-australia
Brooks, R. (2012). Student-parents and higher education: A cross-national comparison. Journal of Education Policy, 27(3), 423-439. https://doi.org/10.1080/02680939.2011.613598
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed- method approaches. (5th ed.). Sage.
Dimitrova, V., & Mancheva-Ali, O. (2018). Planning and time management. International Conference Knowledge-Based Organization, 24(1), 283–288. https://doi.org/10.1515/kbo-
-0045
Fadillah, N. (2015). Peran Ibu ‘Single Parent” Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Di Desa Bojong Timur Magelang. Universitas Negeri Semarang.
Forsyth, P. (2009). Janganlah sia-siakan waktumu. Yogyakarta: PT Garailmu.
Gultom, J. D., Putrie, L. A., & Tarina, D. D. Y. (2022). Manajemen waktu belajar di masa pandemi covid-19. Retrieved March 31, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/360133031_MANAJEMEN_WAKTU_BELAJAR_ DI_MASA_PANDEMI_COVID-19/related
Hadi, W. (2019). Peran Ibu single parent dalam membentuk kepribadian anak: kasus dan solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 301–320. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.301-320
Hall, B. L., & Hursch, D. E. (1982). An evaluation of the effects of a time management training program on work effificiency. Journal of Organizational Behavior Management, 3(4), 73–96. doi:https://doi.org/10.1300/ j075v03n04_08
Hasanah, H., & Daharnis, D. 2019. Learning Time Management of Full Day School Students in Junior High School and Its Implication to Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–7. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/articl e/view/135
Helaluddin. (2019). Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuah penelitian kualitatif. OSF Preprints, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/stgfb
Hellsten, L. A. M. (2012). What do we know about time management? A review of the literature and a psychometric critique of instruments assessing time management. In T. Stoilov (Ed.), Time management. Rijeka, Croatia: InTech. DOI: https://doi.org/10.5772/37248
Hilton, J. M., Desrochers, S., & Devall, E. L. (2008). Comparison of role demands, relationships, and child functioning in single-mother, single-father, and intact families. Journal of Divorce & Remarriage, 35(1-2), 29-56. DOI: 10.1300/J087v35n01_02
Home, A. M. (1998). Predicting role conflict, overload and contagion in adult women university students with families and jobs. Adult Education Quarterly, 48(2), 85–97. DOI: https://doi.org/10.1177/074171369804800204
Horton, Paul B & Hunt,Chester L.1992. Sociology (Sosiologi).Penerjemah:Aminudin Ram. Jakarta: Penerbit Erlangga Soekanto
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Penerbit Erlangga : Jakarta.
Iganingrat, A., & Eva, N. (03 April 2021. ). Kesejahteraan psikologis pada ibu tunggal: Sebuah literature review. Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (pp. 444–451). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1168
Indraswari, D. L. (2020, August 3). Potret tangguh kepala keluarga. Kompas. www.kompas.id/baca/riset/2020/08/03/potret-tangguh-perempuan-kepala-keluarga
Johnson, D. (2022). The Lived Experiences of Students Who are Single Parents and Attending Community College: A Phenomenological Study. Electronic Theses and Dissertations. Paper 4137. https://doi.org/https://dc.etsu.edu/etd/4137
Kapur, R. (2020). Time Management Skills: Fundamental in taking out Time for all Job Duties. Retrieved January 10, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/343712891_Time_Management_Skills_Fundamenta l_in_taking_out_Time_for_all_Job_Duties
Kelly, W. E. (2003). No time to worry: The relationship between worry, time structure, and time management. Personality and Individual Differences, 35(5), 1119–1126. DOI: https://doi.org/10.1016/s0191-8869(02)00322-7
Lakein, A. (1973). How to get control of your time and your life. New York: New American Library.
Layliyah, Z. (2013). Perjuangan hidup single parent. The Sociology of Islam, 3(1).
Lindsay, T. N., & Gillum, N. L. (2018). Exploring single-mother college students’ perceptions of their college-related experiences and of campus services. The Journal of Continuing Higher Education, 66(3), 188–199. https://doi.org/10.1080/07377363.2018.1537657
Liliana, A. (2021, June 30). Mengapa melanjutkan pendidikan begitu penting? Simak alesannya.
Kompasiana. https://www.kompasiana.com/andrealiliana/5cd28f766db84339d41789f4/mengapa- melanjutkan-pendidikan-begitu-penting-simak-alasannya
Lovell, E. D. (2014). College students who are parents need equitable services for retention. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 16(2), 187–202. DOI: 10.2190/CS.16.2b
Macan, T. H. (1994). Time management: Test of a process model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381
Macan, T. M., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students' time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of Educational Psychology, 82, 760- 768. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.4.760
Maryati, M. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Time Management Skill pada Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 18–24. https://doi.org/10.29210/02352jpgi0005
Mashabi, S. (2020, 3 Agustus). Melihat kondisi perempuan yang berperan jadi kepala rumah tangga. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/03/11003821/melihat-kondisi- perempuan-yang-berperan-jadi-kepala-rumah-tangga
Nadhirin, A. U., & Surur, A. M. (2020). Manajemen waktu pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2939
Nurfitri, D., & Waringah, S. (2018). Ketangguhan pribadi orang tua tunggal: Studi kasus pada perempuan pasca kematian suami. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), 11– 24. https://doi.org/10.22146/gamajop.45400
Nuryana, A., Pawito, & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. ENSAINS, 2(1), 19–24.
Pranandari, K. (2011). Kecerdasan adversitas ditinjau dari pengatasan masalah berbasis permasalahan dan emosi pada orang tua tunggal wanita. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 121– 128.
Sajeevanie, T. L. (2018). Time management practices and academic success of the university lecturers in Sri Lanka. International Journal of Business and Administrative Studies, 4(2), 77– 85. https://doi.org/10.20469/ijbas.4.10005-2
Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, Priyojadmiko, E., Butarbutar, M., Purba, S., Karwanto, Silalahi, M., Hidayatulloh, A. N., & Muliana. (2020). Manajemen Kinerja dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
Soekanto.2002. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara.
Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi manajemen UNISI). Jurnal Analisis Manajemen (JAM), 6(1), 23–32. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/view/1028
Zebua, E. K., & Santosa, M. (2023). Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2060–2071.