Kekerasaan Seksual di Mata Konde (Analisis Framing Kekerasaan Seksual terhadap Perempuan pada Rubrik Perspektif Konde Edisi November dan Desember 2018)

Main Article Content

Martalena Martalena
Gafar Yoetadi

Abstract

Penelitian ini membahas analisis framing tentang kekerasaan seksual terhadap perempuan edisi bulan November dan Desember 2018. Dalam analisis kekerasaan seksual perempuan menggunakan metode analisis framing model Robet N. Entman dengan metode penelitian kualitatif. Lima artikel Konde pada Rubrik Perspektif menjelaskan bahwa keberpihakan Konde berada pada perempuan sebagai korban pelecehan seksual. Terlihat jelas era ini perkembangan komunikasi massa semakin cepat dan dapat diperoleh kapan saja. Hal ini menyebabkan arus masuknya berita-berita mainstream semakin tak terkendali. Konde hadir sebagai media alternatif yang mengkonstruksikan realitas berita yang menunjukkan keberpihakan terhadap perempuan korban kekerasan seksual dan kaum penyintas. Dalam membingkai berita, Konde menunjukan keberpihakan pada perempuan untuk memberikan ruang ekspresi dengan kapasitasnya. Selain itu, Konde membingkai berita yang memberikan suguhan berita kepada pembaca bahwa korban kekerasaan seksual harus diberikan kesempatan untuk membela diri.

Article Details

How to Cite
Martalena, M., & Yoetadi, G. (2019). Kekerasaan Seksual di Mata Konde (Analisis Framing Kekerasaan Seksual terhadap Perempuan pada Rubrik Perspektif Konde Edisi November dan Desember 2018). Koneksi, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6137
Section
Articles

References

Alex, S. (2002). Analisis Text Media. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arsyad, A. (2002 ). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Birowo, M. A. (2004). Melawan Hegemoni Media dengan Strategi Komunikasi Berpusat pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 1 135.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : PT. Pustaka Belajar.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Elvinaro Ardianto, L. K. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatma Media.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

M, R. S. (2016). Media Alternatif, Masa Depan Media Indonesia . Universitas Kristen Satya Wacana, 11.

Rakhmat, J. (1996). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur. (2012). Analisis Text Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, A. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LkiS.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Tamburaka. (2013). Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.