Komunikasi Antarpribadi Antara Pelatih dan Anggota Pusat Kebugaran dalam Latihan Olahraga (Studi Kasus Gold’s Gym Mal Ciputra)

Main Article Content

Flora Ariesta

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana komunikasi antarpribadi antara pelatih dengan anggota pusat kebugaran. Penelitian dilakukan di Gold’s Gym Mal Ciputra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data premier dan data sekunder. Data premier berupa hasil observasi penulis dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan key informan yaitu koordinator pelatih, pelatih, dan member. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi antarpribadi. Dalam pelatihan olahraga, pelatih menggunakan komunikasi antarpribadi sehingga anggota dapat memahami dengan baik pesan yang disampaikan oleh pelatih.

Article Details

How to Cite
Ariesta, F. (2018). Komunikasi Antarpribadi Antara Pelatih dan Anggota Pusat Kebugaran dalam Latihan Olahraga (Studi Kasus Gold’s Gym Mal Ciputra). Koneksi, 1(1), 86–93. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1359
Section
Articles
Author Biography

Flora Ariesta, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Budyana, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. (2011). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. Kencana.

Cangara, Hafied, 2006, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hadi, Sutrisno. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Rosady. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

West, Richard dan Turner, H. Lynn. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

Mela, Azeharie, S. (2016). Studi Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Lansia di Panti Lansia Santa Anna Teluk Gong Jakarta.

Mustika, Ida, Novianti, D. (2009). Komunikasi Interpersonal Guru dan Orang Tua dalam Mencegah Kenakalan Remaja pada Siswa.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.