Pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan

Main Article Content

Gavrila Miranda Situmorang
Ignatius Roni Setyawan

Abstract

This research aims to identify the influence of corporate social responsibility, company size, and profitability on company value in manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. Data were analyzed using panel data analysis (unbalanced panel data). The period used in the research was 5 years with 109 companies, 450 observations, and data processing using EViews 12. Samples were taken using the purposive sampling method. The results of this study indicate that corporate social responsibility and firm size have a negative and significant effect on company value. Meanwhile, profitability has a positive and significant effect on company value.


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Data dianalisis menggunakan analisis data panel (unbalanced data panel). Periode yang digunakan dalam penelitian adalah 5 tahun dengan 109 perusahaan, 450 observasi, dan pengolahan data menggunakan EViews 12. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa corporate social responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Situmorang, G. M., & Setyawan, I. R. (2024). Pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(3), 645–656. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i3.30225
Section
Articles
Author Biographies

Gavrila Miranda Situmorang, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Ignatius Roni Setyawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana

References

Akbar, M. I., & Gustyana, T. T. (2021). Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen dan leverage terhadap nilai perusahaan (Studi kasus pada perusahaan sub sektor pertambangan logam dan mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019). e-Proceeding of Management, 8(5), 4694–4701. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16037/15749

Analisa, Y., & Wahyudi, H. S. (2011). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008) [Artikel Jurnal, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/29436/1/JURNAL_YANGS_ANALISA.pdf

Appah, T. R., Yuniarti, S., Sisharini, N., Sunarjo, S., & Yahya, N. (2023). Does profitability matter in the relationship between intellectual capital and firm value? Media Ekonomi dan Manajemen, 38(1), 57–70. https://doi.org/10.56444/mem.v38i1.3255

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-dasar manajemen keuangan (M. Masykur (ed.); N. I. Sallama & F. Kusumastuti (trans.); 14th ed.). Salemba Empat.

Carroll, A. B., & Shabana, K. M. (2010). The business case for corporate social responsibility: A review of concepts, research and practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85–105. https://doi.org/10.1111/j.1468-2370.2009.00275.x

Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling theory: A review and assessment. Journal of Management, 37(1), 39–67. https://doi.org/10.1177/0149206310388419

Elbardan, H., Uyar, A., Kuzey, C., & Karaman, A. S. (2023). CSR reporting, assurance, and firm value and risk: The moderating effects of CSR committees and executive compensation. Journal of International Accounting, Auditing and Taxation, 53, 100579. https://doi.org/10.1016/j.intaccaudtax.2023.100579

Fahrunisa, R. (2022). Pengaruh enterprise risk management, corporate governance, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia [Tesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39546

Febrianti, M. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada industri pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 14(2), 141–156. https://doi.org/10.34208/jba.v14i2.198

Hermuningsih, S. (2013). Profitability, growth opportunity, capital structure and the firm value. Bulletin of Monetary, Economics and Banking, 16(2), 115–136. https://doi.org/10.21098/bemp.v16i2.440

Hery. (2015). Analisis laporan keuangan : Pendekatan rasio keuangan. CAPS.

Husnan, S. (2000). Manajemen keuangan: Teori dan penerapan (Keputusan jangka panjang) (1st ed.). BPFE.

Irvandy, & Setyawan, I. R. (2020). Faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 944–951. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9875

Jama’an. (2008). Pengaruh mekanisme corporate governance, dan kualitas kantor akuntan publik terhadap integritas informasi laporan keuangan (Studi pada perusahaan publik di BEJ) [Tesis, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/17940/

Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh profitabilitas, sruktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(3), 458–465. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.458

Marnelly, T. R. (2012). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teori dan praktek di indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59. https://jab.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAB/article/view/910

Nofrita, R. (2013). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan deviden sebagai variabel intervening (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–23. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/86

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/22690

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Imu Manajemen (JIM), 1(1), 183–196. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/1505

Rachman, N. M., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan lengkap perencanaan CSR (Corporate social responsibility). Penebar Swadaya.

Rahmadhani, K. N. (2021). Pengaruh struktur modal, profitabilitas, risiko bisnis dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019) [Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/94418/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan sektor properti, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(2), 1–7. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/924

Ratnaningtyas, H. (2021). Pengaruh return on equity, current ratio dan debt to equity ratio terhadap harga saham. Jurnal Proaksi, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.32534/jpk.v8i1.1660

Ristyawan, M. R. (2019). Pengaruh return on equity (ROE), debt to assets ratio (DAR), price to book value (PBV) dan net profit margin (NPM) terhadap return saham perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.26418/jebik.v8i1.26966

Sari, P. I. P., & Abundanti, N. (2018). Pengaruh pertumbuhan perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 1427–1441. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/7863

Suriawinata, I. S., & Nurmalita, D. M. (2022). Ownership structure, firm value and the moderating effects of firm size: Empirical evidence from Indonesian consumer goods industry. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 24(1), 91–104. https://doi.org/10.9744/jmk.24.1.91-104

Syamni, G., Wahyuddin, Damanhur, & Ichsan. (2018). CSR and profitability in IDX agricultural subsectors. Proceedings of MICoMS 2017, 1, 511–517. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00034

Timotius, & Setyawan, I. R. (2023). Pengaruh pertumbuhan, leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22513

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 109–117. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/2371

Wijaya, D. K., & Yasa, I. N. P. (2022). Pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 - 2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(4), 1186–1196. https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.37437