Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Consumer Goods Industry

Main Article Content

Margarhet Anggriani
Indra Widjaja

Abstract

The purpose of this research is to examine and analyze of firms size, leverage and profitability that effect earnings management. The data used in this research are from consumer goods industry company which registered in Indonesia Stock Exchange over four year from 2015 until 2018. The sample of this research consists of 23 companies from 92 data samples selected using purposive sampling method. The result of this research show indicate that firms size has a significant negative effect. Leverage has a significant positive effect. Additional result show that the profitability does not have an effect on earnings management.

 

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Data pada penelitian ini menggunakan perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di BEI periode empat tahun dari 2015 sampai 2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 dari 92 data yang telah diseleksi menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Leverage berpengaruh positif. Hasil lainnya menunjukkan profitabilitas yang tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

Article Details

How to Cite
Anggriani, M., & Widjaja, I. (2021). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Consumer Goods Industry. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 5–9. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10181
Section
Articles
Author Biographies

Margarhet Anggriani, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

Indra Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

References

Agustia, D. (2013). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 27-42.

Agustin, T., & Hermanto, S. B. (2015). Pengaruh Nilai Perusahaan, Profitabilitas dan Risiko Keuangan terhadap Earnings Management. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 1-19.

Alzoubi, E. S. (2016). Ownership Structure and Earnings Management : Evidence from Jordan. International Journal of Accounting and Information Management, 135-161.

Berle, A., & Means, G. (1932). The Modern Corporation and Private Property. United States: Transaction Publishers.

Christiani, I., & Nugrahanti, Y. W. (2014). Pengaruh Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 52-62.

Guna, W. I., & Herawaty, A. (2010). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor Lainnya terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 53-68.

Gunawan, K., Darmawan, N. A., & Purnamawati, G. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.

Jao, R., & Pagalung, G. (2011). Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing, 43-54.

Jensen, M., & Meckling, W. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 305-360.

Kodriyah, & Fitri, A. (2017). Pengaruh Free Cash Flow dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Akuntansi, 64-76.

Kristiani, K. E., Sulindawati, N. G., & Herawati, N. T. (2014). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 1-12.

Mabrurah, L., Islahuddin, & Arfan, M. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, Komposisi Dewan Komisaris, dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 12-19.

Mahawyahrti, P. T., & Budiasih, I. A. (2016). Asimetri Informasi, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Pada Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 100-110.

Perwitasari, D. (2014). Struktur Kepemilikan, Karakteristik Perusahaan, dan Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 432-441.

Qallap, K. d. (2014). Earning Management in Jordanian Public Shareholding Service Companies and Influential. Research Journal of Finance and Accounting, 70-80.

Sudarmadji, A. M., & Sularto, L. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikian Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil), 53-61.

Wiryadi, A., & Sebrina, N. (2013). Pengaruh Asimetri Informasi, Kualitas Audit, dan Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba. Program Studi Akuntansi, 155-180.

Yusrilandari, L. P., Hapsari, D. W., & Mahardika, D. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran. e-Proceeding of Management, 1-9.