Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI

Hanseto Suhardi
| Abstract views: 181 | views: 173

Abstract

Investor perception of the company as seen from the Firm Value, much factors can affect Firm Value, but the authors only examine three variables, namely Leverage (DAR), Profitability (ROA), and Company Size = Ln (Total assets). This study aims to determine and analyze the effect of Leverage (DAR), Profitability (ROA), and Firm Size on Firm Value of manufacturing companies of the basic and chemical industry. The population in this study is manufacturing companies of the basic and chemical industry which are listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2016 - 2018. The sampling technique uses purposive sampling, based on the sampling criteria has succeeded in gathering 31 of 76 companies manufacturing basic and chemical sectors. The results showed that the Leverage variable had no effect on Firm Value, the Profitability variable had an effect on Firm Value, and the Firm Size variable had an effect on Firm Value.

 

Persepsi Investor terhadap suatu perusahaan dilihat dari Nilai Perusahaan, Banyak faktor yang bisa mempengaruhi Nilai Perusahaan, tetapi penulis hanya meneliti tiga variabel yaitu Leverage (DAR), Profitabilitas (ROA), dan Ukuran Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Leverage (DAR), Profitabilitas (ROA), dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, berdasarkan kriteria sampling telah berhasil mngumpulkan 31 dari 76 perusahaan manufaktur sektor dasar dan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, variabel Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Keywords

Firm Value; Leverage; Profitability; Company Size

Full Text:

PDF

References

B. R. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.

Chen, L. J., & Chen, S. Y. (2011). The Influence of Profitablity on Firm Value with Capital Structqure as The Mediator and Firm Size and Industry as Moderators. Investment Management and Financial Innovations, 120-129.

F. M. (2013). Struktur Modal, Profitabilitas, dan Struktur Biaya terhadap Nilai Perusahaan Industri Keramik, Porcelen dan Kaca Periode 2007-2011. Jurnal EMBA, 433-442.

F. M. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Dian Rakyat.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Komarudin, M., & Affandi, N. (2019). Firm Value, Capital Structure, Profitability, Fiem Characteristic and Disposable Income as Moderator: an Empirical Investigation of Retail Firms in Indonesia. INOVBIZ : Jurnal Inovasi Bisnis, 79-85.

M. R., & B. S. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaaan. IKRAITH-HUMANIORA, 69-76.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Properti dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud, 5671-5694.

Pratama, I. A., & I. W. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 1338-1367.

Rahmawati, A. D., Topowijono, & S. S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisni (JAB), 1-7.

S. K., Asnawi, & C. W. (2005). Riset Keuangan Pengujian-pengujian Empiris. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Sakdiah. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Jurnal Jurusan Tadris IPS Society, 133-153.

Siahaan, F. O. (2013). The Effect of Good Corporate Governance Mechanism, Laverage, and Firm Size on Firm Value. GSTF Journal on Business Review, 137-142.

Suwardika, I. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 1248-1277.

Ummi, K., Kalbuana, N., & Mulyati, H. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Syariah Paper Accounting, 71-81.

Wahyudi, H. D., Chuzaimah, & D. S. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. BENEFEIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 156-164.

Weston, J. F., & Brigham, F. E. (1998). Manajemen Keuangan. Jakarta : Erlangga.

Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity, Firm Sizee, and Profitability on the Firm Value eith Mediating Leverage. 2nd International Conference on Islamic Economics, Business, and Philanthropy (ICIEBP), 203-230.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.