Faktor-faktor yang memengaruhi intensi Generasi Z untuk berinvestasi saham

Main Article Content

Erliana
Miharni Tjokrosaputro

Abstract

Investment is a form of preparation for future finances. According to the KSEI report for the period 2022, investors aged < 30 years reached 60.02%, this shows that Generation Z is starting to realize the importance of investment. Nowadays, life is inseparable from technology, and good financial literacy skills through the dissemination of information on social media will certainly have an impact on investment intentions. This study aims to examine the factors that influence Generation Z's intention to invest in stocks through technology, financial literacy, and social media mediation. The type of research used is descriptive and cross-sectional data collection. Used a survey method, with data collection distributing questionnaires online. The population of this study is Generation Z who intend to do stock investment. The data was collected from 240 Indonesian respondents who were born in 1996 - 2012. This research uses a non-probability sampling technique with a convenience sampling method. Analyzed using SmartPLS software version 3.3.9 by testing outer model analysis and inner model analysis. This study is expected to fill the research gap on factors that influence Generation Z's intention to invest in stocks with technology, financial literacy, and social media as mediating which are still a challenge to increase awareness of financial inclusion in Indonesian society, especially Generation Z. This study shows that technology and financial literacy have a significant and positive effect on investment intentions. Technology and financial literacy indirectly have a positive and significant effect on investment intention through social media as a mediating variable.


Investasi adalah bentuk persiapan untuk finansial di masa depan. Menurut laporan KSEI periode 2022, investor dengan usia < 30 tahun mencapai 60,02%, hal ini menunjukkan Generasi Z mulai sadar akan pentingnya investasi. Zaman sekarang, kehidupan tidak terlepas dari teknologi yang pesat dan canggih serta kemampuan literasi keuangan yang baik melalui penyebaran informasi di media sosial tentu akan berdampak terhadap niat berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi intensi Generasi Z untuk berinvestasi saham melalui teknologi, literasi keuangan, dan mediasi media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pengumpulan data cross-sectional. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan pengumpulan data penyebaran kuesioner secara daring. Populasi penelitian ini adalah Generasi Z yang berniat untuk dan melakukan investasi saham. Data penelitian ini dikumpulkan dari 240 responden masyarakat Indonesia dengan tahun kelahiran 1996-2012 yang berniat dan sedang melakukan investasi saham. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Dianalisis menggunakan software SmartPLS versi 3.3.9 dengan pengujian outer model analysis dan inner model analysis. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi research gap tentang faktor yang memengaruhi intensi Generasi Z dalam melakukan investasi saham dengan variabel teknologi, literasi keuangan, dan media sosial sebagai variabel mediasi yang masih menjadi tantangan untuk meningkatkan kesadaran inklusi keuangan masyarakat Indonesia terkhususnya Generasi Z. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi dan literasi keuangan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap intensi berinvestasi. Teknologi dan literasi keuangan secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berinvestasi melalui media sosial sebagai variabel mediasi.

Article Details

How to Cite
Erliana, E., & Tjokrosaputro, M. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi intensi Generasi Z untuk berinvestasi saham. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(6), 1254–1267. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i6.27258
Section
Articles
Author Biographies

Erliana, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Miharni Tjokrosaputro, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Aisa, N. N. (2021). Do financial literacy and technology affect intention to invest in the capital market in the early pandemic period? Journal of Accounting and Investment, 23(1), 49–65. https://doi.org/10.18196/jai.v23i1.12517

Akhtar, F., & Das, N. (2019). Predictors of investment intention in Indian stock markets: Extending the theory of planned behaviour. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 97–119. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2017-0167

Amagir, A., Groot, W., van den Brink, H. M., & Wilschut, A. (2020). Financial literacy of high school students in the Netherlands: Knowledge, attitudes, self-efficacy, and behavior. International Review of Economics Education, 34, 100185. https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100185

Anwar, R. M., Wijaya, H., Tampubolon, L. D., Amelinda, R., & Oktavini, E. (2023). Pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan literasi keuangan terhadap keinginan berinvestasi pada generasi milenial. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 11–25. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1818

Belanche, D., Casaló, L. V., & Flavián, C. (2019). Artificial intelligence in fintech: Understanding robo-advisors adoption among customers. Industrial Management and Data Systems, 119(7), 1411–1430. https://doi.org/10.1108/IMDS-08-2018-0368

Bin-Nashwan, S. A., Muneeza, A., & Kunhibava, S. (2022). What motivates retail investors to invest in government-issued digital sukuk during COVID-19? Journal of Islamic Accounting and Business Research, 13(3), 393–424. https://doi.org/10.1108/JIABR-12-2020-0387

Cahya, B. T., & Kusuma W., N. A. (2019). Pengaruh motivasi dan kemajuan teknologi terhadap minat investasi saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislama, 7(2), 192–207. https://doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2182

Cooke, R., Dahdah, M., Norman, P., & French, D. P. (2016). How well does the theory of planned behaviour predict alcohol consumption? A systematic review and meta-analysis. Health Psychology Review, 10(2), 148–167. https://doi.org/10.1080/17437199.2014.947547

Darmawan, T., Nurwahidin, & Anwar, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan investasi di pasar modal syariah (Studi kasus pada investor saham syariah di Indonesia). Journal of Middle East and Islamic Studies, 6(2), 192–214. https://doi.org/10.7454/MEIS.V6I2.103

Djabir, M., & Mustafa, M. (2019). Kajian atas keputusan mahasiswa untuk berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia melalui galeri investasi di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 4(2), 296–308. https://doi.org/10.37531/mirai.v4i2.219

Dwivedi, Y. K., Kapoor, K. K., & Chen, H. (2015). Social media marketing and advertising. The Marketing Review, 15(3), 289–309. https://doi.org/10.1362/146934715x14441363377999

Gomber, P., Koch, J. A., & Siering, M. (2017). Digital finance and fintech: Current research and future research directions. Journal of Business Economics, 87(5), 537–580. https://doi.org/10.1007/s11573-017-0852-x

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96–110. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19363

Ilyas, M., Moeljadi, & Djawahir, A. H. (2022). The effect of financial knowledge and financial well-being on investment intention mediated by financial attitude. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 10(8), 175–188. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i8.1530

Janitra, R., & Tjokrosaputro, M. (2022). Pengaruh brand experience, brand personality, dan brand satisfication terhadap brand loyalty produk sepatu Compass pada Generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 472–480. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18254

Kamil, H. H., & Tanno, A. (2022). Pengaruh media sosial sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan investor berinvestasi, latar belakang pendidikan dan penghasilan sebagai variabel kontrol. Owner (Riset dan Jurnal Akuntansi), 6(2), 1622–1637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.568

Keni, Wilson, N., & Dewi, F. I. R. (2022). Analisis faktor-faktor yang mampu mempengaruhi intensi wisatawan dalam mengunjungi Kepulauan Riau dari perspektif resiko. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2), 225–230. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i2.17928

Kusmawati. (2011). Pengaruh motivasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal dengan pemahaman investasi dan usia sebagai variabel moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi, 2(2), 22–35.

Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh media sosial, literasi keuangan, risiko, imbal hasil, dan religiusitas terhadap minat berinvestasi sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161–185. https://doi.org/10.21111/iej.v7i2.6552

Maharani, B., & Hidayah, N. (2021). Peran media sosial dalam pengambilan keputusan investasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(2), 275–286. https://doi.org/10.25105/jat.v8i2.9926

Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi dan teknologi informasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal (Studi pada mahasiswa FIA dan FEB UNISMA yang sudah menempuh mata kuliah mengenai investasi). JIAGABI, 9(1), 64–75. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/download/6125/5029

Merawati, L. K., & Semara, I. P. M. J. P. (2015). Kemampuan pelatihan pasar modal memoderasi pengaruh pengetahuan investasi dan penghasilan pada minat berinvestasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 105–118. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/16825

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 14(2), 113–122. https://doi.org/10.30872/jinv.v14i2.4119

Nugraha, B. A., & Rahadi, R. A. (2021). Analysis of young generations toward stock investment intention: A preliminary study in an emerging market. Journal of Accounting and Investment, 22(1), 80–103. https://doi.org/10.18196/jai.v22i1.9606

Putra, R. J., & Qodary, H. F. (2021). Pengaruh pengenaan bea materai dan kemudahan teknologi investasi terhadap minat investasi yang dimoderasi oleh sosial media edukasi saham. Media Akuntansi Perpajakan, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.52447/map.v6i1.5005

Rajeev, & Jobilal. (2015). Effects of social media on social relationships: A descriptive study on the impact of mobile phones among youth population. International Research Journal of Social Sciences, 4(2), 11–16. http://www.isca.in/IJSS/Archive/v4/i2/4.ISCA-IRJSS-2014-259.pdf

Sathiyamurthi, K., Devi, K., & Nirmal Raj, A. (2021). WITHDRAWN: Computational analysis and intelligence for mediating effect of investment knowledge on investment intention and investment behaviors. Materials Today: Proceedings. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.01.062

Siringoringo, E. D. (2015). Faktor yang mempengaruhi keputusan investasi pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia [Master Thesis, Universitas Sumatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/518

Subaida, I., & Hakiki, F. N. (2021). Pengaruh pengetahuan keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku perencanaan investasi dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 14(2), 152–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.152

Sukirno, S. (2012). Makroekonomi: Teori pengantar (3rd ed.). Rajagrafindo Persada.

Sun, Y., Shao, X., Li, X., Guo, Y., & Nie, K. (2019). How live streaming influences purchase intentions in social commerce: An IT affordance perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37, 100886. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100886

Suryani, W., Tobing, F., & Emelia Girsang, Y. (2022). Factor analysis of investment intention: Millennials and Gen Z perspective. Jurnal Inovasi Ekonomi, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.22219/jiko.v7i01.20150

Tanusdjaja, H. (2018). Keputusan investasi investor individu berdasarkan kompetensi, overconfidence, dan pendidikan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 234–244. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i1.998