Penggunaan teknologi: Kajian niat perilaku dalam menggunakan layanan financial technology syariah (Studi pada Generasi Millenial di Kota Bandar Lampung)

Main Article Content

Arifa Kurniawan

Abstract

Technological disruption has shown digital transformation with innovations in the field of sharia-based financial services. The digital innovation is sharia financial technology. This study aims to empirically examine the effect of Islamic financial literacy and digital literacy on interest in using Islamic financial technology services through use of technology variables. The population in this study is the millennial generation in Bandar Lampung City. The sampling method used accidental sampling with a total of 324 respondents. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique uses structural equation modeling-Partial least Square (SEM-PLS) with the WarpPls 7.0 tool. The results of this study are Islamic financial literacy and digital literacy affect the interest in using Islamic financial technology services. Islamic financial literacy and digital literacy affect the use of technology. The use of technology affects the interest in using Islamic financial technology services. The use of technology significantly mediates the relationship between Islamic financial literacy and digital literacy with interest in using Islamic financial technology services.


Disrupsi teknologi telah menunjukan transformasi digital dengan inovasi dalam bidang financial service berbasis syariah. Inovasi digital tersebut yaitu financial technology syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh literasi keuangan syariah dan literasi digital terhadap minat menggunakan layanan financial technology syariah melalui variabel penggunaan teknologi. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial yang ada di Kota Bandar Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah 324 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan structural equation modelling-Partial least Square (SEM-PLS) dengan alat bantu WarpPls 7.0. Hasil penelitian ini yaitu literasi keuangan syariah dan literasi digital berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan financial technology syariah. Literasi keuangan syariah dan literasi digital berpengaruh terhadap penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan financial technology syariah. Penggunaan teknologi secara signifikan memediasi hubungan antara literasi keuangan syariah dan literasi digital dengan minat menggunakan layanan financial technology syariah.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. (2024). Penggunaan teknologi: Kajian niat perilaku dalam menggunakan layanan financial technology syariah (Studi pada Generasi Millenial di Kota Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(4), 970–982. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i4.29523
Section
Articles
Author Biography

Arifa Kurniawan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Program Studi Akuntansi Syariah

References

Aditya, T., dan Mahyuni, L. P. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Manfaat, Keamanan Dan Pengaruh Sosial Terhadap Minat Penggunaan Fintech. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 24(2), 245-258.

Agustini, P. (2020). Literasi Digital Jadi Kunci Pemanfaatan Teknologi. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/2020/10/literasi-digital-jadi-kunci-pemanfaatan-teknologi/

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(02), 179-211.

Ajzen, I. (2002). Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and the Theory of Planned Behavior. Journal ofApplied Social Psycholog, 32(4), 665-683.

Alifa, N. L. (2023). Pengaruh Literasi Digital Dan Literasi Keuangan Terhadap Penggunaan Fintech Syariah Yang Dimoderasi Oleh Religiusitas Serta Dampaknya Pada Manajemen Keuangan Pribadi. (Tesis). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.

Alshater, M. M., Saba, I., Supriani, I., dan Rabbani, M. R. (2022). Fintech In Islamic Finance Literature: A Review. Heliyon(Special Issue), 1-24.

Ansari, Y., Albarrak, M. S., Sherfudeen, N., dan Aman, A. (2023). Examining The Relationship Between Financial Literacy And Demographic Factors And The Overconfidence Of Saudi Investors. Finance Research Letters, 52.

Anthonysamy, L., Koo, A. C., dan Hew, S. H. (2020). Self-Regulated Learning Strategies In Higher Education: Fostering Digital Literacy For Sustainable Lifelong Learning. Education and Information Technologies, 25(5), 2393-2414.

Asyhad, M., dan Handono, W. A. (2017). Urgensi Literasi Keuangan Syariah Pada Pendidikan Dasar. MIYAH:Jurnal Studi Islam, 13(1), 126-143.

Ayuningrum, F., dan Sadiyah, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Dana Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 4(2), 65-76.

Binekasri, R. (2023). Pengguna Fintech Mayoritas 25-30 Tahun, Pendapatan 5-10 Juta. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20231106065049-17-486571/pengguna-fintech-mayoritas-25-30-tahun-pendapatan-5-10-juta

Chen, H., Dai, Y., dan Guo, D. (2023). Financial Literacy As A Determinant Of Market Participation: New Evidence From China Using IV-GMM. International Review of Economics & Finance, 84, 611-623.

Effendi, N., Budiono, Priyono, A. F., Ervani, E., Sapulette, M. S., dan Dewi, V. I. (2021). Digital Financial Literacy Training for Micro-Entrepreneurs in Bandung, West Java. Panrita Abdi, 6(1), 81-90.

Fatmawati, E., dan Hayati, B. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan,dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1023-1033.

Haryanto, R., Bakri, A. A., Samosir, H. E., Idris, D. L., Fauzan, T. R., dan Agustina, W. (2023). Digital Literacy And Determinants Of Online Zakat Payments Lessons From Indonesia Experience With Utaut. Journal Of Law And Sustainable Development, 11(4), 1-18.

Hasan, M., Noor, T., Gao, J., Usman, M., dan Abedin, M. Z. (2022). Rural Consumers’ Financial Literacy and Access to FinTech Services. Journal of the Knowledge Economy, 14, 780-804.

Irhamsyah, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Yang Mempengaruhi Keputusan Metode Pembayaran Zakat Bagi Muzakki Di Era Digital (Studi Pada: Dosen Dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). (Skripsi). Univeristas Brawijaya, Malang.

Irimia‑Diéguez, A., Velicia‑Martín, F., dan Aguayo‑Camacho, M. (2023). Predicting Fintech Innovation Adoption: the Mediator Role of Social Norms and Attitudes. Financial Innovation, 9(36), 1-23.

Jihan, R., dan Fatah, D. A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Digital Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan BSI Mobile Sebagai Digital Payment. Paper presented at the SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN, Jakarta.

Keuangan, O. J. (2023a). Bulan Fintech Nasional (BFN) dan 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023 [Press release]

Keuangan, O. J. (2023b). Penyelenggara Fintech Lending Berizin di OJK per 9 Oktober 2023. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Pages/Penyelenggara-Fintech-Lending-Berizin-di-OJK-per-9-Oktober-2023.aspx

Kurniawan, A., Ningsih, N. W., Pramasha, R. R., dan Audia, N. (2023). Faktor Penentu Minat Menggunakan Financial Technology Syariah Pasca Covid-19. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 11(1), 1-28.

Layaman, Robbani, dan Hafidza, F. (2020). Literation And Financial Inclusion Among Creative Economic MSMes; A Comparative Study. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 181-190.

Leniwati, D., Brilyan, P. R., dan Wahyuni, E. D. (2021). Determinants Theory Of Planned Behavior On Student’s Interest In Using Financial Technology. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 11(03), 467-482.

Liu, Z.-J. (2020). Digital Literacy and Digital Didactics as the Basis for New Learning Models Development. International Journal Of Emerging Technologies in Learning, 15(14), 1-17.

Mudasih, I., Subroto, W. T., dan Susanti. (2021). The Effect Of Financial Literacy, Digital Literacy, And Entrepreneurial Learning Outcome On Entrepreneur Behavior Of Students At SMK Negeri 1 Surabaya. Technium Social Sciences Journal, 15, 303-320.

Muthi’ah, F., dan Indrarini, R. (2023). Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 179-196.

Nugraha, D. P., Setiawan, B., Nathan, R. J., dan Fekete‐Farkas, M. (2022). Fintech Adoption Drivers for Innovation for SMEs in Indonesia. Open Innov. Technol. Mark. Complex., 8(208), 1-16.

Pradini, K. T., dan Susanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 859-872.

Putri, M. T., Hatta, A. J., dan Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Dan Risiko Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(3), 215-228.

Saptati, R. (2023). Fintech Syariah Bantu Puluhan Ribu UMKM Indonesia. Retrieved from https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/fintech-syariah-bantu-puluhan-ribu-umkm-indonesia

Setiawan, B., Nugraha, D. P., Irawan, A., Nathan, R. J., dan Zoltan, Z. (2021). User Innovativeness and Fintech Adoption in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(188), 1-18.

Setiawan, D., Darwanto, dan Gunanto, E. Y. A. (2021). Determinants of Behavioral Intentions to Use Sharia Financial Technology. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 10(2), 325-342.

Shahzad, A., Zahrullail, N., Akbar, A., Mohelska, H., dan Hussain, A. (2022). COVID-19’s Impact on Fintech Adoption: Behavioral Intention to Use the Financial Portal. Journal of Risk and Financial Management, 15(248), 1-18.

Sholihin, M., dan Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPls 7.0 Untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Syahfira, I., Siregar, Y. D., dan Purwaningtyas, F. (2023). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematang Siantar. haut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 15(1), 92-102.

Techataweewan, W., dan Prasertsin, U. (2018). Development Of Digital Literacy Indicators For Thai Undergraduate Students Using Mixed Method Research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39, 215-221.

Tiffani, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal Management, Business, and Accounting, 22(1), 152-167.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., dan Davis, F. D. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425-478.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., dan Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157-178.

Viana, E. D., Febrianti, F., dan Dewi, F. R. (2021). Financial Literacy, Financial Inclusion, and Investment Interest Generation Z's in Jabodetabek. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 12(3), 252-264.

Waluyo, D. (2023). Kemajuan Nyata Pasar Digital Indonesia. Retrieved from https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7734/kemajuan-nyata-pasar-digital-indonesia?lang=1

Widara, K. A. (2021). Transformasi Digital untuk Financial Services Menuju Era Society 5.0. Retrieved from https://economy.okezone.com/read/2021/08/03/11/2450043/transformasi-digital-untuk-financial-services-menuju-era-society-5-0

Widi, S. (2022). Survei: 34,3% Masyarakat RI Nilai Akses Digital Belum Merata. Retrieved from https://dataindonesia.id/internet/detail/survei-343-masyarakat-ri-nilai-akses-digital-belum-merata

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.