Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Makanan Kecil di Jakarta

Main Article Content

Vanya Dwi Nanda
Keni Keni

Abstract

The purchase decision is a determining factor in the company’s sales. Product quality, price, and brand image are factors considered by consumers in making purchasing decisions. Based on the background, this study aims to analyze the effect of product quality, price perception, and brand image on purchasing decisions of snacks in Jakarta. The results show that product quality and brand image have a significant effect on the purchase decision. Meanwhile, price perception has no significant effect on purchasing decisions.


Keputusan pembelian merupakan faktor penentu keberhasilan pemasaran dan penjualan perusahaan. Kualitas produk, harga, dan citra merek merupakan faktor penting yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada makanan kecil di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Nanda, V. D., & Keni, K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Makanan Kecil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(5), 515–519. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20314
Section
Articles
Author Biographies

Vanya Dwi Nanda, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Keni Keni, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Alfred, O. (2013). Influences of price and quality on consumer purchase of mobile phone in the Kumasi Metropolis in Ghana (A comparative study). European Journal of Business and Management, 5(1), 179–198. https://www.iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/3919/3977

Amron. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the consumer’s buying decision of MPV Cars. European Scientific Journal (ESJ), 14(13), 228–239. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Anggar PP., K. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi kasus pada konsumen di Kota Semarang) [Skripsi, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/37191/1/ANGGAR.pdf

Asshiddieqi, F., & Mudiantono. (2012). Analisis pengaruh harga, desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada produk Crooz di Distro Ultraa Store Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(1), 1–9. http://eprints.undip.ac.id/35856/1/jurnal_fuad_asshiddieqi_c2a008066.pdf

Boyd, H. W., Walker, O. C., & Larreche, J.-C. (2000). Manajemen pemasaran: Suatu pendekatan strategis dengan orientasi global (Y. Sumiharti (ed.); I. Nurmawan (trans.); 2nd ed.). Erlangga.

Ephardini, W. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jam tangan di Toko Jam Star Watch Semarang [Skripsi, Universitas Diponegoro]. https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5812

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th, Global ed.). Pearson Education.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2011). Manajemen pemasaran jasa (2nd ed.). Salemba Empat.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer behavior & marketing strategy (9th ed.). McGraw-Hill.

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran (1st ed.). Kencana.

Tambunan, K., & Widiyanto, I. (2012). Analisis pengaruh citra merek, persepsi kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian Bandeng Presto (Studi kasus pada konsumen di Bandeng Presto Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 58–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/771

Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran (3rd ed.). Andi.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2741