Faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sepeda motor matic di Jakarta: Peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine how customer satisfaction mediates the influence of price perception, product quality, and brand image on the decision to purchase Honda automatic motorcycles in Jakarta. 362 respondents who ride Honda automatic motorcycles in Jakarta make up the sample size for this study, which employs non-probability sampling with a purposive sampling methodology. Data analysis techniques using PLS-SEM with the Smart PLS application Version 4.1.0.8. The study's findings suggest that brand image, product quality, and pricing perception all significantly and favorably influence consumers' decisions to buy. Customer happiness is also positively and significantly impacted by brand image, product quality, and pricing perception. It has been demonstrated that the impact of perceived prices, product quality, and brand image on buying decisions is mediated by customer satisfaction. By raising customer happiness, these studies make clear how crucial pricing perception, product quality, and brand image are in influencing consumer purchasing decisions.
Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana kepuasan pelanggan memediasi pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan untuk membeli sepeda motor matic Honda di Jakarta. 362 responden yang mengendarai sepeda motor matic Honda di Jakarta merupakan ukuran sampel untuk penelitian ini, yang menggunakan non-probability sampling dengan metodologi purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan aplikasi Smart PLS Versi 4.1.0.8. Temuan penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga semuanya secara signifikan dan menguntungkan memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Kebahagiaan pelanggan juga secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga. Telah dibuktikan bahwa dampak dari harga yang dirasakan, kualitas produk, dan citra merek pada keputusan pembelian dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Dengan meningkatkan kebahagiaan pelanggan, penelitian ini memperjelas betapa pentingnya persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). Pengaruh brand ambassador, e WOM, dan brand trust. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–445. https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/851
Aliman, S. L., & Keni, K. (2023). Peran mediasi brand satisfaction terhadap faktor faktor yang dapat memprediksi purchase decision. Business Management Journal, 19(1), 55. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i1.4063
Amirullah. (2024). Hadiri sosialisasi penyesuaian Japel menurut PMA 32 Tahun 2024, Amirullah minta Satker harus mulai menyesuaikan regulasi. DKI Kemenag. https://dki.kemenag.go.id/berita/hadiri-sosialisasi-penyesuaian-japel-menurut-pma-32-tahun-2024-amirullah-minta-satker-harus-mulai-menyesuaikan-regulasi-NcFyr
Angelique, Utami, & Gosal. (2022). Pengaruh online review dan customer experience terhadap brand image dan purchase intention di Painterest. Performa: Jurnal Manajemen dan Start up Bisnis, 6(6), 484–493. https://doi.org/10.37715/jp.v6i6.2151
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612
Anisa, Y. A. S., & Nurhayati, N. (2024). The influence of product quality and price on purchasing decisions with consumer satisfaction intervening variables at Caffe Mazio Coffebistro in Pati. Economics and Business International Conference Proceeding, 1(2), 998–1006.
Anjani, R., & Soliha, E. (2024). Pengaruh kualitas produk, citra merek, persepsi harga terhadap keputusan pembelian ban tubeless AHM di PT Solusi Teknik Industri Semarang. MESJ, 5(1), 676–686.
Anwar, M. S. (2023). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 808. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.935
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. (2025). Statistik penjualan sepeda motor Indonesia. AISI. https://www.aisi.or.id/statistic
Azizah, A. N., & Maskur, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, citra toko dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen ikan asin di Kabupaten Rembang). Jesya, 7(1), 68–79. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1336
Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2025). Jumlah kendaraan bermotor menurut jenis kendaraan di Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/Nzg2IzI=/jumlah-kendaraan-bermotor-menurutjenis-kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html
Bougie, R., & Sekaran, U. (2020). Research methods for business: A skill building approach (8th ed.). John Wiley & Sons Ltd.
Cahyadi, & Keni. (2021). Prediksi kualitas produk, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap intensi membeli kembali. Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4), 914.
Farizky, M. I., Thalib, S., & Hendratni, T. W. (2022). Pengaruh kualitas produk dan promosi melalui media sosial terhadap kepuasan pelanggan di What’s Good Coffee. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(2), 92–103. https://doi.org/10.35814/jimp.v2i2.3514
Firmansyah, M. A. (2019). Buku pemasaran produk dan merek (planning & strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
Fransisca, F., Tarigan, F. A., & Hoki, L. (2024). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Kober Industri Plastik Medan. MSEJ, 5(2), 8236–8245. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5605 eprints.ummi.ac.id+1journal.yrpipku.com+1mahasiswa.jurnalprofit.orgsinta.kemdikbud.go.id+2journal.yrpipku.com+2journal.yrpipku.com+2
GridOto.com. (2024). Jangan kaget, segini total penjualan motor di Indonesia sepanjang 2023. https://www.gridoto.com/read/223939335/jangan-kaget-segini-total-penjualan-motor-di-indonesia-sepanjang-2023
Gunawan. (2022). Keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee berbasis social media marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS SEM) (2nd ed.). SAGE Publications.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2021). When to use and how to report the results of PLS SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hidayatulloh, G. E., & Wulandari, A. (2024). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan pelanggan sepatu merek Nike di Universitas Pelita Bangsa Cikarang. MESJ, 5(2). (belum tersedia DOI/tautan)
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson. https://doi.org/10.1093/hebz/9780198797807.001.0001
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M. R. V., & Hansen, T. (2019). Marketing management (4th European ed.). (penerbit asli atau DOI perlu diverifikasi)
Kotler, P., & Keller, K. L. (2023). Manajemen pemasaran (Edisi ke 13, hlm. 184–190). (penerbit & DOI harap ditambahkan jika tersedia)
Laila, I., & Kusumawati, R. (2023). Pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli dengan dimediasi kepuasan konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 468–478. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5239
Lestari, A. A., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen (studi pada Kedai Camp Survivor, Bogor). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–15. http://repository.stei.ac.id/3488/2/2114000175_Artikel%20Indonesia_2020.pdf
Lionarto, T., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Management and Business (JOMB), 4(1), 3709. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA, 9(3), 1077–1086.
Mukuan, K. D., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. A. (2023). The influence of customer satisfaction and trust on food purchasing decisions at the Maji Ayam Geprek restaurant, Jalan Bethesda Sario branch. Jurnal EMBA, 11(4), 642–652.
Natalia, J. L. F., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Peran citra merek, kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian Sepatu PVN Shoes (studi kasus mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(9), 2414–2428. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.820
Ortega, & Hernandez. (2019). Exceptionally preserved Cambrian fossils in the genomic era. In Old Questions and Young Approaches to Animal Evolution (1st ed., pp. 39–54). https://doi.org/10.1007/978-3-030-18202-1_3
Oscar, Y., & Keni. (2019). Pengaruh brand image, persepsi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3, 79. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.79
Palelu, D. R. G., T., J. F. A., & Jorie, R. (2022). The influence of price perception and service quality on customer satisfaction on Kamsia Boba Lawang. Jurnal EMBA, 10(1), 68–77.
Pardede, R., Mulia, U. B., Haryadi, T. Y., & A. M. (2018). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).
Pramesti, I. R., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada konsumen produk minuman Chatime di Sidoarjo. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7037–7050.
Prastio, A., & Rodhiah, R. (2021). Pengaruh perceived quality, social influence dan perceived price terhadap purchase intention Brodo. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 580. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13130
Rahayu, S., Limakrisna, N., & Purban, J. H. V. (2023). The influence of perceived price and e service quality on customer satisfaction and their impact on customer loyalty in using Go Jek services in Jakarta Province. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship, 3(1), 132–151. https://doi.org/10.53067/ije3.v3i1
Simon, H. A. (1947). Administrative behavior. The Macmillan Co.
Tanjung, R., & Keni, K. (2023). Pengaruh celebrity endorser dan E WOM terhadap purchase intention produk skincare di Jakarta dengan brand trust sebagai variabel mediasi. MBIA, 22(1), 88–102. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2144
Tasya, R., Khosashi, J., Liu, A., & Sinaga, P. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, penjualan personal, dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pelanggan pada PT Hokinda Citralestari. MESJ, 5(2). (belum tersedia DOI resmi – disarankan periksa di portal MESJ)
Tika, D. N. C., & Isa, M. (2023). Pengaruh persepsi harga, social media marketing, dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Journal of Management & Business, 6(2), 193–212.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: Prinsip & penerapan. Andi Yogyakarta.
Vanya, N. D., & Keni. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada makanan kecil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20314
Zein, F. Y., & Susanto, R. S. (2023). Faktor pemilihan Korea Selatan sebagai mitra strategis Indonesia dalam pengembangan electric vehicle. Jurnal Hubungan Luar Negeri, 115–139.
Zhao, H., Yao, X., Liu, Z., & Yang, Q. (2021). Impact of pricing and product information on consumer buying behavior with customer satisfaction in a mediating role. Frontiers in Psychology, 12, 720151. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.720151