Analisa Strategi Pengembangan Model Bisnis B2B pada Perusahaan e-Commerce Groceries Online PT XYZ

Main Article Content

Femino Ganini

Abstract

The development of digital trends that are increasingly developing today encourage changes in people’s lifestyles and patterns, especially in urban areas, and occur in almost all lines of life, one of the most prominent changes is changes in shopping behavior or buying patterns in the community. This can be seen from the number of new e-commerce emerging and offering almost all the goods people need, especially the primary needs of the community such as groceries. Increased purchases of primary goods or online grocery shopping seems to be realized by business people so that more and more online grocery shopping services are popping up. One of the online grocery service providers in Indonesia is PT XYZ. This study examines the analysis of PT XYZ’s growth strategy and business development into B2B business lines or conducting business collaborations with other companies so that PT XYZ does not only focus on end consumers but can also expand its wings to a wider area. The research method that will be used is the descriptive-analytical method, namely by analyzing, describing, and summarizing various conditions, and situations from various data collected regarding the researched problems that occur in the field, and using the literature study method. Meanwhile, the data used is secondary data obtained from books, the internet, or other sources. The results of this study are expected to produce a strategy for developing PT XYZ’s business model in the B2B e-commerce industry so that it can increase company value and improve services for its users.


Perkembangan tren digital yang semakin berkembang saat ini mendorong perubahan pola dan gaya hidup masyarakat khususnya di perkotaan dan terjadi hampir di semua lini kehidupan, salah satu perubahan yang paling menonjol adalah perubahan perilaku berbelanja atau pola pembelian di masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari mulai banyaknya e-commerce baru yang bermunculan dan menawarkan hampir semua barang kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan primer masyarakat seperti groseri. Peningkatan pembelian barang primer atau groseri online ini tampaknya disadari oleh para pelaku bisnis hingga semakin banyaknya layanan belanja groseri secara online yang bermunculan. Salah satu perusahaan penyedia layanan groseri online di Indonesia adalah PT XYZ. Studi ini mengkaji tentang analisa strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis PT XYZ ke dalam lini bisnis B2B atau melakukan kerja sama bisnis dengan perusahaan lainnya sehingga PT XYZ tidak hanya berfokus pada konsumen akhir, namun juga dapat melebarkan sayap ke arah yang lebih luas. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu dengan cara menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan, serta menggunakan metode studi literatur. Sementara itu, data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari buku, internet, maupun dari sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan strategi pengembangan model bisnis PT XYZ ke dalam industri B2B e-commerce sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan serta dapat meningkatkan layanan untuk para penggunanya.

Article Details

How to Cite
Ganini, F. (2022). Analisa Strategi Pengembangan Model Bisnis B2B pada Perusahaan e-Commerce Groceries Online PT XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(4), 387–392. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19320
Section
Articles
Author Biography

Femino Ganini, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar Bahasa Indonesia (4th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Hutt, M. D., & Speh, T. W. (2007). Business marketing management: B2B. Thomson South-Western.

Lin, G. T. R., & Sun, C. C. (2009). Factors influencing satisfaction and loyalty in online shopping: An integrated model. Online Information Review, 33(3), 458–475. https://doi.org/10.1108/14684520910969907

Miletsky, J. I., & Smith, G. (2009). Perspectives on branding (1st ed.). Cengage.

Nursalam. (2016). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: Pendekatan praktis (4th ed.). Salemba Medika.

Santoso, B. (2012). Riset perilaku konsumen studi mengenai perilaku konsumen terhadap online shopping. Jurnal Perilaku Konsumen, 1(1), 1–10. http://budisantoso.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/3150/JURNAL+PERILAKU+KONSUMEN+TERHADAP+PEMBELIAN+ONLINE.pdf

Turban, E., King, D., Lee, J., Warkentin, M., & Chung, H. M. (2002). Electronic commerce 2002: A managerial perspective (2nd ed.). Prentice Hall.