Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Titip Barang Branded

Main Article Content

Yunita Chrisna Riane A. Bere
Eko Harry Susanto

Abstract

One of the current online shopping trends is personal shopping for branded goods. This study aims to determine the effect of customer satisfaction and lifestyle on purchasing decisions for personal shopping in Indonesia. Customer satisfaction is based on product quality, price, promotion, service quality, and speed of delivery. The research method used is descriptive research with a quantitative approach where data is obtained from the results of questionnaires distributed via Google Form and distributed through social media. This study shows the influence of customer satisfaction and lifestyle purchasing decisions by 73.3% and a loss of 26.7% is influenced by other factors that do not affect this study. Customer satisfaction has a positive and significant impact on purchasing decisions with a Path Coefficient of 0.735 and lifestyles have a positive impact on purchasing decisions with a Path Coefficient of 0.195.


Salah satu tren belanja online saat ini adalah jasa titip barang bermerek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada jasa titip barang bermerek di Indonesia. Kepuasan pelanggan tersebut meliputi kepuasan pada kualitas produk, harga, promosi, kualitas pelayanan, dan kecepatan pengiriman. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif di mana data yang diperoleh berasal hasil kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dan disebarkan melalui media sosial. Penelitian ini menunjukkan pengaruh kepuasan pelanggan dan gaya hidup memengaruhi keputusan pembelian sebesar 73,3% dan sisanya sebesar 26,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kepuasan pelanggan berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Koefisien Jalur sebesar 0,735 dan gaya hidup berdampak positif terhadap keputusan pembelian dengan Koefisien Jalur sebesar 0,195.

Article Details

How to Cite
Bere, Y. C. R. A., & Susanto, E. H. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Titip Barang Branded. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(4), 359–363. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19315
Section
Articles
Author Biographies

Yunita Chrisna Riane A. Bere, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Damsar. (2002). Sosiologi ekonomi. RajaGrafindo Persada.

Herawati, Prajanti, S. D. W., & Kardoyo. (2019). Predicted purchasing decisions from lifestyle, product quality and price through purchase motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.15294/JEEC.V8I1.29636

Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633

Kotler, P., & Armstrong, G. (2009). Principles of marketing (13th ed.). Pearson Education.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2007). Strategi pemasaran (2nd ed.). Andi.