Pengaruh Harga, Promosi, dan Brand Ambassador yang Dimediasi oleh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Belanja Online Shopee
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine whether prices, promotions, and brand ambassadors mediated by brand image influence purchasing decisions on the Shopee online shopping site. Determination of the sample using probability. The research data use secondary data, with questionnaire distribution techniques. The data collected were 200 respondents and processed using Partial Least Square (SmartPLS 3.0). This research was tested using a validity test, reliability test, R-square, and hypothesis testing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, promosi, dan brand ambassador yang dimediasi citra merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada situs belanja online Shopee. Penentuan sampel menggunakan probability sampling. Data penelitian menggunakan data sekunder, dengan teknik penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul sebanyak 200 data responden dan diolah menggunakan Partial Least Square (Smart PLS 3.0). Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, R-square, dan uji hipotesis.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis pengaruh celebrity endorser/brand ambasador, harga dan desain produk yang dimediasi oleh citra merek terhadap keputusan pembelian di online shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen (Sikap dan pemasaran). Deepublish.
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/prr-08-2017-0034
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Prentice Hall.
Pandey, R., Reddy, L. S., Chaudary, V., Widyawati, V. T., Sin, L. G., Bin Mohd Ghazali, M. K. A., Kee, D. M. H., Bin Ibrahim, M. F., Bin Ahmad Fadzeil, M. Z., & Binti Mohamed, N. A. (2021). Analysis the effect of product quality and price on purchase decision (Case study of Adidas India, Indonesia, and Malaysia). International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific, 4(1), 71–85. https://doi.org/10.32535/ijafap.v4i1.1034
Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K., & Zadeh, M. M. (2018). Evaluating the role of brand ambassadors in social media. Journal of Marketing Management and Consumer Behaviour, 2(3), 54–70. https://journal-of-marketing-management-and-consumer-behavior.com/index.php/JMMCB/article/view/102/57
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Sunarto, A. (2009). Seluk beluk e-commerce. Graha Ilmu.
Wahyuni, N. P. L., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran citra merek memediasi pengaruh kewajaran harga terhadap keputusan pembelian produk onlineshop Zalora di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 779. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p19
Yolanda, & Wijanarko, D. H. (2018). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum merek Aqua serta implikasinya terhadap citra merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur. Jurnal Manajemen FE-UB, 6(1A), 88–108. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/656/618