Faktor penentu keputusan pasien dalam pemilihan rumah sakit swasta di Jakarta

Main Article Content

Andrew Christian Massie
Keni
Shirly Gunawan

Abstract

As competition among hospitals intensifies to become patients' primary choice, hospitals need to understand the factors influencing patients' decisions in selecting them to gain advantages that can be utilized to enhance their ability in patient care. This study aims to analyze the impact of service quality, word of mouth, location, and price perception on patients' decisions in choosing hospitals in Jakarta. Conducted from March 2024 to May 2024, this research adopts a descriptive approach with a cross-sectional design, utilizing 32 indicators with a sample comprising individuals who have visited type B private hospitals in West Jakarta. One hundred seventy-eight respondents were collected through Google Forms and analyzed using the PLS-SEM method, covering inner model and outer model analyses, and hypothesis testing using SmartPLS 4.0 software. The research findings reveal a significant and positive influence of service quality, word of mouth, location, and price perception on patients' decisions in selecting hospitals.


Seiring meningkatnya persaingan diantara rumah sakit untuk menjadi pilihan pertama pasien, rumah sakit perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan pasien dalam memilih rumah sakit agar dapat memperoleh keuntungan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuannya dalam melayani pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan, word of mouth, lokasi dan persepsi harga terhadap keputusan pasien dalam memilih rumah sakit di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2024 sampai dengan bulan Mei 2024, menggunakan 32 indikator dengan sampel  masyarakat yang pernah melakukan kunjungan ke rumah sakit swasta tipe B di Jakarta Barat. Sampel yang dikumpulkan dari 178 responden, diperoleh dengan Google Form dan diolah menggunakan metode PLS-SEM yang terdiri atas analisis inner model & outer model dan uji hipotesis dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh signifikan dan positif antara kualitas layanan, word of mouth, lokasi dan persepsi harga terhadap keputusan pasien dalam memilih rumah sakit.

Article Details

How to Cite
Massie, A. C., Keni, K., & Gunawan, S. (2024). Faktor penentu keputusan pasien dalam pemilihan rumah sakit swasta di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(6), 1278–1292. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i6.32329
Section
Articles
Author Biographies

Andrew Christian Massie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Keni, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Shirly Gunawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Kedokteran

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Agustina, M., Sawitri, D., Priyatna, N. M., & Wijayanti, T. C. (2022). Peranan Word of Mouth Didalam Memediasi Efektifitas Digital Marketing Berbasis Social Media dan Kepuasan Pasien terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan untuk Berkunjung di Rumah Sakit Umum Daerah Waluyo Jati. JEKOBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 114-126.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Aliman, S. L. & Keni. (2023). Peran Mediasi Brand Satisfaction terhadap Faktor-Faktor yang dapat Memprediksi Purchase Decision. Business Management Journal, 19(1), 55-72. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v19i1.4063

Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers' Buying Decision of Convenience. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72-78.

Bamfo, B. A. & Dogbe, C. S. K. (2017). Factors Influencing the Choice of Private and Public Hospitals: Empirical Evidence from Ghana. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 11(1), 80-96. https://doi.org/10.1108/IJPHM-11-2015-0054

Bartlett, J. E., Kotrlik, J. W., & Higgins, C. C. (2001). Organizational Research: Determining Appropriate Sample Size in Survey Research Appropriate Sample Size in Survey Research. Information Technology, Learning, and Performance Journal, 19(1), 43-50.

Chandra, C. & Keni. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty terhadap Customer Purchase Decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 176-185. https://doi.org/10.24912/jmieb. v3i1.3506

CNBC Indonesia. (2023). Rumah Sakit Umum di RI Meningkat, Paling Banyak Punya Swasta. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230214075125-128-413532/rumah-sakit-umum-di-ri-meningkat-paling-banyak-punya-swasta, diakses pada tanggal 8 November 2023.

DPR RI. (2023). Yohanis Fransiskus Lema: Pelaku Usaha Kesehatan Harus Tumbuhkan Kepercayaan Masyarakat untuk Berobat di Dalam Negeri. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/46082/t/Yohanis%20Fransiskus%20Lema:%20Pelaku%20Usaha%20Kesehatan%20Harus%20Tumbuhkan%20Kepercayaan%20Masyarakat%20untuk%20Berobat%20di%20Dalam%20Negeri, diakses pada tanggal 7 November 2023.

Firmansyah, D. & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Ghozali, I. & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hartuti, E. T. K., Widiyanti, S. D., Faroh, W. N., Manik, C. D., & Irmal. (2020). The Influence of Location on Purchase Decision at Pakubuwono Apartments in South Jakarta. Dalam The 1st International Conference on Management and Science, 174-182.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43, 115-135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Ika, M. Y. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rumah Sakit Bhayangkara di Pontianak. Bisma, 6(3), 481-491.

Indriani, D., Akbar, M., & Arianto. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Memilih Layanan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin. Wardah: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan, 24(2), 75-91. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i2.21184

Issalillah, F., Khayru, R. K., & Mardikaningsih, R. (2022). Patient Satisfaction Based on Quality of Service and Location. Journal of Islamic Economics Perspectives, 4(1), 31-37. https://doi.org/10.35719/jiep.v4i1.60

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Dengan SmartPLS. Universitas Batam.

Kelvinia, Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 11(2), 85-98.

Keni, Wilson, N., & Soelaiman, L. (2022). Strategi dalam Mengembangkan Kepulauan Riau sebagai Destinasi Wisata Unggul di Indonesia. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Khuzaifah, H., Hendrati, I. M., & Purwanto, S. (2023). The Effect of Service Quality and Price Perception on Repurchase Intention through Customer Satisfaction Citilink Juanda Airport Surabaya. Jurnal Pamator, 16(1), 49-63.

Kim, K. H., Kim, K. S., Kim, D. Y., & Kim, J. H. (2008). Brand Equity in Hospital Marketing. Journal of Business Research, 61(1), 75-82. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2006.05.010

Kim, J. (2015). How to choose the level of significance: A pedagogical note.

Komalasari, F., Christianto, A., & Ganiarto, E. (2021). Factors Influencing Purchase Intention in Affecting Purchase Decision: A Study of E-Commerce Customer in Greater Jakarta. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 28(1), https://doi.org/10.20476/jbb.v28i1.1290

Kompas. (2023). Digitalisasi Layanan Kesehatan Mempermudah Akses Masyarakat. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/05/29/digitalisasi-layanan-kesehatan-mempermudah-akses-masyarakat, diakses pada tanggal 3 November 2023.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Maesaroh, S., Supriatin, D., & Huwaidi, A. (2022). Pengaruh Citra Rumah Sakit, Persepsi Masyarakat dan Word of Mouth terhadap Keputusan Memilih Rumah Sakit (Studi di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara). Medikonis: Jurnal Media Komunikasi dan Bisnis, 13(2), 1-13. https://doi.org/10.52659/medikonis.v13i2.66

Nanda, V. D. & Keni. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Makanan Kecil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirauasahaan, 6(5), 515-519. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20314

NU Online Jatim. (2023). Dokter Spesialis Kejiwaan RSI Unisma Jelaskan Dampak Buruk Self Diagnosis. https://jatim.nu.or.id/pendidikan/dokter-spesialis-kejiwaan-rsi-unisma-jelaskan-dampak-buruk-self-diagnosis-8RklM, diakses pada tanggal 3 November 2023.

Oscar, Y. & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49, 41-50. https://doi.org/10.2307/1251430

Rahmasari, A., Wijayanto, G., Kornita, S. E. (2022). Pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pasien dalam Memilih Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Zainab Pekanbaru dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 3165-3183. https://doi.org/10.37385/msej.v3i5.984

Rather, R. A., & Camilleri, M. A. (2019). The Effects of Service Quality and Consumer- Brand Value Congruity on Hospitality Brand Loyalty. Anatolia, 30(4), 547-559. https://doi.org/10.1080/13032917.2019.1650289

Ravangard, R. Khodadad, A. & Bastani, P (2020). How Marketing Mix (7Ps) Affect the Patients' Selection of A Hospital: Experience of A Low-Income Country. Journal of the Egyptian Public Health Association, 95(1), 1-8. https://doi.org/10.1186/s42506-020-00052-z

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Science, International Series in Decision Process, 2nd Edition. Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen, edisi 7. Jakarta: Indeks.

Siagian, S., Lapian, J. S. L. H. V., & Wangke, S. J. C. (2020). Analysis Factor of Location Decision Making on SME’S in Manado. Jurnal EMBA, 8(4), 322-331. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30778

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahsudarmi, S. (2022). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study. International Journal of Indonesian Business Review, 1(1), 29-37. https://doi.org/10.54099/ijibr.v1i1.253

Taherdoost, H. (2016). Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose A Sampling Technique for Research. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3205035

Tamtomo, H., Sandria, W., Arniwita, & Purwati, A. A. (2022). The Impact of Word of Mouth on Consumers’ Purchasing Decision. Dalam 2nd International Conference on Business & Social Sciences, 10-18.

Tandijo, M. M. L., Efrata, T. C., & Padmawidjaja, L. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Leophone. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 8(4), 381-394. https://doi.org/10.37715/jp.v8i4.3047

Tinta Hijau. (2023). Faktor Kenyamanan jadi Alasan Banyaknya Pasien RI Berobat ke Luar Negeri. https://www.tintahijau.com/keluarga/faktor-kenyamanan-jadi-alasan-banyaknya-pasien-ri-berobat-ke-luar-negeri/, diakses pada tanggal 6 November 2023.

Veronica, H. & Keni. (2022). Pengaruh Kepuasan, Word-of-Mouth, dan Perceived Usefulness terhadap Intensi Membeli Kembali Produk Kecantikan Merek Lokal di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(6), 594-599. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i6.20661

Wijaya, H. & Keni. (2021). Pengaruh Service Quality, Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Kendaraan di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 518-523. http://dx.doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13303

Wijaya, P. S. M. & Lomi, R. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Loyalitas di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Optimal, 16(2), 61–77.

Winata, A. P. & Keni, K. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pemilihan Universitas di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(4), 793-802. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i4.25378

Wiratama, B., Wijaya, A. P., Prihandono, D., Wijayanto, A., & Suhud, U. (2022). Examining the Role of Word of Mouth in Purchase Decision: An Insight from Fashion Store. Business: Theory and Practice, 23(1), 231-238. https://doi.org/10.3846/btp.2022.12554

Wong, K. K. K. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketting Bulletin, 24(1), 1-32.

Yulinda, F. A., Saryadi, & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif, dan Lokasi terhadap Keputusan Pasien dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap pada Rumah Sakit Permata Medika Semarang. JIAB: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 1-9. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.13564

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.